Recommended - OLYMPUS HAS FALLEN (2013)

Membaca judul film ini, mungkin akan membuat Anda berpikir jika film ini akan bercerita tentang perang antar dewa-dewa Yunani. Well... tebakan Anda keliru, karena film ini bukanlah film bergenre mitologi-fantasy, melainkan action-thriller yang luar biasa menegangkan dan jauh dari kisah perang para dewa Yunani.

Olympus Has Fallen bercerita tentang sekelompok teroris asal Korea Utara - pimpinan Kang Yeonsak (diperani dengan sangat meyakinkan oleh Rick Yune) - yang berhasil menyusup masuk Gedung Putih dan menyandera Presiden Amerika Serikat. Mike Banning (Gerald Butler) - seorang agen Secret Agent yang didemosi ke pekerjaan belakang meja - terjebak di dalam Gedung Putih bersama para staf kepresidenan. Menggunakan segala pengetahuan anti-terorisnya, dia berjuang untuk menyelamatkan semua orang - termasuk Presiden - di dalam Gedung Putih, sekaligus melumpuhkan para teroris tersebut.

Premis film ini mau tidak mau mengingatkan kita kembali pada genre Die Hard yang sudah cukup melekat bagi penonton film era 90an. Bedanya, kalo di Die Hard, Bruce Willis harus menyelamatkan para eksekutif dari gedung Nakatomi, maka dalam film ini Gerald Butler-lah yang harus menyelamatkan Presiden dari Gedung Putih. Ini pun sebenarnya juga bukan sebuah ide baru, mengingat film sejenis berjudul Executive Decision (diperani Steven Seagal dan Kurt Russell, 1996) dan Air Force One (Harrison Ford) pun sudah pernah dibuat dengan cerita yang nyaris mirip.

Anyway, sebagai sebuah film eksyen era 2000an, Olympus Has Fallen jelas sebuah "tontonan" baru bagi para penikmat film eksyen, terutama para remaja dan pemuda usia di bawah 30 tahun. Aksi seru seorang agen kepresidenan yang minim senjata melawan para teroris dengan senjata lengkap, jelas membawa nuansa keseruan yang cukup menarik untuk ditonton. Film yang banyak didukung aktor dan aktris papan atas Hollywood seperti Gerald Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman, Angela Basett, Rick Yune, Robert Forster, Ashley Judd, Phill Austin, dan disutradarai Antoine Faqua ini akan tayang di Amerika Serikat tanggal 22 Maret 2013.


DO YOU KNOW? 
Olympus adalah kode rahasia Secret Agent Amerika Serikat untuk menyebutkan nama Gedung Putih (White House).

Wynona Ryder awalnya merupakan kandidat pertama yang ditunjuk untuk memperankan tokoh First Lady. Namun beberapa saat menjelang shooting, posisinya digantikan oleh Angela Basset.

Entah kebetulan atau memang disengaja, selalu saja ada (minimal) 2 film bertema sama yang dirilis dalam waktu yang nyaris berdekatan setiap tahun. Jika tahun lalu film Snow White dibuat dalam beberapa versi (2 versi layar lebar dan 1 versi mini seri televisi) dan dirilis berbarengan, maka hal serupa terjadi pada film ini. Tema teroris yang menyerbu Gedung Putih selain diusung film ini, juga akan diusung oleh film lain berjudul White House Down karya sutradara Roland Emmerich. Film tersebut akan tayang 28 Juni 2013, tiga bulan setelah Olympus Has Fallen. Walau masih lama waktu rilisnya, pihak distributor film White House Down telah sangat gencar mempromosikan film tersebut. Bahkan saat menjelang tanggal rilis Olympus Has Fallen yang tinggal 1 minggu lagi seperti sekarang, White House Down makin gencar berpromosi, sehingga nyaris "menenggelamkan" promosi yang dilakukan oleh Olympus.

Olympus Has Fallen dibuat dengan budjet US$ 80 juta.

Perancis akan mendapatkan "kehormatan" sebagai negara pertama di dunia yang akan menonton film ini untuk pertama kali. Ya, film tersebut akan dirilis pertama kali di Perancis pada tanggal 20 Maret. Selanjutnya tanggal 21 Maret, giliran Yunani, Hong Kong, Russia, dan Taiwan. Masyarakat Amerika Serikat baru mendapatkan kesempatan menonton film tersebut tiga hari kemudian, tepatnya tanggal 22 Maret 2013.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment