THE COMPLETE TRIVIA OF THE HOBBIT : AN UNEXPECTED JOURNEY

Peter Jackson - sutradara trilogi The Lord of the Ring - akan menghibur kita kembali lewat trilogi kolosal teranyarnya : The Hobbit. Trilogi tersebut dibagi dalam 3 sub-judul : An Unexpected Journey, The Desolation of Smaug, dan There and Back Again, yang mana ketiganya akan dirilis dengan selisih waktu 1 tahun (2012, 2013, dan 2014).

Seri pertamanya akan dirilis secara internasional tanggal 14 Desember 2012 dengan judul The Hobbit : An Unexpected Journey.

Film tersebut diangkat berdasarkan novel karya JRR Tolkien berjudul sama yang diterbitkan tahun 1937, dan diperani Martin Freeman (Bilbo Baggins), Ian McKellen (Gandalf the Grey), Richard Armitoge (Thorin Oakenshield), dan James Nesbtt (Bofur). Film ini merupakan prekuel dari The Lords of The Ring yang mana menceritakan tentang kehidupan Bilbo Baggins muda, bagaimana dia berkenalan dengan si penyihir Gandalf dan perjalanannya bersama 13 orang kurcaci ke Lonely Mountain untuk mengambil harta karun di gunung tersebut. Perjalanan mereka tidak akan mudah karena harta tersebut dijaga oleh Smaug, naga penunggu gunung yang kejam.

Sepanjang perjalanan pula, akan dikisahkan sejarah perkenanan Bilbo dengan Gollum dan bagaimana sejarah Bilbo mendapatkan cincin emas milik Gollum, yang akhirnya kelak menjadi milik keponakannya, Frodo Baggins.

Sambil menunggu kehadiran filmnya, rasanya Anda perlu tahu apa saja fakta-fakta menarik dari film ini :

Pada awalnya, Martin Freeman tidak dapat memerankan karakter Bilbo dikarenakan jadwalnya bertabrakan dengan jadwal shooting serial televisi BBC Sherlock. Beberapa bintang yang sempat dipertimbangkan untuk menggantikan Freeman adalah James McAvoy, Tobey Maguire, dan David Tennant. Beruntung jadwal shooting Sherlock selesai, dan Freeman dapat kembali memerankan Bilbo.

Ryan Gage awalnya dipersiapkan untuk memerankan Drogo Baggins, ayah dari Frodo Baggins, dan hanya merupakan peran kecil dalam film The Hobbit. Peter Jackson melihat Gage adalah aktor muda yang sangat berpotensi, sehingga memberikan peran yang lebih besar, yaitu Alfrid, pembantu dari Master of Laketown.

Bagi Anda yang belum tahu, nama 13 Kurcaci yang akan mengiringi petualangan Bilbo di film The Hobbit adalah Fili, Kili, Oin, Gloin, Dwalin, Balin, Bifor, Bofur, Bombur, Dori, Nori, Ori, dan pemimpin para Kurcaci : Thorin Oakenshield. 

Rencana pembuatan film The Hobbit sudah didengungkan sejak tahun 2007 dan seharusnya sudah selesai diproduksi tahun 2010. Sayangnya, karena masalah legalitas (berkenaan dengan hak cipta) dan masalah finansial (karena film ini menelan dana yang tidak sedikit), maka proses pembuatan film baru berakhir di tahun 2011 akhir.

Selain Ian McKellen, aktor The Lord of the Rings lain yang akan turut serta bermain dalam film The Hobbit dan kembali memerankan karakter mereka di film The Lord of The Rings adalah : Andy Serkis (Smegol / Gollum), Hugo Weaving (Elrond), Christopher Lee (Saruman The White), Cate Blanchett (Galadriel), Elijah Wood (Frodo Baggins), Orlando Bloom (Legolas), dan Ian Holm (Bilbo Baggins tua).

Awalnya, trilogi ini akan disutradarai oleh Guillermo del Toro. Namun karena berlarut-larutnya proses pengurusan legalitas dan hak cipta produksi The Hobbits (April 2008 - Mei 2010, membuat del Toro tidak bisa menunggu lama. Akhirnya dia memutuskan untuk keluar dari proyek the Hobbits dan digantikan oleh Peter Jackson, yang sebelumnya merilis trilogi The Lord of The Rings.

Proses shooting The Hobbit yang dilakukan di New Zealand mengalami hambatan terus-menerus yang tidak mudah. Tanggal 24 September 2010, Federasi Aktor Internasional yang berada di New Zealand mengeluarkan Instruksi Tidak Bekerja (Do Not Work Order) kepada para pekerjanya yang bekerja dalam tim produksi The Hobbits dikarenakan produser film dianggap tidak menyepakati kontrak kerja sama dengan serikat pekerja New Zealand.  Instruksi itu memicu kemarahan Warner Bros dan New Line Cinema - selaku produser dan distributor film The Hobbits - sehingga mengancam untuk memindahkan lokasi shooting di Eropa. Ancaman produser film itu disambut dengan demo besar-besaran yang dilakukan oleh ratusan penduduk New Zealand. Demo tersebut tidak dilayangkan pada produser namun Federasi Pekerja New Zealand, karena menurut mereka, instruksi yang dikeluarkan Federasi akan berdampak pada pariwisata New Zealand dan pendapatan negara akan berkurang hingga US$ 1.5 milyar. Setelah melalui perdebatan alot (yang ditengahi oleh Perdana Menteri John Key), akhirnya tanggal 27 Oktober 2010, diputuskan The Hobbits tetap dibuat di New Zealand, dan instruksi Federasi dicabut. 

Semua adegan The Hobbits direkam dengan menggunakan kecepatan 48 fps (frames per second), dua kali lebih cepat daripada film normal (24 fbc). Hal ini dilakukan agar semua adegan menimbulkan efek nyata. Hal ini akan sangat terasa jika penonton menonton film tersebut dalam bioskop 3-D.

The Hobbit : An Unexpected Journey diputar pertama kali tanggal 28 November 2012 di Wellington, New Zealand. Tiket untuk premiere film tersebut - sejumlah 100,000 lembar - habis terjual hanya dalam hitungan menit.

The Hobbit : the desolation of Smaug akan dirilis secara internasional tanggal 13 Desember 2013, dan seri terakhirnya The Hobbit : There and Back Again akan dirilis tanggal 18 Juli 2014.

Sebagai informasi, The Hobbit sebelumnya pernah dibuat dalam versi kartun. Pada tahun 1977, studio film animasi Topcraft membuat film adaptasi novel JRR Tolkien tersebut. Animasi ini ditayangkan pertama kali di NBC pada tanggal 27 November 1977. Film berdurasi 77 menit itu dibuat dengan cerita yang nyaris mirip novelnya, namun dalam versi yang lebih sederhana dan mudah dicerna anak-anak. Film tersebut waktu itu sempat masuk nominasi penerima penghargaan Hugo Award untuk kategori Best Dramatic Presentation. Sayangnya, gagal dan dikalahkan oleh Star Wars.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment