Must Watch : THE GRANDMASTER (2013)

Salah satu film eksyen Hongkong yang paling saya tunggu-tunggu tahun ini adalah film The Grandmaster. Mengapa? Karena film ini adalah film yang menceritakan kembali sepak terjang Ip Man - sang master Wing Chun yang juga guru Bruce Lee - dari sudut panjang yang berbeda dan lebih kelam.

Awalnya, banyak orang mengenyitkan kening saat mendengar Tony Leung terpilih untuk memerani Ip Man di film ini. Selain bukan dari kalangan ahli bela diri, dia tidak memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni dan cukup mampu untuk mendukung aksinya di film laga ini. Namun keraguan penonton segera pupus setelah menyaksikan film besutan sutradara Wong KarWai ini.

Selain Tony Leung, film ini pun diperkuat para artis papa atas seperti Zhang Ziyi, Song Hye-Kyo, Chang Chen, Yuen Woo-ping, Julian Cheung, Lo Mang, Bruce Leung, dan Zhao Benshan.

Film ini banyak bercerita tentang masa kecil dan latar belakang Ip Man, mulai dari masa kecilnya yang suram, pernikahannya,serta kemampuan bela diri yang dia peroleh dari gurunya, Chen He Shun (diperani Yuen Woo-Ping).  Di film, Ip Man akan berhadapan dengan master bela diri perempuan, Gong Er (Zhang Ziyi), anak Gong Yutian - seorang master bela diri asal China Selatan yang kala itu mencari lawan sepadan sebelum dia pensiun. Gong Er tidak terima ayahnya dikalahkan Ip Man, dan ingin mengembalikan nama baik perguruan ayahnya. Gong Er berhasil mengalahkan Ip Man. Tapi diam-diam, Gong Er memendam perasaan pada Ip Man.

Hampir mirip dengan film Ip Man versi Wilson Yip yang diperani Donnie Yuen, film ini pun menceritakan tentang penderitaan Ip Man saat Jepang menginvasi China.

Walau tampil sangat tidak meyakinkan, namun banyak kritisi film menilai film ini sangat indah secara visual. Koreografi aksinya sangat menarik dan nyata, bahkan lebih "bernyawa" dibandingkan film-film bertema Ip Man sebelumnya. Terlebih lagi, Wong disebut berhasil menampilkan sosok Ip Man yang lebih "manusiawi" dan lebih mendekati Ip Man yang sesungguhnya.

DO YOU KNOW? 
Tony Leung berlatih bela diri Wing Chun lebih dari 4 jam setiap hari guna mempersiapkan dirinya memerani tokoh Ip Man ini. Setelah berbulan-bulan berlatih, saat shooting mulai dilakukan, Tony sudah terlihat sangat menguasai ilmu bela diri legendaris tersebut.

Untuk musik latar film, Wong menggaet komposer Jepang Shigeru Umebayashi. Shigeru juga pernah bekerja sama dengan Wong di film Wong sebelumnya : In The Mood In Love dan 2046.

Film ini premier pertama kali di China pada tanggal 8 Januari 2013. Sedangkan Hong Kong mendapat giliran kedua menonton film ini tanggal 11 Januari 2013. Negara lain di Asia akan mendapatkan kesempatan menonton film ini awal Februari 2013.






NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment