Movie Review - THE IMPOSSBLE

Akhir tahun 2012 silam, ada sebuah film disaster yang cukup menarik dan mengundang perhatian saya : The Impossible (Lo Imposible). Diperani Naomi Watts dan Ewan McGregor, dengan sutradara J.A. Bayona, film produksi Perancis-Spanyol berdurasi 113 menit ini menjadi film drama yang sangt mengharukan dan mencekam. Kisahnya sendiri adalah adaptasi dari kisah nyata keluarga Enrique - Maria Belon yang selamat dari tragedi tsunami yang menghantam Thailand tanggal 26 Desember 2004 silam (yang sebenarnya secara bersamaan, tsunami tersebut juga menghantam Aceh).

Dikisahkan dalam film ini, Maria Bennett (Watts) bersama keluarganya - Henry sang suami (Gregor), dan tiga orang anak mereka : Lucas (Tom Holland), Tomas (Samuel Joslin), dan Simon (Oaklee Pendergast) - berlibur bersama di Khao Lak, Thailand. Pada tanggal 26 Desember 2004, tanpa ada peringatan apapun, tiba-tiba tsunami besar menghantam hotel mereka (yang terletak sangat dekat di pinggir pantai). Dalam hitungan detik, wilayah Thailand tersapu bersih.

Keluarga Bennett tercerai berai. Beruntung saat banjir tersebut, Maria berhasil menemukan Lucas. Sedangkan di tempat terpisah, Henry dan kedua anaknya yang lain berhasil selamat dari sapuan tsunami tersebut. Dalam kondisi kacau, mereka saling mencari dan berharap untuk menemukan keluarga mereka dengan selamat. Jelas ini adalah hal yang mustahil, mengingat mereka tidak pernah tahu kondisi dan lokasi masing-masing. Namun pada akhirnya, setelah saling cari-mencari yang penuh haru, mereka semua dapat berkumpul dan pulang ke negara mereka kembali dengan selamat.

Adegan mengharukan memenuhi hampir semua bagian film ini. Mulai dari saat tubuh Maria yang tercabik-cabik batang pohon dan berbagai benda yang terseret tsunami, Henri yang menangis frustrasi saat mencari istrinya, hingga akhirnya pertemuan keluarga itu kembali. Bagian terakhir adalah bagian yang sangat saya sukai. Sutradara Bayona menampilkan adegan itu sedemikian dramatis, sehingga dapat membuat penonton berderai air mata saat menyaksikan adegan tersebut.

Film ini ditayangkan perdana pada tanggal 9 September 2012 di ajang festival film TIFF, kemudian ditayangkan untuk publik Spanyol tangal 11 Oktober 2012. Barulah pada tanggal 11 Januari 2013, film ini dapat ditonton oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Secara komersil, film berbudjet US$ 45 juta ini berhasil mengukuhkan diri sebagai "box office" dengan perolehan hingga US$ 116 juta. Selain itu, film ini merih banyak penghargaan dari berbagai festival film dunia. Beberapa diantaranya adalah memenangkan Spotlight Award di Hollywood Film Festival, Young British Performaer of the Year (London Film Critics Circle Awards), Best Breakthrough Actor (National Board of Review, USA), Desert Palm Achievement Award (Palm Springs International Film Festival), dan Best Actress (San Diego Film Critics Society Awards).


DO YOU KNOW?
Film ini diangkat dari kisah nyata Maria Belon, salah satu korban selamat dari bencana alam tsunami di Thailand tahun 2004 silam. Maria sendiri adalah seorang dokter dan pengacara. Dalam bencana tersebut, Maria kehilangan satu kakinya.

Secara pribadi, Belon memilih Naomi Watts untuk memerankan dirinya karena Belon adalah fans berat Watts setelah menonton aksinya di film 21 Grams. Pemilihan itu tidak salah, karena Watts bermain sangat bagus dalam film tersebut sehingga mendapat ganjaran penghargaan Best Actress.

Untuk menghasilkan efek tsunami yang sangat nyata,para kru membuat miniatur hotel berikut kondisi pantai di Thailand, kemudian membanjuri miniatur tersebut dengan setangki air. Sementara itu, agar lebih otentik, maka saat melakukan adegan tergulung oleh tsunami pun, Watts dan Holland (pemeran Lucas, anak sulung Maria) benar-benar dihantam dengan setangki air, dan selama lima minggu kedua artis tersebut harus megap-megap terseret tsunami buatan kreasi para tim efek film ini.

Hampir semua figuran dalam film ini adalah para korban yang selamat dalam bencana tsunami 2004 di Thailand.

Film ini adalah kolaborasi Watts dan McGregor kedua. Sebelumnya mereka pernah tampil bersama dalam film Stay (2005).









NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment