TV Series - HOMELAND

Salah satu serial drama-thriller mencekam yang banyak dipuji para kritikus dan mendapatkan rating sangat baik saat ini adalah Homeland. Diproduksi Taekwood Lane Productions dan ditayangkan oleh televisi kabel Showtime Networks, hampir semua episode serial televisi ini rata-rata ditonton lebih dari 1.7 juta orang penonton Amerika, menjadikan serial ini menjadi salah satu serial paling populer di Amerika, setelah serial CSI dan NCIS. Selain itu, serial ini pun meraih banyak penghargaan untuk berbagai kategori dalam penghargaan Golden Globe Award serta Primetime Emmy Award sepanjang tahu 2011 - 2012, termasuk diantaranya Best Drama, Outstanding Lead Actor, dan Outstanding Lead Actress.

Season Pertama serial ini ditayangkan perdana di Amerika pada tanggal 7 Oktober 2011, dan berakhir tanggal 18 Desember 2011 dengan jumlah total 12 episode. Season Keduanya yang juga 12 episode ditayangkan tanggal 30 September 2012 dan berakhir 16 Desember 2012. Sedangkan Season Ketiga masih dalam pembuatan dan rencananya akan mulai tayang tanggal 29 September 2013 mendatang.

Tokoh sentral dalam serial ini adalah Carrie Mathison (diperani Claire Dannes), seorang staf CIA divisi Counterterorism Center, yang mendapatkan informasi tentang adanya rencana Al-Qaeda untuk menyusupkan mata-mata mereka ke dalam dinas inteligen Amerika. Untuk dapat melakukan rencana mereka, Al-Qaeda telah menangkapi dan mencuci otak tentara Amerika yang berhasil mereka tangkap.

Beberapa bulan setelah mendapatkan informasi tersebut, CIA mengumumkan bahwa dalam sebuah penyerbuan di markas Al-Qaeda di Timur Tengah, mereka berhasil menyelamatkan seorang tentara Amerika bernama Nicholas Brody (Damien Lewis) yang telah menghilang selama 8 tahun dan tadinya diduga telah tewas.Sontak penemuan itu menyadarkan Mathison akan kebenaran informasi yang diperolehnya beberapa bulan sebelumnya. Dengan hati-hati, Mathison berusaha mencari fakta dan bukti bahwa Brody adalah intel Al-Qaeda yang sengaja disusupkan untuk menghancurkan negaranya.

Namun hal itu tidak mudah, karena selain semua pihak - termasuk atasannya dan Wakil Presiden - membela Brody dan menganggapnya pahlawan negara, Mathison ternyata menderita gangguan kejiwaan Bipolar Disorder yang mana kompetensinya perlahan-lahan mulai dipertanyakan.


TRIVIA FACTS :
Untuk menggugah ingatan Anda, Claire Dannes - pemeran utama serial ini - pertama kali kita kenal lewat filmnya Romeo + Juliet (1996) di mana dia berperan sebagai Juliet dan bermain dengan apik bersama Leonardo diCaprio yang di film tersebut berperan sebagai Romeo.

Sedangkan Damian Lewis, lawan main Claire Dannes di Homeland, adalah aktor Inggris yang lebih sering bermain dalam serial televisi Amerika. Dua serial televisi yang melambungkan namanya adalah serial drama Life (berperan sebagai Detektif Charlie Crews) produksi NBC, dan mini seri Band of Brothers (sebagai Mayor Richard Winters) produksi HBO.

Untuk lebih mendalami perannya, Claire Dannes banyak berdiskusi dengan para staf CIA, serta menonton banyak film dokumenter tentang kelainan Bipolar Disorder. Bahkan dia pun berkonsultasi dengan penulis Julie Fast yang juga menderita kelainan serupa.

Aktor kelahiran Inggris Damian Lewis - pemeran Nicholas Brody - mendapatkan perannya tanpa audisi sama sekali. Produser serial Homeland (Howard Gordon dan Alex Gansa) sangat tertarik dengan perannya di film Keane (2004), sehingga langsung menawati peran Sersan Nicholas Brody padanya.

Foto-foto anak perempuan yang tampil dalam opening sequence serial ini adalah foto-foto asli Claire Dannes saat masih balita.

Dalam opening sequence juga terdengar penggalan rekaman pidato asli para Presiden Amerika Serikat. Secara berurutan, suara Presiden yang muncul adalah : Ronald Reagan, George Bush, Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.

Dalam beberapa episode awal Homeland, Artis Morena Baccarin - pemeran Jessica Brody - istri Nicholas Brody -  mengenakan wig karena rambutnya belum tumbuh setelah harus tampil plontos di serial televisi "V".

Morena Baccarin pernah bersekolah di satu SMP yang sama dengan Claire Dannes.

Barack Obama sangat memuja serial Homeland dan merupakan salah satu fans berat serial ini.

Serial ini adalah adaptasi dari drama Israel berjudul "Hatufim" (bahasa Ibrani, yang berarti "Diculik"). Drama tersebut ditayangkan di Channel 2 Israel bulan Maret - Mei 2010. Drama yang ditulis oleh Gideon Raff tersebut mendapatkan penghargaan sebagai Best Drama Series di ajang Israeli Academy Award for Television pada bulan Juli 2010.

Saat pengambilan gambar untuk Season 2, Claire Dannes sedang hamil, sehingga untuk menutupi perutnya yang membesar, pihak produser menggunakan teknik digital sehingga tidak terlihat sama sekali adanya perubahan pada tubuh Dannes.

Pada bulan Oktober 2012, Pemerintah Lebanon melayangkan protes ke produser Homeland berkenaan dengan penayangan Episode kedua Season kedua serial ini. Dalam episode yang berjudul "Beirut is Back" itu ditampilkan jalan Beirut yang lusuh dengan banyaknya tentara militer berkeliling, serta adanya kegiatan terorisme di lingkungan tersebut. Pemerintah Libanon menjelaskan bahwa dalam kenyataannya, Beirut adalah salah satu tempat paling aman di dunia. Ironisnya, beberapa hari setelah pernyataan itu dikeluarkan - tepatnya tanggal 19 Oktober 2012 - sebuah bom meledak di tengah kota Beirut, dan menewaskan Brigjen Wissam al-Hassan, Kepala Pasukan Intel dan Keamanan Lebanon.








NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment