Recommended Film : JAVA HEAT (2013)

Ada sebuah film eksyen seru yang wajib ditongkrongin dan bakal beredar tanggal 18 April 2013 mendatang. Film tersebut berjudul JAVA HEAT. Dari namanya, Anda tentu mungkin menduga kalau film ini berhubungan dengan Indonesia, karena ada embel-embel "JAVA". Dugaan Anda tidak keliru, karena memang film ini mengambil setting di Pulau Jawa, tepatnya di Yogyakarta. Dan lebih hebatnya lagi, film eksyen yang diperani Mickey Rourke, Mike Duncan, dan Brent Duke ini produk asli Anak Bangsa Indonesia.

Sebenarnya Java Heat adalah hasil kolaborasi duo bersaudara Conor dan Rob Allyn. Keduanya berbagi peran : Conor Allyn memegang kendali dalam penyutradaraan, sedangkan Rob lebih berfokus pada penulisan naskah. Selain para bintang papan atas Hollywood tadi, film ini juga melibatkan banyak artis papan atas Indonesia : Atiqah Hasiholan, Ario Bayu, Rio Dewanto, Frans Tumbuan, Rudy Wowor, Teuku Rifnu Wikana, Tio Pakusadewo, Astri Nurdin, dan Verdi Solaiman. Film berdurasi 104 menit dan diproduksi oleh Margate House Films ini akan dirilis di Indonesia pada tanggal 18 April 2013. Sedangkan di Amerika Serikat, film ini sudah diset untuk ditayangkan tanggal 10 Mei 2013.

Film ini bercerita sebuah sindikat internasional yang melakukan penculikan terhadap Putri Sultan Yogyakarta serta pencurian perhiasan milik keluarga Keraton Yogyakarta. Kedua aksi kejahatan yang saling berhubungan tersebut tak pelak membuat kepolisian Indonesia geram dan segera bergerak mencari para pelaku tersebut. Namun hal itu ternyata tidak mudah karena gembong sindikat tersebut, Malik (diperani Mickey Rourke), sangat licin dan tidak mudah ditangani.

Sementara itu, Captain Baron (Mike Duncan) - Interpol Amerika - ternyata juga punya wacana khusus terhadap Malik. Kehadiran Baron di Indonesia sempat menimbulkan ketegangan dengan Kepolisian Indonesia. Namun belakangan mereka dapat bekerja sama dan saling bahu-membahu untuk menangkap Malik.

Secara umum, film ini cukup menjanjikan sebagai tontonan yang menarik. Dari trailer-nya, film ini sangat sarat dengan aksi kejar-kejaran, tembak-tembakan, dan aksi perkelahian yang cepat dan seru. Tidak tampak sama sekali sebagai sebuah film produk lokal khas sinetron atau film "Indo-Bule" era 80an yang sarat eksyen yang berkepanjangan dan melelahkan. Sebuah tontonan yang layak ditunggu ni....


DO YOU KNOW? 
Conor Allyn - Sutradara JAVA HEAT
Bagi Anda yang kurang familiar dengan Conor Allyn, dia adalah sutradara film Merah Putih 2 : Darah Garuda yang pernah sukses di tahun 2010. Film Java Heat akan menjadi film ketiga yang disutradarainya setelah Heart of Freedom dan Merah Putih 2 : Darah Garuda. Conor Allyn sendiri aslinya adalah orang Amerika Serikat yang merupakan sutradara, penulis, dan produser muda berbakat. Dia pun adalah pemilik perusahaan produksi film di Amerika Serikat bernama Margate House Films yang namanya mulai dikenal masyarakat dunia setelah mendistribusikan film trilogi Merah Putih (2009 - 2011) ke Amerika dan Eropa.

Mickey Rourke in JAVA HEAT
Selama shooting di Indonesia, Mickey Rourke sempat kesal dengan pelayanan makanan di Indonesia. Seperti yang diungkapkannya pada majalah WENN, setiap kali dia memesan makanan, selalu saja yang disajikannya tidak sesuai dengan yang dia minta. Bahkan makanan apapun yang dipesannya selalu disuguhi dengan telor di atas makanan tersebut. Hal ini membuatnya jengkel dan sempat menyebut Indonesia sebagai "Amnesia".

Produksi film Java Heat menelan biaya hingga Rp 145 milyar. Besarnya biaya produksi ini dianggap wajar lantaran Connor Allyn menggunakan 500 kru dan aktor Hollywood. Itu belum termasuk efek-efek khusus dan adegan peledakan gedung dan kendaraan yang memakan biaya tidak sedikit.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment