The Best Top 5 Rating TV Drama Hongkong 2013

TVB adalah salah satu stasiun televisi Hong Kong yang dikenal dengan serial sinetron produksinya yang tidak saja dikenal oleh penonton Hong Kong, namun juga mendunia. Bahkan tidak sedikit sinetron TVB menjadi legenda dan masih diminati oleh masyarakat dunia hingga hari ini. Beberapa di antaranya adalah The Bund (Chow Yun Fa; 1981), The Legend of Condor Heroes (Felix Wong; 1981) dan Return of Condor Heroes (Andy Lau, Idy Chan; 1982). Berkat TVB pula, banyak aktor-aktor kawakan yang lahir dan dikenal publik dunia. Beberapa diantaranya adalah Andy Lau, Felix Wong, Chow Yun Fa, Ng Meng Tat, Tony Leung, Michael Tse, Roger Kwok, Carina Lau, dan lain-lain.

Hingga hari ini pun TVB masih memproduksi serial-serial sinetron yang mampu menarik perhatian tidak saja penonton Hong Kong dan daratan China, tapi juga dunia (termasuk Indonesia). Berikut ini adalah 5 besar Top Rating sinetron TVB 2012 - 2013 :

1. INBOUND TROUBLES (老表,你好嘢)
Ditayangkan sejak 14 Januari - 8 Februari 2013 silam di stasiun televisi TVB Jade, serial berdurasi 1 jam dengan total 20 episode ini diperani  Roger Kwok, Wong Cho Lam, Joey Meng, Ivana Wong, dan Angela Tong. Serial ini disebut-sebut sebagai serial paling realistis yang menggambarkan kehidupan masyarakat Hong Kong saat ini. Tidak heran, serial ini meraih rating yang sangat tinggi (rata-rata 23 - 28, artinya setiap episodenya ditonton 2.3 - 2.8 juta orang).


Kisahnya sendiri tentang Ng Ka Yee (Roger Kwok) yang bekerja sebagai Tour Guide di sebuah travel agent di Hong Kong yang hidup bersama kekasihnya Szema Shuk Ching (Angela Tong). Naas menimpa mereka, ketika seseorang menipu mereka, sehingga harta mereka habis dan bahkan harus menanggung hutang yang cukup besar akibat penipuan tersebut. Saat berjuang menyelesaikan masalah hutangnya, Ka Yee harus harus menghadapi fakta jika biduk rumah tangganya tergoncang setelah istrinya berselingkuh dengan sahabatnya, dan meminta cerai. Masalah belum juga berakhir ketika dia harus bolak-balik mengurusi saudara sepupunya - Choi Sum (Wong Cho Lam) asal Dongguan yang bercita-cita menjadi penyanyi populer di Hong Kong - yang malah sering membuat ulah dan membuatnya harus selalu berurusan dengan pihak berwajib. Ditambah lagi adik perempuannya yang pulang dari Taiwan dan berbohong pada Ka Yee kalau sudah lulus kuliah dari Taiwan (padahal justru berfoya-foya di sana). Pulang ke Hong Kong, sang adik justru menambah beban hidup Ka Yee. Dengan tekanan hidup yang cukup hebat, Ka Yee harus berjuang untuk dapat menyelesaikan semua masalah, serta membuka lembaran hidup baru yang lebih baik.

Di Hong Kong, serial ini banyak mendapatkan pujian dan menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat. Namun di China, Inbound Troubles justru mendapatkan kecaman dan mendulang kontroversi serta kecaman karena dinilai terlalu menampilkan pencitraan negatif terhadap masyarakat China. Saat TVB berencana merilis serial ini di China, Kementrian Perfilman China menerapkan aturan sensor yang sangat tidak masuk akal terhadap serial ini. Bahkan produser serial ini ditekan untuk mengubah naskah dan membuat ulang serial ini jika ingin serial tersebut bisa tayang di China.

Akibat tekanan itu, maka serial Inbound Troubles tidak jadi ditayangkan di China. Namun masyarakat China yang ingin menonton serial ini dapat menontonnya lewat video streaming di internet.

Melihat respon masyarakat terhadap serial ini, TVB telah berencana untuk membuat sekuel serial ini. Tidak hanya itu, TVB pun telah mempersiapkan versi layar lebar serta spin-off serial Inbound Troubles ini. Seperti apa sih dasyatnya serial ini, hingga mampu membuat Pemerintah China seperti kebakaran jenggot? Kita tunggu saja peredaran serial ini dalam waktu dekat di stasiun televisi swasta Indonesia.


 
2. FRIENDLY FIRE (法網狙擊)
Michael Tse rasanya berhak untuk dijuluki "Raja Sinetron TVB Abad 21". Hampir semua serial yang diperaninya selalu menduduki peringkat 5 Besar sebagai tayangan paling diminati. Sejak populer memerani Laughing Gor dalam serial TVB Emergency Unit (2009), namanya menjadi harum dan ramai dibicarakan banyak orang. Sejak itu, setiap tahun dia selalu mendapat tawaran TVB untuk bermain dalam minimal 2 serial produksinya, yang mana kesemuanya selalu mendapatkan respon yang baik dari pemirsa Hong kong dan China.

Tahun 2011 silam, Tse hanya bermain dalam 1 serial TVB (Lives of Omission) karena harus mendekam dalam penjara gara-gara mabuk saat mengemudikan kendaraan. Usai menjalani hukuman, Tse kini kembali lagi membuktikan pada publik kalau dia layak mendapat predikat "Raja Sinetron TVB". Setidaknya di tahun ini, ada 2 serialnya yang masuk 5 Besar Serial Drama dengan Rating Tertinggi di Hongkong. Salah satunya adalah serial ini.

Selain Tse, serial ini juga didukung oleh Tavia Yeung, Sammy Leung, dan Sharon Chan. Dengan total 26 episode dan bergenre legal drama (drama tentang dunia peradilan), serial yang ditayangkan di stasiun TVB Jade ini sejak 18 Desember 2012 - 19 Januari 2013 ini bercerita tentang hubungan Pengacara Kam Cho Chan (Michael Tse) dan Jaksa Fong Tin-Lam (Tavia Cheung) yang semula adalah pasangan kekasih, namun berpisah karena berselisih beberapa saat menjelang pernikahan mereka. Beberapa tahun kemudian, keduanya bertemu lagi dan harus bekerja sama kembali.

Selain kisah asmara tarik-ulur antara Cho Chan dan Tin Lam, serial ini pun mengisahkan Detektif Kam Po-Tei (Sammy Leung), saudara angkat Cho Chan, yang bahu-membahu dengan Cho Chan dalam menginvestigasi kasus kriminal. Diam-diam Po Tei jatuh hati pada Ngai Mei-San (Sharon Chan), rekan satu profesinya, yang ternyata sudah punya tunangan. Di tengah usaha Po Tei mendekati Mei San, sebuah kasus pembunuhan sadis terjadi yang melibatkan seorang wanita kaya. Po Tei dan Mei San ditugaskan untuk dapat bekerja sama mengungkap kasus itu. Tugas inilah yang mendekatkan mereka berdua, dan menyadarkan keduanya bahwa mereka saling membutuhkan.

Serial ini menduduki peringkat kedua tayangan paling banyak ditonton pemirsa Hong Kong di mana rata-rata 1.8 juta orang Hong Kong dan China menonton episode serial ini.


3. SERGEANT TABLOID (女警愛作戰)
Ini adalah serian kedua Michael Tse yang juga mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat Hong Kong. Ditayangkan tanggal 11 Maret - 5 april 2013 di TVB Jade, serial ini sebenarnya menceritakan kisah cinta 8 polwan dari satuan Emergency Unit Kepolisian Hong Kong, dengan mengambil sudut pandang cerita dari Lui Fei Hap (Niki Chow), seorang polwan berpangkat Sersan Senior. Fei Hap adalah polwan berusia 31 tahun yang telah mengalami putus cinta berkali-kali. Hingga akhirnya dia berkenalan dengan seorang "pria sejati" bernama Tung Siu Leung (Vincent Wong) yang berhasil mencuri hatinya kembali. Namun ternyata Siu Leung adalah bandar narkoba, yang justru kedoknya baru diketahui Fei Hap ketika tanpa sengaja menangkapnya dalam suatu penggerebekan.

Dalam kisah lain, Fei Hap juga berkenalan dengan seorang reporter bernama Gordon Lam (Michael Tse). Hubungan keduanya bak kucing-anjing, dan selalu berselisih karena perbedaan kepentingan saat menghadapi suatu kejadian, terutama kejadian di sebuah TKP, tempat sebuah aksi kejahatan terjadi. Walau demikian, dalam beberapa kesempatan, mereka berdua dapat saling menolong, dan menyingkap kasus bersama. Inilah yang nantinya menjadi jembatan untuk menyatukan kedua hati mereka.

Selain kisah cinta, Fei Hap dan rekan-rekannya harus pula menghadapi masalah di dunia kerja mereka yang keras. Terlebih setelah hadirnya Komandan Kiu (Mandy Wong) - yang dijuluki Madam Kill - yang perfeksionis dan menuntut kesempurnaan dalam divisinya.

Serial dengan total 21 episode ini diperani oleh Niki Chow, Michael Tse, Mandy Wong, Matthew Ko, dan Oceane Zhu. Serial Sergeant Tabloid adalah serial pertama TVB di awal tahun ini yang hak penayangannya dibeli oleh stasiun televisi di luar Hong Kong, yaitu TVBJ (Australia), Astro on Demand (Malaysia), dan TVBe (Amerika Serikat). Secara serentak serial ini disiarkan di negara-negara tersebut tanggal 2 April 2013 silam.


4. MISSING YOU (幸福摩天輪)
Serial drama ini menceritakan tentang sebuah organisasi nirlaba bernama Yang Ming Federation di mana salah satu departemen organisasi itu adalah Tracing Department yang tugasnya membantu keluarga yang kehilangan anggota keluarga mereka, entah karena perang, bencana alam, atau hal lain.

Secara garis besar, serial dengan total 20 episode ini terbagi dalam 6 segmen yang menampilkan kasus yang berbeda. Dua kasus terakhir serial ini melibatkan salah satu anggota Tracing Department yang mana nantinya akan mengubah kehidupan dan masa depan departemen tersebut.

Diperani Linda Chung, Jason Chan, Calvin Chan, Cilla Kung, dan Lin Xia Wei, serial yang ditayangkan 18 Desember 2012 - 11 Januari 2013 ini mendapatkan tempat di hati para penonton Hong Kong dan China di mana rata-rata ada 1.66 juta masyarakat Hong Kong dan China menonton serial ini.


5. REALITY CHECK (心路GPS)
Drama mengharukan dengan total 20 episode ini ditayangkan 18 Februari - 15 Maret 2013 silam di TVB Jade. Dengan mengambil latar belakang kehidupan dunia pertelevisian, serial ini bertutur tentang produser TV Summer Ha (Ruco Chan) yang membuat sebuah reality-show tentang seorang remaja China yang tinggal di Hong Kong bernama Sky Leung (Hero Yeun) yang berencana kembali ke negara kelahirannya untuk hidup di dalam kesederhanaan. Sepanjang pembuatan acara tersebut, Summer Ha menjadi saksi beratnya tantangan yang dihadapi Sky untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya di pedesaan China.

Sementara itu, sepanjang pembuatan acara tersebut, Summer pun menghadapi masalah ketika banyak stafnya yang tiba-tiba mengundurkan diri. Hal ini memaksanya memutar otak dengan cepat agar mendapatkan pengganti agar acaranya tetap bisa berjalan. Selain itu, hubungan kurang baik antara Ibu Angkat dan Ibu Kandung Summer turut pula menjadi bagian dalam serial ini.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment