TV Series Review - ARROW (2012 - onward)

Salah satu serial televisi yang lagi "happening" dan merupakan salah satu serial televisi favorit saya saat ini adalah ARROW. Serial ini menceritakan tentang sepak terjang Green Arrow, pahlawan pelindung kota Starling City yang memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa serta bersenjatakan busur dan panah layaknya Robin Hood.

Diproduksi The CW Studio (yang juga memproduksi serial televisi SMALLVILLE) dan ditayangkan di saluran televisi kabel sejak tanggal 10 Oktober 2012, serial ini langsung memikat banyak penonton. Hal ini dapat dilihat dari rating serial ini yang selalu berkisar di antara 3 - 4 (artinya rata-rata terdapat 3-4 juta orang penonton menyaksikan serial ini setiap minggunya). Saat artikel ini dibuat, di Amerika Serikat, serial ARROW baru tayang 18 episode Season 1 dari total 23 episode. Rencananya Season 1 akan selesai tayang tanggal 15 Mei 2013. Pihak The CW Studio sudah memberikan konfirmasi kalau Season 2 Arrow akan segera dibuat untuk ditayangkan akhir tahun 2013.

Serial yang ceritanya dikembangkan oleh Greg Berlanti, Marc Guggenheim, dan Andrew Kreisberg ini mengisahkan tentang Oliver Queen (diperani Stephen Amell), anak multi-jutawan Robert Queen, yang kembali ke Starling City setelah 5 tahun menghilang karena Queen's Gambit - kapal pesiar yang ditumpangi dirinya dan ayahnya - tenggelam dihantam badai. Kepulangannya disambut sangat bahagia oleh ibunya, Moira Queen (Susanna Thompson), dan adiknya, Thea Queen (Willa Holland).

Tanpa diketahui semua orang, saat menghilang, Oliver ternyata terdampar di sebuah pulau dekat kawasan China. Di sana, dia diselamatkan oleh seorang mantan tentara China bernama Yao Fei (Byron Mann) yang mengajarinya teknik bela diri dan memanah. Di pulau itu pulalah, Oliver mendapatkan catatan ayahnya yang menginformasikan tentang adanya organisasi rahasia yang anggotanya para milyuner Starling City yang membuat masyarakat kota tersebut hidup menderita. Dibantu Yao Fei, Oliver menempa dirinya dan bersiap untuk menghadapi para kriminal berkerah putih Starling City.

Maka sepulang ke Starling City, di siang hari Oliver berperan sebagai pengusaha klab malam. Namun di malam hari bertindak sebagai seorang pembasmi kejahatan yang mengenakan pakaian berkerudung hijau, bersenjatakan busur dan panah. Dalam melakukan aksinya, Oliver dibantu oleh John Diggle (David Ramsey), bodyguard-nya yang mantan marinir.

Tindakannya yang dianggap melanggar hukum dan main hakim sendiri tersebut, membuat gerah Detektif Quentin Lance (Paul Blackthorne). Sang detektif - yang juga ayah dari mantan kekasihnya (yang kelak akan balik menjadi kekasih Queen kembali), Laurel Lance (Katie Cassidy) - berjuang keras untuk menangkap pahlawan bertopeng tersebut. Karena itu, Oliver terus memutar otak untuk dapat terus menghindari jebakan yang dibuat sang detektif, sembari terus menghabisi para kriminal yang menggerogoti kotanya.

Serial ini dipenuhi dengan aksi stunt dan adegan perkelahian yang tidak saja asyik untuk ditonton, namun juga mengundang decak kagum dan membuat nafas tertahan. Saya bisa katakan sebagai sebuah serial televisi, ARROW berada di atas rata-rata. Alur ceritanya pun cukup menarik karena selain konspirasi yang menegangkan, juga ada kisah cinta Oliver dan Laurel yang tarik-ulur sepanjang season. Bisa dikatakan serial ini sangat menarik dan oke banget untuk ditonton.


THE HISTORY OF GREEN ARROW :
Green Arrow adalah komik superhero kreasi Morton Weisinger dan digambar oleh George Papp, yang diterbitkan oleh DC Comics. Karakter ini pertama kali muncul di More Fun Comics edisi 73 (November 1941). Dalam pemunculan awalnya, Green Arrow sering dipasangkan dengan Speedy, side-kick Green Arrow yang juga ahli dalam memanah.

Selanjutnya Green Arrow sering muncul sebagai karakter tamu dalam berbagai komik tokoh superhero lain, seperti Batman. Dalam kisah komiknya, diceritakan Oliver Queen adalah Gubernur Star City yang di malam hari berubah menjadi superhero pembasmi kejahatan bernama Green Arrow. Bersenjatakan panah dan busur, serta memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa, Green Arrow berjuang melindungi penduduk Star City dari para kriminal.

Dalam 20 tahun pertama kemunculannya (1941 - 1960), karakter ini tidaklah sepopuler sekarang, bahkan dipandang sebelah mata oleh banyak pembaca komik.

Karakter Green Arrow mulai mendapatkan perhatian masyarakat setelah pada akhir tahun 1960, penulis komik Denny O'Neill mengubah format cerita Green Arrow di mana dikisahkan Oliver Queen kehilangan semua harta bendanya dan mendedikasikan hidupnya secara total sebagai pembela kebenaran. Di era tahun 1970 - akhir 1980an, Green Arrow dipasangkan bersama Green Lantern. Hasilnya cukup menggembirakan dan karakter ini segera mendapatkan perhatian pecinta komik Amerika. 

Tahun 1990, petualangan Oliver Queen dihentikan dan karakter ini dibuat tewas, lalu digantikan Connor Hawke, anak Oliver Queen yang kelak menjadi Green Arrow Generasi Kedua. Sayangnya, karakter Hawke kurang diminati pembaca dan penjualan komik Green Arrow menurun tajam. Tahun 2001, karakter Oliver Queen kembali dihidupkan oleh penulis komik Kevin Smith, yang kemudian mengembangkan alur cerita yang lebih kompleks. Dalam cerita tersebut, Green Arrow dipasangkan dengan Black Canary, yang kelak menjadi istrnya. 

Hingga hari ini, komik Green Arrow masih diproduksi. Selain terbit sebagai komik tersendiri, Green Arrow sering ditampilkan sebagai bintang tamu dalam beberapa komik lain, seperti komik 12 seri fenomenal Crisis On Infinited Earths (di mana dalam salah satu seri Green Arrow tewas, namun hidup kembali), The Dark Knight Returns dan Batman : The Dark Knight Strikes Again karya Frank Miller. Dalam The Dark Knight Strikes Again, Oliver Queen dikisahkan harus kehilangan tangannya dalam sebuah pertarungan, namun dia masih tetap mampu menunjukkan kemampuannya memanah, dengan menggunakan giginya untuk menarik tali busur.

Green Arrow juga muncul dalam komik 4 seri legendaris Kingdom Come karya Alex Ross dan Mark Waid. Komik ini menceritakan kehidupan para super hero legendaris (Superman, Batman, Wonder Woman, Hawkman, dan lain-lain) yang telah menua dan berniat mundur dari aksi super hero mereka. Namun kejahatan di dunia meningkat, ditambah lagi munculnya konflik antar pahlawan super, membuat para super hero harus kembali muncul ke dunia. Sebagian berusaha bersatu, namun sebagian lagi berusaha mengalahkan yang lain. Dalam komik ini, Oliver Queen menjadi salah satu anggota kelompok Batman dan berhadapan dengan kelompok pimpinan Superman.


TRIVIA FACTS :
Ada sedikit perbedaan identitas Oliver Queen pada komik dan serial televisi Arrow. Dalam komik, Oliver Queen adalah Gubernur Star City. Sedangkan dalam serial televisi Arrow, Queen adalah anak milyuner yang tinggal di Starling City.

Begitu juga dengan kostum Green Arrow, terdapat perbedaan antara komik dan serial televisi Arrow. Dalam komik, Green Arrow awalnya mengenakan topeng kecil penutup mata dan mengenakan topi bergaya Robin Hood warna hijau. Walau pernah tampil tanpa topi, dan beberapa kesempatan mengenakan hood (penutup kepala), Green Arrow tidak pernah lepas dari topeng penutup matanya. Dalam serial televisi, Green Arrow selalu mengenakan hood dan mengolesi sekitar matanya dengan cat berwarna hijau, tidak pernah mengenakan topeng seperti versi komik.

Oliver Queen versi komik memiliki janggut panjang dan rambutnya pirang emas. Sedangkan versi serial televisi, Queen ditampilkan brewokan dan rambutnya pirang gelap.

Dalam versi komik - di awal- awal pemunculannya - Green Arrow selalu ditemani oleh sidekick-nya bernama Speedy, yang merupakan karakter kontroversi karena pernah menjadi pengguna narkoba. Di versi televisi, adik Oliver Queen - Thea Queen - punya nama panggilan Speedy yang juga pecandu narkoba.

Rumah Oliver Queen yang digunakan dalam serial televisi Arrow adalah rumah yang sama dengan rumah Lex Luthor dalam serial televisi Smallville dan kastil Profesor Xavier dalam film layar lebar trilogi X-Men. Rumah tersebut aslinya adalah Hatley Castle yang terletak di Hatley Park National Historic Site yang berlokasi di Colwood, British Columbia.

Nama asli karakter Laurel Lance yang ada di serial televisi Arrow adalah Dinah Lance, yang tidak lain adalah nama asli dari karakter super hero Black Canary, yang kelak adalah istri Green Arrow.

Anda akan sering mendengar nama Coast City disebut-sebut dalam beberapa episode Arrow. Dalam komik, Coast City adalah kota kelahiran Hal Jordan, Green Lanter era Perak.

Nama klub malam milik Oliver Queen dalam serial televisi Arrow adalah Verdant, yang berarti "warna hijau cerah" dengan bentuk huruf "V" yang dibentuk mirip dengan anak mata panah.

Dalam serial Arrow(episode 11-12), Thea Queen menggunakan narkoba jenis Vertigo yang salah satu efek sampingnya adalah membuat penggunanya pusing. Narkoba jenis ini dikembangkan dan diedarkan oleh seorang pemimpin mafia bernama The Count. Dalam versi komik, Vertigo adalah salah satu musuh bebuyutan Green Arrow. Karakter antagonis yang bernama lengkap Count Vertigo ini memiliki kemampuan untuk membuat orang merasa pusing dan kehilangan tenaga.

Bagi penikmat serial televisi Smallville akan menemukan "kebingungan" saat menonton Arrow. Soalnya di serial Smallville, Oliver Queen dikisahkan menikah dengan Chloe Sullivan, sahabat Clark Kent. Sedangkan dalam versi Arrow, Queen akan dikisahkan akan menikah dengan Laurel Lance. Jangan bingung, memang aslinya dalam komik, istri Oliver Queen adalah Laurel Lance. Serial Arrow memang dibuat dengan mengikuti alur yang mirip dengan versi komiknya. Keseluruhan kisah Arrow tidak ada hubungannya dengan Smallville, walau Oliver Queen pernah muncul di serial Superman tersebut.














NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment