DJANGO UNCHAINED - Facts and Trivias

Begitu kita bicara soal film arahan Quentin Tarantino, saya yakin pikiran Anda langsung membayangkan film-film yang penuh kekerasan, brutal, sadis, berdarah-darah, dengan cerita yang ringan, datar, bahkan terkadang seenaknya. Yep, yep....Itulah ciri khas Quentin Tarantino. Film-filmnya selalu berdarah-darah, dibuat seenaknya, sehingga terkesan sebagai film kelas B. Namun di sanalah letak daya tariknya, karena bagi penonton yang "haus darah", film seperti itulah yang mampu memuaskan dahaga mereka. Dan Tarantino memastikan, apa yang diinginkan para fansnya akan selalu terpenuhi.

Hal yang sama juga berlaku untuk film Django Unchained yang merupakan film terbaru Tarantino. Dibintangi Jamie Foxx, Leonardo diCaprio, dan Samuel L. Jackson, sudah dapat dipastikan kalau film western yang akan dirilis di Amerika tepat di hari Natal (25 Desember 2012) ini adalah film yang cukup menjanjikan tayangan berbobot dan berdarah-darah.

Buat Anda yang terlahir di tahun 90an, mungkin tidak terlalu tahu siapa Django sebenarnya. Karakter ini adalah salah satu karakter film western yang cukup populer di akhir era 60an dan merupakan salah satu Spagetti Western (film western yang dibuat oleh sineas Italia) yang fenomenal, bahkan hingga hari ini. Film Django pertama kali dirilis tahun 1966, disutradarai Sergio Corbucci dan diperani Franco Nero. Saat dirilis, film ini langsung diganjar reputasi sebagai film paling brutal saat itu. Sakin brutalnya, film tersebut sempat ditolak badan sensor beberapa negara Eropa. Bahkan Badan Sensor Film Inggris merilis 18 sertifikat penolakan rilis film itu. Barulah pada tahun 1993, film tersebut diizinkan untuk beredar. Itu pun dalam ruang lingkup yang sangat terbatas.

Resminya, Django hanya dibuat 2 seri, yaitu Django (1966) dan Django 2 : Il Grande Ritorno (Django Strikes Back) di mana kedua film itu skenarionya ditulis Corbucci dan diperani Franco Nero. Namun karena sukses, banyak produser yang kemudian merilis film dengan embel-embel judul Django, sehingga sepanjang era 1970an, setidaknya lebih dari 30 judul film yang menggunakan judul Django.

Django sendiri adalah petualang yang selalu membawa peti mati kemana pun dia pergi. Di dalam peti mati itu, tersimpan senjata mesin yang siap membantai siapapun yang menghalanginya. Di cerita aslinya, diceritakan Django berpetualang untuk membalas dendam pada bandit yang telah menghabisi istrinya. Selanjutnya, film-film Django banyak menampilkan tokoh itu berpetualang dari kota ke kota untuk menghabisi para bandit yang mengacau.

Dalam film Django Unchained, Tarantino mengubah total sosok Django menjadi karakter yang sama sekali baru. Jika dulu karakter Django adalah koboi berkulit putih, maka dalam versi Tarantino, tokohnya berubah menjadi seorang budak berkulit hitam. Filmnya sendiri sama sekali tidak ada kaitan dengan film Django terdahulu, bahkan bisa dikatakan sama sekali baru. Dikisahkan Django (Foxx) adalah budak dari daerah Selatan Amerika yang terpisah dari istrinya - Broomhilda (Kerry Washington). Django dibeli oleh Dr. King Schultz (Christoph Waltz), pria berdarah Jerman yang bekerja sebagai pemburu bandit dan menjalankan profesi dokter gigi sebagai kamuflase. Setelah dibeli, Schulz membebaskan Django namun memintanya untuk membantu menangkap kelompok bandit, Brittle Brothers, yang mana hanya Django yang pernah bertemu dengan mereka. Sebagai balasan, Schultz membantu Django membebaskan istrinya dari sekapan Raja Bandit Calvin Candie (diCaprio), pemilik Candyland, sebuah perkebunan kamuflase yang digunakan untuk menjadikan para budak wanita sebagai wanita penghibur.

TRIVIA :
Will Smith adalah orang pertama yang dipilih Tarantino untuk memerani tokoh Django ini. Namun Tarantino berubah pikiran, dan akhirnya memilih Jamie Foxx untuk memerani tokoh tersebut.

Franco Nero diikutisertakan bermain dalam film ini, namun tidak memerani Django yang pernah membesarkan namanya. Awalnya Nero dipersiapkan untuk memerani tokoh antagonis Calvin Candie. Namun kemudian perannya diganti sebagai cameo saja, memerani Amerigo Vassepi.

Tarantino membuat kejutan dengan mengikutisertakan Lady Gaga berperan dalam filmnya ini. Sebagai siapakah dia nanti? Tarantino tidak mau berkomentar. Silakan Anda tonton sendiri .... ^_^....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment