Recommended Korean TV Series 2013

Serial televisi Korea adalah salah satu tontonan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Selain kisahnya yang tidak bertele-tele (cukup "menggigit"), aktor / aktrisnya enak dilihat, jumlah episodenya pun tidak terlalu panjang. Sejak awal tahun ini, sudah banyak serial Korea baru yang siap atau sedang tayang di negara asalnya, dan sebentar lagi akan masuk negara kita (entah lewat tayangan televisi swasta, atau pun lewat DVD bajakan). Kira-kira serial apa saja ya yang menarik? Berikut ini beberapa di antaranya yang kayaknya wajib tonton ...

ALL ABOUT MY ROMANCE
Serial 16 episode produksi SBS (Seoul Broadcasting System) ini baru mulai tayang di Korea tanggal 4 April 2013 silam. Diperani Shin Ha-Kyun, Lee Min-Jung, Park Hee-Soon, dan Han Chae-Ah, dengan naskah yang ditulis Kwon Ki-young (berdasarkan novel berjudul sama yang ditulis Lee Eung-joon) serta disutradarai Son Jung-hyun, serial bergenre drama-romantis-komedi ini menceritakan tentang pria dan wanita yang merupakan anggota legislatif dari dua kubu yang berlawanan. Keduanya punya ideologi dan pandangan politik yang berbeda, sehingga di awal-awal pertemuan keduanya saling bermusuhan dan saling serang. Namun perlahan, cinta tumbuh dalam diri mereka. Sehingga diam-diam keduanya menjalin hubungan cinta yang membahayakan karir politik mereka.





BIRTH SECRET
Sebuah drama romantis mengharukan produksi SBS akan segera tayang tanggal 27 April 2013 mendatang. Serial 20 episode ini diperani Sung Yu-ri dan Yoo Jun-sang dengan sutradara Kim Jong-hyuk. Sung Yu-ri akan berperan sebagai Jung ji-hyun, seorang wanita genius yang menderita penyakit psychogenic amnesia (amnesia / penyakit kehilangan ingatan pada salah satu periode kehidupan tertentu), sehingga tidak ingat suami dan anaknya. Yoo Jun-sang berperan sebagai Hong Gyung-doo, suami Yi-Hyun. Gyung-doo adalah seorang pria miskin dan tidak berpendidikan yang mengenal Yi-hyun saat keduanya berniat bunuh diri di tempat yang sama. Serial ini akan memfokuskan pada perjalanan hidup Yi-hyun yang - dibantu suami dan anaknya - berjuang keras untuk mengumpulkan kembali semua ingatannya yang lenyap.


CRUEL PALACE- WAR OF FLOWERS
Serial 40 seri yang diperani Kim-Hyun-joo, Lee Deok-hwa, Song Seon-mi, dan Jung Sung-mo ini akan menceritakan kehidupan Selir Istana Jo So-yeung yang kecantikannya berhasil meluluhkan Kaisar Injo dari Joseon (raja ke-16 dari Dinasti Joseon yang berkuasa antara tahun 1623 - 1649 di Korea Selatan). Dalam sejarah Korea, Kaisar Injo adalah kaisar yang paling lemah yang menyebabkan serangkaian perang yang mencoreng sejarah Kekaisaran Korea. Diantaranya adalah Perang melawan Pemberontak Yi Gwal (1624) dan perang melawan Manchu (1627) di mana dalam perang tersebut, Korea mengalami kekalahan dan kehilangan lebih dari 30,000 orang pasukannya.  Selama kepemimpinan Kaisar Injo pula, perekonomian Kekaisaran Korea mengalami keterpurukan. Satu-satunya hal yang bisa dibanggakan dari Kaisar Injo adalah kemampuannya menengahi konflik militer dalam negerinya yang sudah terjadi sejak tahun 1592. Itu pun berkat campur tangan Selir Jo So-yeung yang mendukung penuh sang kaisar. Bagaimana sepak terjang Selir Jo So-yeung? Serial ini layak untuk ditongkrongi. Serial produksi jTBC ini sudah mulai tayang sejak 23 Maret 2013.


7TH GRADE CIVIL SERVANT
Serial produksi MBC bergenre drama-komedi-eksyen 20 episode ini tayang 23 Januari - 28 Maret 2013 silam. Serial ini merupakan remake dari film layar lebar Korea My Girlfriend Is an Agent (2009). Serial yang diperani Choi Kang-hee, Joo Won, dan Hwang Chan-sung ini menceritakan tentang kehidupan para agen muda National Intelligence Service (Agen Inteligen Khusus Korea Selatan). Han Gil-ro (Joo Won) telah lama bercita-cita menjadi Agen Rahasia karena sejak kecil telah terinspirasi dengan sepak terjang James Bond. Kim Seo-won adalah calon agen rahasia yang ceroboh dan konyol. Keduanya dipersatukan dalam misi rahasia negara, dan mereka harus belajar untuk saling bergantung satu sama lain agar dapat menyelesaikan misi itu dengan baik. Serial ini mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari para penonton Korea. Terbukti dengan rating setiap serinya yang sangat bagus, walau pada akhirnya dikalahkan oleh That Winter, The Wind Blows dan Iris 2.


IRIS 2 : NEW GENERATION
Buat penggemar serial aksi super mahal Iris (2009), Anda bisa bersorak kegirangan karena Iris 2 sedang dan akan selesai tayang tanggal 18 April 2013 mendatang (debut tayang tanggal 13 Februari 2013).  Serial 20 episode ini diperani Jang Hyuk, Lee Da-hae, Lee Beom-soo, dan Oh Yeon-soo. Kisahnya merupakan kelanjutan dari IRIS yang pertama, dengan mengambil setting 3 tahun kemudian sejak kejadian terakhir di seri pertamanya. Dikisahkan NSS Task Force A Team pimpinan Jung Yoo-gun (Jang Hyuk) mendapatkan tantangan baru setelah menemukan bahwa kelompok rahasia IRIS punya pemimpin baru. Tanpa mereka ketahui, pemimpin baru IRIS ternyata adalah anggota tim mereka sendiri. Sama seperti seri pertamanya, Iris 2 mengambil lokasi shooting di banyak negara, seperti Budapest, Seoul, Hongaria, dan Akita (Jepang). Seri pertama serial ini mengambil lokasi shooting di Angkor Wat (Kamboja), di lokasi yang sama dengan yang digunakan di film Lara Croft : Tomb Raider (2001). Saat ditayangkan, Iris 2 berkompetisi ketat dengan serial 7th Grade Civil Servant (produksi MBC) dan That Winter, The Wind Blows (SBS). Memasuki episode terakhirnya, Iris 2 menduduki peringkat kedua setelah That Winter, The Wind Blows. Sedangkan 7th Grade Civil Servant berada di peringkat ketiga.


THAT WINTER, THE WIND BLOWS
Inilah serial televisi yang paling banyak ditonton masyarakat Korea Selatan di awal tahun 2013 ini. Serial melodrama romantis yang diperani Zo In-sung, Song Hye-kyo, Kim Bum,dan Jung Eun-ji ini diadaptasi dari serial drama Jepang berjudul I Don't Need Love, Summer (Ai Nante Irane Yo, Natsu) produksi TBS yang pernah populer di tahun 2002. Sebelumnya serial tersebut sudah pernah diadaptasi film layar lebar Korea berjudul Love Me Not (2006). Serial produksi SBS ini ditayangkan perdana 13 Februari 2013 dan berakhir 3 April 2013 dengan total 16 episode. Bertutur tentang Oh Soo (Zo In-sung), seorang penjudi dari Cheongdam yag sejak kecil telah dibuang orang tuanya ke panti asuhan. Nasib mempertemukannya dengan Oh Young (Song Hye-kyo), seorang wanita eksekutif muda yang mewarisi perusahaan keluarganya, namun hidup sendiri dan buta sejak kecil. Awalnya Oh Soo memanfaatkan Oh Young untuk kepentingannya mendapatkan harta gadis buta tersebut untuk membayar utang-utangnya, dengan berpura-pura sebagai saudara Oh Young. Namun perlahan-lahan, semakin dekat mengenal Oh Young, hati Oh Soo berubah menjadi simpati yang berkembang menjadi cinta.

Serial ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dari penonton Korea dan menduduki peringkat pertama sebagai seial yang paling banyak ditonton Maret 2013 silam. Bahkan lagu tema serial ini berjudul "A Winter Story" (dinyanyikan The One) dan "Snow Flower" (dinyanyikan Gummy) menduduki peringkat pertama dan kedua dalam Gaon Single Chart selama 2 pekan (24 Februari dan 2 Maret 2013).


HEAVEN'S ORDER
Serial yang juga dikenal dengan judul The Fugitive of Joseon ini adalah serial bergenre drama-thriller-misteri yang diperani Lee Dong-wook dan Song Ji-hyo. Produksi KBS2 ini baru akan tayang tanggal 24 April 2013 mendatang dengan total 24 episode. Kisahnya cukup menjanjikan dan menegangkan : Bersetting masa Kerajaan Raja Injong (1544-1545), serial ini mengisahkan tentang Choi Won (Lee Dong-wook), seorang ahli pengobatan kerajaan yang mencari obat untuk mengobati penyakit anaknya. Namun Choi Won  malah difitnah dan dituduh terlibat dalam rencana membunuh raja dengan racun.Choi Won berhasil melarikan diri, namun dia harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan nyawa anaknya dan nyawanya sendiri, serta mengungkap pelaku pembunuh raja demi membersihkan nama baiknya. 


WONDERFUL MAMA
Sebuah drama inspiratif produksi SBS yang cukup mengharukan baru-baru ini sedang mengharu-biru penonton Korea. Episode perdana serial ini baru tayang 13 April 2013 silam, bercerita tentang Yoon Bok-hee (diperankan oleh Bae Jong-ok), seorang wanita paruh baya kaya yang berprofesi sebagai lintah darat memiliki tiga orang anak yang masih remaja. Setelah terdiagnosa menderita Alzheimer, Yoon Bok-hee berusaha keras mendidik ketiga anaknya untuk bisa mendiri. Dan waktunya tidak banyak. Selain Bae Jong-ok, serial ini juga diperani oleh Jeong Yu-mi, Jung Hyu-woon, dan Lee Chung-ah. Siapkan tissue dan ember sebelum menonton serial ini, karena dipastikan akan menguras air mata Anda.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment