Recommended - THE WALKING DEAD (2010 - onward) - Part 1

Mungkin review ini agak "terlambat". Tapi tidak ada salahnya saya bahas serial ini sekarang. Selain karena peminat serial ini makin banyak (dan sudah mendunia), Season 3 serial ini baru selesai tayang 31 Maret 2013 silam. Season ke-4 serial ini akan mulai tayang Oktober 2013. Nah, sambil menuggu lanjutan serial eksyen-thriller- horror yang menegangkan ini, mari kita bahas mendalam serial ini. Mengingat banyaknya hal dari serial ini yang akan saya tulis, maka agar tidak membosankan dan berkepanjangan, artikel ini akan saya bagi dalam beberapa bagian terpisah.

The Walking Dead  adalah serial televisi produksi AMC yang diadaptasi dari komik berjudul sama produksi Image Comics. Awalnya, serial ini hanya dibuat sebagai mini seri 6 episode dan tidak direncanakan untuk dilanjutkan, mengingat konten di dalam seri ini cukup sadis dan berdarah-darah. Namun di luar dugaan, ratingnya cukup baik. Bahkan ketika serial in selesai penayangannya, muncul desakan dari penonton agar serial ini dibuat lanjutannya. Karena itu, serial ini kemudian dibuat Season 2 dan terus berlanjut hingga saat ini.

Episode pertama season 1 The Walking Dead ditayangkan perdana tanggal 31 Oktober 2010 dan keseluruhan season selesai tayang 5 Desember 2010. Serial 6 episode tersebut mengisahkan tentang seorang Deputy Sherif Rick Rhimes (diperani Andrew Lincoln) yang tersadar setelah koma dan berada di sebuah rumah sakit yang telah ditinggalkan. Saat keluar dari rumah sakit, dia menemukan bahwa kota tersebut sudah menjadi kota mati. Ketika berjumpa dengan para zombie di luar rumah sakit, Rick baru menyadari bahwa kotanya sudah menjadi kota zombie.

Rick berhasil lolos dari kejaran zombie dan mulai berpetualang di kota tersebut. Satu-persatu penduduk yang selamat berhasil ditemukannya, termasuk istrinya Lori (Sarah Wayne Callies), anaknya Carl (Chandler Riggs), wakil sheriff dan sahabatnya Shane Walsh (John Bernthal).

Kisahnya berkembang saat mereka berhasil menemukan lebih banyak lagi penduduk dan membentuk camp kecil yang mencari lokasi yang aman untuk menghindari kejaran zombie. Mereka menemukan sebuah lokasi bernama CDC yang tidak lain adalah laboratorium penelitian pemerintah. Di sanalah para penduduk itu mengetahui bahwa munculnya wabah zombie yang menghabiskan hampir semua manusia di bumi berasal dari laboratorium tersebut. Dr. Edwin Jenner, peneliti ahli laboratorium tersebut akhirnya memutuskan untuk menghancurkan lab. Season 1 berakhir dengan hancurnya lab tersebut, dan penduduk yang selamat - dipimpin Rick - melanjutkan petualangan mereka mencari lokasi yang aman.

Season 1 The Walking Dead  mendapatkan respon yang sangat positif dari pada kritikus. Bahkan serial ini masuk dalam nominasi berbagai ajang penghargaan bergengsi pertelevisian Amerika,seperti Writers Guild of America Awards 2011 (untuk Best New Series), Golden Globe Awards 2011 (untuk Best Television Series Drama), dan Saturn Awards 2011 (untuk 6 kategori sekaligus). Serial ini memenangkan penghargaan dalam 63rd Primetime Emmy Award (2011) untuk kategori Outstanding Prostheric Make-Up for A Series, Mini Series, Movie, or Special.

Season 2 (13 episode) ditayangkan 16 Oktober 2011 - 18 Maret 2012, dan menceritakan kelanjutan dari perjalanan Rick bersama 10 orang penduduk yang selamat (termasuk istri, anak, dan sahabatnya). Mereka bertemu dengan keluarga Hershel Green (Scott Wilson), yang tinggal di sebuah pedesaan terpencil yang tampak aman dari zombie.  Season 2 memfokuskan kisah pada hubungan kelompok Rick dan keluarga Hershel yang mana di beberapa akhir Season 2, terungkap jika Hershel menyimpan zombie yang tidak lain adalah anggota keluarganya yang sudah berubah wujud. Semua zombie tersebut akhirnya dihabisi oleh Rick dan kelompoknya, sehingga menimbulkan ketegangan dengan Hershel.

Season ini ditutup dengan adegan zombie mengepung rumah Hershel, kelompok Rick dan keluarga Hershel terpecah dan berpencar.

Secara kualitas dan performansi, Season 2 The Walking Dead berhasil mengungguli Season 1, bahkan menduduki peringkat pertama dalm rating Nielson sebagai serial yang paling banyak ditonton masyarakat Amerika. Selain itu, Season 2 berhasil memenangkan kembali penghargaan Outstanding Prosthetic Makeup for A Series, Mini Series, Movie, and Special dalam Primetime Emmy Awards, serta Best Television Presentation dalam Saturn Awards (2012).

Season 3 ditayangkan tanggal 14 Oktober 2012 - 31 Maret 2013 (total 16 episode), mengisahkan kejadian 8 bulan setelah kejadian di Season 2, dimana grup Rick dan Hershel berhasil menemukan penjara yang mereka gunakan sebagai benteng mereka untuk bertahan dari serangan zombie. Sementara itu, Andrea (Laurie Holden) - salah seorang anggota kelompok Rick yang terpisah di akhir Season 2 - berhasil selamat dan berkenalan dengan Michonne (Danai Gurira), seorang gadis bersenjata katana (sejenis samurai).

Andrea dan Michonne tanpa sengaja bertemu dengan kelompok pimpinan The Governor / Phillip Blake (David Morrisey) yang ternyata memiliki benteng yang berisi penduduk yang selamat dari serangan zombie. Satu ketika, Michonne memergoki kalau Governor menyekap beberapa zombie. Bahkan anak Governor sendiri adalah seorang zombie yang dibiarkan hidup. Michonne membunuh anak Governor dan menghabisi zombie yang disimpan Governor. Ketika tahu Michonne membunuh anaknya,Governor berusaha membunuh Michonne. Namun Michonne berhasil melukai mata Governor dan kabur.

Michonne diselamatkan oleh kelompok Rick. Ketika mengetahui ada kelompok penduduk lain yang selamat, dan mereka menolong Michonne, Governor berniat menghabisi kelompok Rick. Mereka menyerbu penjara tempat Rick dan kawan-kawan tinggal. Namun, Rick berhasil menghalau kelompok Governor.

Marah karena gagal menghabisi Rick, Governor menembaki para pengikutnya, lalu menghilang. Di akhir Season 3, para penduduk dari benteng Governor yang ketakutan, mengungsi dan berlindung di benteng tempat Rick tinggal.

Kisah dalam Season 4 belum dipublikasikan. Para pendukung serial ini pun baru akan memulai shooting mereka 6 Mei mendatang di Georgia. Namun ada beberapa bocoran yang sudah muncul di media berkenaan dengan Season 4 yang rencananya berjumlah 16 episode ini. Beberapa di antaranya :

TEMBAKAN & KEJAR-KEJARAN AKAN BERKURANG
Greg Nicotero - executive producer serial The Walking Dead - menjelaskan pada mingguan Entertainment Weekly bahwa Season 4 nanti akan lebih difokuskan pada perkembangkan karakter dan intensitas hubungan antar tokoh.  Hal ini dilakukan mengingat akan banyak karakter-karakter baru yang mencul dalam Season 4, sehingga membutuhkan satu waktu di mana penonton bisa lebih paham karakter tersebut, serta peran mereka sepanjang Season.

LEBIH BANYAK ELEMEN KOMIK
Jika dalam season-season sebelumnya, The Walking Dead banyak mencampurkan cerita komik dan dramatisasi yang dibuat oleh para penulis, maka Season 4 akan lebih banyak memunculkan memfokuskan cerita pada alur cerita di komik. Hal ini dikonfirmasikan oleh Robert Kirkman - salah satu kreator komik The Walking Dead - pada Comic Book Resources. Pihak produser The Walking Dead telah mendiskusikan dengan Kirkman dan memutuskan untuk lebih banyak menggunakan plot komik untuk Season 4, mengingat banyak fans komik The Walking Dead yang sudah sangat familiar dengan alur tersebut, dan menghendaki versi serial televisinya lebih setia mengikuti alur cerita komik.

THE GOVERNOR AKAN TAMPIL LAGI DI SEASON 4
Seperti yang ditampilkan di akhir episode Season 3, di mana Governor menghilang pasca kalah melawan Rick dan kelompoknya, di Season 4 ini dia akan muncul lagi. Norman Reedus (pemeran karakter Daryl Dixon) dalam wawancaranya dengan Wall Street Journal membenarkan hal itu. Bahkan, tambahnya, Governor - sama seperti alur dalam komik The Walking Dead - akan menjadi karakter antagonis utama sepanjang Season 4.

MAKIN BANYAK ZOMBIE
Kepada Comic Book Resources, Produser Gale Ann Hurd memberikan bocoran bahwa 8 episode pertama dari total 16 episode Season 4 ini akan memfokuskan cerita pada perang antara Rick dan kelompoknya dengan para zombie. Dan zombie tersebut akan dibuat lebih ganas dan makin tidak terprediksi. Tampaknya untuk menonton 8 episode awal ini, para penonton wajib memiliki tabung oksigen dan alat pacu jantung karena banyaknya adegan yang menegangkan serta mengejutkan.

MUSUH DALAM SELIMUT
Produser Gale Ann Hurd juga membisikkan bahwa akan ada musuh dalam selimut dalam kelompok Rick yang akan menghianati Rick. Dan penghianat itu baru akan terungkap dalam episode terakhir Season 4. Siapa dia? Gale Ann hanya tertawa, lalu menutup mulutnya. 

PERUBAHAN EKSTRIM PADA RICK RHIMES
Berhadapan dengan zombie yang tiada habisnya, kehilangan istrinya (di season 3), dan pertarungannya dengan Governor, serta tekanan agar dirinya menjadi pemimpin yang dapat "diteladani", jelas membuat Rick Rhimes mengalami tekanan mental yang berat. Hal inilah yang akan diangkat juga sebagai bagian cerita di Season 4. Di Season 3, para penonton sudah melihat sosok Rick yang mulai sering galau sejak istrinya meninggal.Maka di Season 4, "kegalauan" Rick akan semakin memuncak, yang akan membuatnya sering berselisih paham dengan anggota kelompok - termasuk Carl, anaknya - dan berujung pada penghianatan yang akan dilakukan oleh kelompoknya sendiri. Walau demikian, Rick akan memiliki sahabat baru yang akan menolongnya.

WHO IS ROY STARK?
Satu karakter baru The Walking Dead yang akan muncul di Season 4 dan menjadi perbicangan fans adalah Roy Stark. Sejak akhir Maret 2013 silam, karakter ini banyak dibahas oleh media. Bahkan para eksekutif The Walking Dead secara khusus mengumumkan rencana audisi aktor untuk memerani karakter ini. Hal ini jelas mengundang pertanyaan karena karakter ini tidak pernah ada di serial komik. Selain itu, karakter ini memiliki nama yang mirip dengan salah satu karakter dalam serial "Game of Thrones" : Robb Stark. Para fans berspekulasi kalau nama karakter "Roy Stark" tersebut adalah nama samaran untuk karakter "Abraham Ford". Karakter ini memang ada di komik. Ford adalah mantan Sersan sebuah angkatan militer yang akan menjadi rekan dan sahabat Rick. Mereka akan bahu-membahu berjuang melawan Governor dan pasukan barunya. Pihak eksekutif The Walking Dead belum berkomentar mengenai spekulasi ini.,Yang pasti, proses audisi untuk mencari pemeran Roy Stark hingga hari ini masih berlangsung.


(Next Article about The Walking Dead : Suprise..... ^_^....)





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment