Movie Review - EVIL DEAD (2013)

Salah satu film horror 2013 yang paling dinantikan oleh banyak moviegoers dunia adalah Evil Dead, yang merupakan remake dari film berjudul sama yang pernah populer di tahun 1981 silam. Evil Dead versi 1983 sendiri adalah film horor pertama yang dibuat Sam Raimi (sutradara film trilogi The Amazing Spiderman) yang langsung melejitkan nama sutradara tersebut.

Berbeda dengan trilogi pertama Evil Dead (The Evil Dead, 1981; Evil Dead 2, 1987; Evil Dead 3 : Army Of Darkness, 1992), Evil Dead versi 2012 ini bisa dikatakan sebagai reboot karena semua karakter dalam film in tidak ada kaitan dengan tiga film sebelumnya. Bahkan Sam Raimi pun tidak menjadi sutradara namun justru menjadi produser dalam film ini. Kursi sutradara dipercayakan kepada Fede Alvarez, sineas Uruguay yang terkenal karena menyutradarain film Uruguay berjudul Ataque de Panico!.

Ceritanya tidak berbeda jauh dengan versi aslinya. Film yang diperani Jane Levy, Shiloh Fernandez, Lou Taylor Pucci, Jessica Lucas, dan Elizabeth Blackmore ini menceritakan tentang lima pemuda yang melakukan perjalanan namun terjebak di tengah hutan. Mereka menemukan sebuah pondok kayu dan menginap di dalamnya. Tak disengaja, di dalam pondok tersebut mereka menemukan buku kuno yang tidak lain adalah Naturom Demono (Buku Pemanggil Arwah). Ketika salah seorang dari mereka membaca isi buku itu, sontak satu-persatu dari mereka dirasuki roh jahat dan mulai membantai satu-persatu teman mereka.

Film ini pertama kali ditayangkan di Southwest Film Festival tanggal 8 Maret 2013 silam dan mendapatkan respon yang sangat positif. Melihat respon tersebut, Sam Raimi langsung berniat untuk membuat sekuel film ini. Ada pun judul sekuelnya sudah ditentukan : Army of Darkness 2.

Evil Dead akan diedarkan serentak di seluruh dunia - termasuk Amerika Serikat - tanggal 5 April 2013 mendatang.


TRIVIA FACTS : 
Bruce Campbell - pemeran Ashley J. "Ash" Williams dalam trilogi Evil Dead - sempat ditawari menjadi cameo dalam film ini, namun dia menolak. Sebaliknya, dia lebih memilih untuk duduk di kursi Produser bersama Sam Raimi, dan Robert G. Tapert.

Pembahasan tentang pembuatan film Evil Dead ini sebenarnya dilakukan bertahun-tahun silam antara Sam Raimi dan Bruce Campbell. Namun pada tahun 2009, Raimi dan Campbell menemui jalan buntu dalam pembahasan pembuatan film ini karena kekuatiran Sam Raimi dengan reaksi penonton yang mungkin tidak menghendaki adanya pembuatan sekuel film ini. Pada bulan April 2011, Campbell dan Raimi merampungkan naskah Evil Dead dan sepakat untuk membuat film ini. Dengan bantuan revisi skrip yang dilakukan Diablo Cody,maka pada tanggal 13 Juli 2011, naskah Evil Dead versi 2013 siap untuk diproduksi.

Audisi mulai dilakukan 24 Januari 2012. Lily Collins (Abduction, The Blind Side, Mirror Mirror) menjadi aktris pertama yang terpilih dan mendapatkan peran Mia. Namun beberapa hari kemudian, Collins membatalkan keterlibatannya dalam film ini, sehingga pencarian peran untuk Mia diulang kembali. Barulah pada tanggal 3 February, Jane Levy (serial televisi Suburgatory) terpilih menggantikan Collins untuk memerani Mia.

Karakter dalam film ini adalah David (diperani Shiloh Fernandez), Eric (Lou Taylor Pucci), Mia (Jane Levy), Olivia (Jessica Lucas), dan Natalie (Elizabeth Blackmore). Jika huruf awal semua karakter tersebut digabung menjadi DEMON.

Film ini dipastikan tanpa spesial efek CGI. Semua adegan menegangkan dan tampaknya "tidak mungkin", dilakukan dengan menggunakan bantuan boneka dan teknik pengambilan gambar "old school". Hal ini dilakukan agar aura horor murni yang ada di versi pertama film ini juga dirasakan di versi terbarunya.

Dalam salah satu adegan di film ini, ada satu adegan di mana Jane Levy muntah dengan jumlah yang sangat banyak. Penonton yang telah menyaksikan adegan itu banyak yang menduga adalah efek CGI atau efek spesial khusus karena tidak mungkin ada orang yang bisa muntah sedemikian banyak. Tapi faktanya, itu bukan spesial efek, dan Levy benar-benar muntah dalam jumlah yang sangat banyak. Untuk bisa muntah sebanyak itu, Levy memasukkan selang ke dalam tenggorokannya. Beberapa saat sebelum adegan muntah dilakukan, Levy menyendiri di sebuah sudut ruangan dan mulai membayangkan kejadian-kejadian yang mengerikan dan membuatnya muak. Maka, ketika shooting dilakukan, dia dapat muntah hingga isi perutnya habis terkuras. Yaiks.....

 Sakin banyaknya adegan berdarah dalam film ini, pihak properti Evil Dead harus menyiapkan sedikitnya 50.000 galon darah bohongan setiap hari. Dengan jumlah darah sebanyak itu, Anda bisa bayangkan seberapa "berdarahnya" film Evil Dead versi 2013 ini.













































NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment