Music Review - BEATALLICA

Pernah denger James Hetfield - vokalis grup rock Metallica - menyanyikan lagu Beatles? Atau mendengarkan lagu-lagu Metallica yang dikombinasikan dengan lagu-lagu Beatles? Tentu seru dan lucu, mengingat aliran musik Metallica dan Beatles yang sangat jauh banget, tapi bisa "matching".

Inilah yang dilakukan oleh band asal Milwaukee, Wisconsin, bernama Beatallica. Band yang menggunakan kombinasi nama band The Beatles dan Metallica ini adalah band yang mengkhususkan diri pada genre musik rock-parody dengan mengabungkan lagu-lagu Beatles dan Metallica. Hasilnya? Cukup menarik dan keren banget, walau pada awalnya terdengar "aneh". Uniknya, suara dan cara bernyanyi Jaymz Lennfield - vokalis Beatallica - sangat mirip dengan James Hetfield sehingga sekilas Anda akan mengira Metallica-lah yang menyanyikan lagu-lagu The Beatles dalam versi "hard-rock".

Band ini dibentuk tahun 2001 oleh gitaris Krk Hammetson dan vokalis Jaymz Lennfield (penjelasan : Tidak ada kesalahan dalam penulisan nama. Memang beginilah nama mereka... ^_^...).  Tujuan pembentukan grup ini semata-mata karena iseng belaka. Pada tahun itu, mereka menelurkan mini album A Garage Dayz Nite. Album ini merupakan album "plesetan" dari mini album Metallica, The $5.98 EP : Garage Days Re-Revisited. Sedangkan cover albumnya adalah parody dari cover album The Beatles bertitel "With The Beatles". Di luar dugaan, mini album ini meraih kesuksesan yang luar biasa. Beberapa lagu di dalam album tersebut seperti "Sgt. Hetfield's Motorbreath Pub Band", "A Garage Days Nite", "For Horsemen", dan "... And Justice for All My Loving" menjadi lagu yang sering wara-wiri di radio musik rock Amerika.

Tahun 2004, basis Kliff McBurtney dan drummer Ringo Larz (penjelasan : sekali lagi... tidak ada kesalahan dalam penulisan nama....) bergabung dan band tersebut mulai rajin melakukan konser di berbagai kota. Tanggal 26 April 2006, Beatallica melakukan konser internasional perdana mereka di London, yang kemudian berlanjut ke berbagai festival musik rock internasional, seperti di Germany's Earthshaker Festival, The Netherlands' Kings of Metal festival, dan Korea's Busan International Rock Festival bareng grup-grup rock ternama dunia seperti Motorhead, Testament, Kreator, Sepultura, LA Guns, Dream Theater, dan lain-lain.

Tahun 2007, grup tersebut mengalami perubahan personil : Jaymz Lennfield (vokalis, rhythm guitar), Grg Hammetson (lead guitar), Kliff McBurtney (bass, dan backing vokal), dan Ringo Larz (drum). Dengan tim baru tersebut, Beatallica merilis album resmi pertama mereka berjudul Sgt. Hetfield's Motorbreath Pub Band.

Cover Single Album "All You Need is Blood"
Tahun 2008, Beatallica meluncurkan singel All You Need is Blood (parodi dari lagu Beatles berjudul All You Need Is Love) yang dirilis dalam 13 bahasa di seluruh dunia, yaitu bahasa Inggris, Portugis, Estonia, Jerman, Peranci, Hungaria, Ibrani, Spanyol, Belanda, Polandia, Rusia, Korea, dan Jepang. Singel ini sukses dan merajai banyak tangga lagu berbagai negara, berkat dukungan dan promosi yang dilakukan para fans Beatallica di seluruh dunia yang dikenal dengan sebutanm Beatalibangers.

Tanggal 1 April 2009 - yang juga adalah tanggal kelahiran Beatallica - menjadi tanggal yang bersejarah untuk band ini karena untuk pertama kalinya band tersebut tampil satu panggung dengan Metallica dalam sebuah konser di Perancis. Sejak pertemuan itu, kedua band ini menjadi akrab dan sering berkomunikasi satu dengan yang lain.

Tanggal 4 Agustus 2009, band ini meluncurkan album keduanya, Masterful Mystery Tour. Masih mengusung konsep penggabungan lagu The Beatles dan Metallica, album terdiri dari 12 lagu parodi dua band tersebut. Cover albumnya pun merupakan parody cover album Magical Mystery Tour-nya The Beatles, dan Master of Puppets-nya Metallica. Pada album ini pun untuk pertama kalinya Beatallica merilis video klip (Hero of The Day Tripper). Album ini mendapatkan respon yang sangat positif, terutama di Jepang dan Jerman.

Tanggal 17 November 2009, guna menyambut Natal, band ini merilis mini album berjudul Winter Plunderband. Album ini berisi 4 lagu : Wonderful Christmastime (aslinya dinyanyikan Paul McCartney), Happy XMas (War is Over) (aslinya dinyanyikan oleh John Lennon dan Yoko Ono), serta 2 lagu asli yang diciptakan band ini (Hella Day For Holiday dan Heretic).

Tahun 2013 ini, Beatallica berencana untuk merilis album baru. Seperti apa albumnya? Kapan akan dirilis? Kita tunggu saja kabarnya lebih lanjut.


PERSONIL BEATALLICA
Saat ini, personil lengkap kelompok Beatallica adalah :
Jaymz Lennifield (gabungan nama James Heatlfield dan John Lennon. Nama asli : Michael Tierney) : vokalis, penulis lirik / lagu, dan rhythm guitar.
Grg Hammetson (gabungan nama George Harrsion dan Kirk Hammett.Nama asli : Jeff Hamilton) : lead guitar. 
Kliff McBurtney (gabungan nama Cliff Burton dan Paul McCartney. Nama asli : Cliff Burton dan Paul McCartney. Nama asli : Paul Terrien) : bass
Ringo Larz (gabungan nama Ringo Starr dan Lars Ulrich. Nama asli : Ryan Charles) : drum


TRIVIA FACTS : 
Genre musik Beatallica adalah "Comedy Rock" yaitu salah satu aliran musik rock yang lagu-lagunya berlirik kocak, parodi, dan musiknya yang cukup nyeleneh. Comedy Rock juga dikenal dengan sebutan Parody Rock.

Sejak berdiri (2001) hingga 2007, semua lagu dan album Beatallica hanya tersedia secara online.  Adapun album mereka yang dirilis secara online adalah :
1. A Garage Dayz Nite (2001) : Mini album
2. The Grey Album (2004) : Mini Album

The Grey Album adalah album yang namanya merupakan gabungan "warna" dari album The White Album milik The Beatles dan Black Album milik Metallica. Album tersebut berisi 8 lagu, yaitu :
1. Blackened The USSR : musiknya merupakan gabungan musik lagu Blackened (Metallica), Back in The USSR dan Hey Jude (The Beatles).Sedangkan liriknya diparodikan dari lagu Hit The Light (Metallica).
2. Sandman : musiknya plesetan dari lagu Enter the Sandman, sedangkan liriknya diambil dari lagu Seek and Destroy.
3. And I'm Evil : liriknya adalah parodi dari lagu Ain't My Bitch, Die Die My Darling, 20 Eyes, dan The Misfits.
4. Got To Get You Trapped Under Ice
5.Leper Madonna : merupakan parodi lagu-lagu Madonna, seperti Like A Virgin, American Life, Like a Prayer, dan Orion.
6. Hey Dude : Musiknya menggunakan referensi lagu Nothing Else Matters (Metallica), dengan memparodikan lirik lagu Sad But True, For Whom The Bell Tolls, dan Eye of the Beholder (semua lagu Metallica).
7. I Want To Choke Your Band : musiknya merupakan musik lagu I Wanna Hold Your Hands (Beatles) dengan parodi lirik lagu Don't Tread on Me (Metallica).
8. We Can Hit The Lighz : musiknya musik lagu Kill Em All (Metallica) dengan parodi lirik No Life Till Leather (Metallica).


















NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment