Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang STAR TREK

Saat ini film Star Trek Into Darkness sedang diputar di seluruh bioskop dunia, termasuk Indonesia. Sambil menonton film tersebut, tidak ada salahnya Anda tahu hal-hal unik dan mencengangkan- yang tidak banyak diketahui orang - berikut ini :

Star Trek pertama kali ditayangkan di stasiun televisi NBC 8 September 1966. Setelah ditayangkan selama 3 season, maka pada tanggal 3 Juni 1969, NBC memutuskan menghentikan penayangan serial ini. Keputusan tersebut mendapat reaksi keras dari para penonton yang menuntut dibuatkannya kembali serial tersebut. NBC akhirnya menayangulangkan serial tersebut ke televisi dan tidak pernah membuat lagi season baru dari serial ini, hingga tahun 1973 dimana serial tersebut dibuat kembali dalam versi animasi. Tiga season serial Star Trek yang dibuat tahun 1966 - 1969 ini dikenal sebagai sebutan Star Trek TOS (Star Trek The Original Series).

Pesawat ruang angkasa NASA pertama bernama Enterprise, yang terinspirasi dari nama pesawat USS Enterprise di serial televisi Star Trek.

"Beam me up, Scotty!" adalah salah satu kalmat klasik yang dikenal banyak penggemar Star Trek. Kalimat itu "diyakini" sebagai kalimat yang biasa diucapkan Captain Kirk (pemimpin pesawat USS Enterprise) saat meminta bawahannya, Scotty, untuk membawa kembali dirinya kembali ke pesawat. Well... memang benar Captain Kirk selalu meminta Scotty melakukan tugas itu, tetapi kalimat yang diucapkannya adalah, "Scotty, beam us up!"

Flip Open Communicator yang digunakan oleh para kru Enterprise sebagai alat komunikasi diyakini sebagai model pertama ponsel yang kita pakai di masa sekarang.

Salam Vulcan yang terkenal dan dilakukan Mister Spock dalam film Star Trek diciptakan oleh Leonard Nimoy, pemeran pertama Mister Spock dalam serial televisi Star Trek TOS. Salam tersebut (di mana jari kelinking dan manis menempel ke satu arah, serta jari tengah dan telunjuk menempel ke arah yang berbeda) didapat Nimoy saat melihat Pendeta Yahudi Kohanim melakukan pemberkatan kepada jemaatnya.

Awalnya, pemimpin pesawat USS Enterprise adalah perempuan. Namun karena NBC tidak setuju, maka pemimpin USS Enterprise diganti menjadi pria, yaitu Captain Kirk.

Star Trek adalah serial televisi pertama yang menampilkan adegan ciuman beda ras, di mana Captain Kirk berkulit putih digambarkan berciuman dengan Letnan Uhura yang berkulit hitam. Episode tersebut ditayangkan tahun 1968, tahun yang sama di mana Martin Luther King - pembela hak asasi manusia - tewas dibunuh.

Seragam yang dikenakan para kru USS Enterprise dibagi dalam 4 warna: Kuning, Biru, Merah, dan Putih. Jika diperhatikan dengan seksama, maka Anda akan temukan bahwa kru berseragam warna Merah lebih sering mati terbunuh daripada kru berseragam warna lain.

Para fans Star Trek dipanggil dengan nama Trekkies / Trekkers.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment