Movie Review - SPACE SHERIFF GAVAN : THE MOVIE (2012)


Salah satu karakter superhero yang sangat melekat dan menjadi bagian "hidup" sebagian besar anak dan remaja era awal 80-an adalah Gaban, atau yang juga dikenal dengan sebutan Space Cop Gaban, Gavan, Uchu Keiji Gaban, atau Gabin. Karakter yang dikenal di Jepang sebagai Space Sheriff Gavan ini memang adalah super hero yang sempat menghipnotis para remaja di masa itu. Pada masa itu, Gaban beredar dalam bentuk video yang disewakan.

Di Negeri Sakura, Space Sheriff Gavan atau Space Cop Gaban sendiri adalah film tokusatsu (superhero berkostum dan bertopeng) Jepang genre Metal Hero pertama dan menjadi legenda tersendiri. Diputar pertama kali di TV Asahi pada tanggal 5 Maret 1982 hingga 25 Februari 1983 - dengan total 44 episode - serial ini sukses dan diminati banyak orang. Sejak saat itu, genre Metal Hero menjadi salah satu genre tokusatsu yang cukup populer selain genre Motor-Cycling Heroes yang selama ini dikenal lewat karakter Kamen Rider.

Dalam rangka memperingati 30 tahun genre Metal Heroes, maka pada tahun 2012 kemarin (tepatnya 20 Oktober 2012), TV Asahi bekerja sama dengan Toei Company dan Bandai merilis film layar lebar Space Sheriff Gavan : The Movie. Film berdurasi 82 menit ini selain sebagai film nostalgia bagi generasi muda era 80an yang kini telah berusia di atas 35 tahun, juga memperkenalkan genre Metal Heroes kepada para remaja di era 2000an.

Sebenarnya ini bukanlah pertama kali Gaban ditampilkan di layar lebar. Di tahun yang sama, TV Asahi pun merilis film layar lebar berjudul Kaizoku Sentai Gokaiger VS Space Sheriff Gavan : The Movie di mana dalam film itu Gaban bertarung dengan super sentai Gokaiger pimpinan Captain Marvelous. Di film itu, Gaban tidak tampil terlalu banyak, karena film itu lebih banyak menyoroti peran Gokaiger.

Film tersebut ternyata laris manis, yang kemudian dibarengi dengan munculnya desakan dari para fans Gaban agar karakter tersebut dibuatkan satu film khusus. Dari sanalah, muncul ide TV Asahi untuk merilis Space Sheriff Gavan : The Movie.

Space Sheriff Gavan mengambil setting cerita cukup berbeda dari serial televisinya. Dalam film ini, dikisahkan tentang 3 sahabat - Geki Jumonji (diperani Yuma Ishigaki), Itsuki Kawai (Yukan Taki), dan Toya Okuma (Takuya Nagaoka) - yang telah saling mengenal sejak kecil dan punya impian untuk pergi ke ruang angkasa. Saat mereka dewasa, Geki dan Toya mendapatkan kesempatan untuk menjalankan misi ke Mars. Di tengah perjalanan ruang angkasa, muncul sebuah "worm hole" yang menghancurkan pesawat mereka. Keduanya terlempar dan terpisah di ruang angkasa.

Beruntung Geki diselamatkan oleh Federasi Space Sheriff. Namun Toya justru tertangkap dan dijadikan bawahan Don Horror, kelompok penjahat yang menamakan diri mereka New Mafia Maku (Maku adalah musuh Gaban di versi televisinya yang mana telah berhasil dikalahkan oleh Gaban).

Geki kemudian dilatih oleh Retsu Ichijouji (Kenji Ohba), yang tidak lain adalah Space Sheriff Gaban pertama (versi televisi), lalu diangkat sebagai Space Sheriff dengan sebutan Gaban Type G. Bersama Space Sheriff yang lain - Gaban, Sharivan, dan Sheider - mereka berempat bertempur melawan New Mafia Maku, Don Horror, dan Toya.


TENTANG SPACE SHERIFF GABAN
Seperti yang disebutkan di atas, Space Sheriff Gaban, Space Cop Gaban, Gavan, atau Gaban adalah karakter super hero berkostum (tokusatsu) Jepang yang pernah sukses di era 80an. Karakter kreasi ini Toei ini menjadi pionir tokusatsu genre Metal Heroes yang sangat populer di era 80-90an. Setelah Gaban, bermunculanlah karakter Metal Heroes lain yang meraih kesuksesan yang sama seperti Gaban, seperti Sharivan, Shaider, Juspion, dan lain-lain.

Karakter ini diperani oleh Kenji Ohba, aktor Jepang yang juga stuntman kawakan. Sebelum berperan dan populer sebagai Retsu Ichijouji / Gaban, aktor yang bernama asli Kenji Takahashi ini sebenarnya sudah dikenal sebagai aktor yang cukup banyak berperan dalam serial tokusatsu, di antaranya JAKQ Dengekitai (1977; sebagai Hayato Kono), Battle Fever J (1979; sebagai Shiro Akebono / Battle Kenya), dan Denshi Sentai Denziman (1980; sebagai Daigoro Oume / Denzi Blue). Namun baru saat berperan sebagai Gaban-lah Ohba meraih kesuksesan internasional dan dikenal lekat dengan karakter tersebut.

Serial televisi Gaban menceritakan tentang munculnya organisasi kriminal dari ruang angkasa bernama Makuu yang dipimpin oleh Don Horror. Kelompok ini bertujuan ingin menguasai bumi. Guna mencegah rencana jahat itu, Galactic Union Police (Ginga Renpo Keisatsu) yang berada di Planet Bird (Bado Sei) mengirimkan Gaban ke bumi. Maka dibantu Mimi - anak Commander Qum (Atasan Gaban) yang menjadi rekan kerjanya dan kelak menjadi istri Gaban- berangkatlah mereka ke bumi.

Di Bumi, Gaban menggunakan nama samaran Retsu Ichijouji dan bekerja di sebuah perternakan kuda bernama Avalon Youth Club. Di sanalah, dia leluasa mengawasi gerak-gerik Makuu dan mencegah bumi dari serangan Makuu.

Saat berhadapan dengan monster, ketika terdesak, Retsu akan berubah menjadi Gaban dengan cara melakukan gerakan tertentu, lalu menyerukan, "Jouchaku!" (Berganti Rupa). Setelah itu, dalam waktu 0.05 detik, Dolgiran - pesawat Gaban berbentuk piring terbang - akan mengirimkan "pakaian tempur" yang memungkinkan Gaban bertarung dengan para monster. Gaban memiliki senjata-senjata berupa Laser Z Beam (sinar laser Z yang keluar dari tangannya), Laser Scope (radar untuk mendeteksi monster yang menyamar), Electro Sonar (sejenis radar yang dapat mendeteksi benda di bawah tanah di sekitarnya berdiri), dan Laser Blade (pedang Gaban yang biasanya digunakan untuk menghabisi musuh dan mengakhiri pertarungan. Biasanya Gaban mengayunkan pedang itu ke arah musuh sembari menggunakan gerakan "Gaban Dynamic").

Selain senjata, Gaban juga dilengkapi dengan kendaraan berupa motor pendek berwarna merah yang disebut Saibarian. Selain itu, Gaban pun memiliki kendaraan lain, seperti Gavion (tank), Scooper (mobil pengebor),Giran Soucer (piring terbang), dan Denshi Seijuu Doru (robot Naga yang menyatu dengan Dolgiran), 

Dalam pertempuran di bumi, monster Makuu lemah. Karena itu, Makuu menciptakan Dimensi Hampa Udara yang mampu meningkatkan tenaga para monsternya hingga 3 kali lipat. Walau demikian, Gaban selalu dapat mengalahkan para monster berkat bantuan senjata-senjatanya.

Ayah Gaban adalah manusia setengah alien bernama Voicer, sedangkan ibunya -Tomiko Ichijouji - adalah manusia biasa yang meninggal saat Gaban masih bayi. Voicer dulunya adalah Space Sheriff Earth yang juga seorang peneliti. Dia dihianati oleh sahabatnya, Hunter Killer, dan menyerahkan Voicer ke Don Horror (pemimpin Makuu). Don Horror kemudian memerintahkan Voicer untuk membuat Hoshino Space Canon yang akan digunakannya untuk menghancurkan bumi. Voicer menolak membuat canon itu, sehingga disiksa oleh Makuu. Gaban yang awalnya mengira ayahnya telah tewas - ketika tahu ayahnya masih hidup - maka segera menyusup masuk ke markas Makuu untuk menyelamatkan Voicer. Dibantu oleh Hunter Killer (yang dendam pada San Dorva, anak Don Horror), ayah dan anak tersebut akhirnya bisa bertemu walaupun hanya beberapa episode, sebelum akhirnya Voicer tewas di tangan Makuu.

Di akhir cerita serial televisi Gaban, Gaban berhasil membunuh Don Horror dan menghancurkan Organisasi Makuu. Berkat usahanya itu, Gaban kemudian diangkat menjadi Komandan Space Sheriff dan kembali ke Planet Bird. Selanjutnya tugas melindungi bumi diserahkan kepada Space Sheriff Sharivan, yang bernama asli Den Iga. Den Iga sendiri adalah polisi hutan yang pernah diselamatkan oleh Gaban, namun terluka. Selanjutnya, dia dikirim ke Planet Bird untuk disembuhkan, kemudian dilatih menjadi Space Sheriff.


TRIVIA ABOUT GABAN
Nama "Gaban" diambil dari nama aktor Perancis Jean Gabin. Gabin adalah aktor papan atas Perancis yang populer di tahun 1930an - 1970an yang di semua film dia selalu berperan sebagai polisi.

Ide pembuatan Space Sheriff Gaban berasal dari serial televisi Taiyo Sentai Sun Vulcan, serial super sentai yang dirilis di Jepang oleh Toei dan ditayangkan di televisi tanggal 7 Februari 1981 - 30 Januari 1982. Penulis Taiyo Sentai Sun Vulcan - Shozo Uehera - adalah juga salah satu penulis dan kreator Space Sheriff Gaban.

Space Sheriff Gaban adalah serial tokusatsu paling populer di Indonesia di era 80an. Begitu populernya, Warkop DKI pernah memparodikan karakter Gaban dalam salah satu film mereka.Selain itu, pada tahun 1985, sebuah majalah anak-anak menggelar pagelaran drama musikal Gaban dan Google V - dengan melibatkan hampir semua pemeran di kedua serial tersebut - di Senayan yang cukup sukses kala itu. Pagelaran Gaban dan Google V itu menjadi pagelaran drama musikal tokusatsu dan super sentai pertama dan satu-satunya yang pernah digelar di Indonesia.

Selain di Indonesia, Gaban pun cukup populer di negara-negara lain di Asia. Tidak heran jika pada tahun 80an, banyak istilah bahasa gaul anak muda masa itu yang menggunakan kata-kata dari serial tersebut. Di Malaysia, istilah "Gaban" digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berani, misalnya "gaban betul" yang berarti "berani banget". Sedangkan di Indonesia, istilah "Gaban" merujuk pada sesuatu yang luar biasa besarnya, misalnya "tas lo segede gaban" yang berarti "tasmu besar banget". Di Thailand, justru istilah Makuu banyak digunakan oleh media cetak kala itu untuk menjelaskan sesuatu yang buruk sedang terjadi.

Walau terkenal di Asia, Gaban justru kurang populer di Filipina. Sebaliknya karakter Space Sheriff Shaider-lah yang populer di sana. Hal ini mungkin dapat dimaklumi, mengingat serial televisi Metal Heroes yang pertama kali ditayangkan di sana adalah Space Sheriff Shaider. Sedangkan Gaban sendiri baru ditayangkan di sana tahun 1990an awal. Judulnya pun diubah menjadi Space Rangers. Karena teknik dan efek khusus serial Gaban tidak secanggih Shaider (yang dibuat jauh sesudah Gaban), tentu saja Gaban jadinya tidak diminati pemirsa Filipina.

Kenji Ohba - pemeran Gavan/ Retsu
Kenji Ohba - pemeran Retsu / Gaban - di awal karirnya adalah seorang stuntman yang banyak terlibat dalam serial tokusatsu dan super sentai. Ohba kebanyakan mendapat peran sebagai Suit Actor (artis yang mengenakan pakaian karkater tokusatsu dan melakukan adegan-adegan perkelahian di film) untuk serial-serial tokusatsu dan super sentai seperti Kamen Rider 1 (1971), Android Kikaider (1972), Akumaizer (1973), dan lain-lain. Pada tahun 1975, Ohba berkesempatan berperan menjadi tokoh Hayato Kano dalam serial super sentai JAKQ Dengekitai yang langsung mengangkat namanya. Selanjutnya, Ohba mulai sering terlibat sebagai aktor, seperti di film Message From Space : Galactic Wars (1978), Battle Fever J (1979), Shadow Warriors (1980), dan lain-lain. Namanya makin dikenal - tidak saja di Jepang, tetapi juga dunia - setelah memerankan Retsu / Gaban dalam serial Space Sheriff Gavan (1982).

Selain film Jepang, Kenji Ohba juga pernah terlibat di film produksi Hollywood, yaitu Kill Bill Vol 1 arahan Quentin Tarantino. Di film itu, Ohba berperan sebagai Shiro, seorang karyawan warung sake yang juga orang kepercayaan Hattori Hanzo (Sonny Chiba), sang maestro samurai yang dicari The Bride (Uma Thurman) untuk dimintai tolong membuatkan pedang yang akan digunakannya untuk membunuh Bill (David Carradine).

Sebelum bermain bersama di film Kill Bill Vol 1, Kenji Ohba dan Sonny Chiba sudah pernah bertemu dan beradu peran di beberapa episode serial televisi Space Sheriff Gaban. Di serial tersebut, Sonny Chiba berperan sebagai Voicer, ayah Retsu. 

Kenji Ohba adalah Presiden Direktur dari perusahaan stuntman miliknya sendiri yang bernama Luck JET (Jaunty Eventful Troupe). Perusahaannya banyak menangani film-film eksyen, khususnya film dan serial tokusatsu dan super sentai.

Kostum perang Gaban merupakan referensi untuk pembuatan armor Robocop.

Tanggal 27 April 2013 mendatang, Space Sheriff Gavan akan muncul lagi untuk yang ketiga kalinya dalam film layar lebar berjudul "Kamen Rider x Super Sentai x Space Sheriff : Super Hero Taisen Z". Film ini menceritakan tentang Space Shocker yang berniat menguasai bumi dengan mengirimkan pasukannya, Space Ikadevil dan Space Spider Man. Dalam film tersebut, Gaban akan beraksi bersama Gaban Type G serta Sharivan melawan Space Shocker. Selain mereka, Kamen Rider Wizard, Zyuden Sentai Kyoryunger, Tokumei Sentai Go-Busters, serta super sentai dan Kamen Rider yang lain juga akan ikut tampil berjuang bersama sang Sheriff dari Ruang Angkasa. Fight... Fight...  Fight Gaban....








NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment