Film Hong Kong Paling Ditunggu Di Tahun 2013

Tahun 2013 ini, akan banyak film Hong Kong yang perlu diberi catatan dan ditandai sebagai film "wajib tonton". Sebagian besar sudah menjadi pembicaraan walau filmnnya sendiri masih belum selesai diproduksi. Tidak ada salahnya Anda pun mengetahui film apa saja yang mendapatkan rekomendasi saya untuk ditongkrongi saat beredar nanti.

Semua film yang saya sebutkan berikut ini masih dalam proses produksi sehingga tanggal rilisnya belum pasti. Namun dipastikan semuanya akan dirilis tahun 2013 ini.

IP MAN 3
Bagi para fans Ip Man, tentu akan mengenyitkan kening karena "setahu" Anda, Ip Man sudah diproduksi 5 seri : Ip Man (2008), Ip Man 2 (2009), Ip Man - The Legend is Born (2010), The Grandmasters (2012), dan Ip Man : The Final Fight (2013). Well... mungkin perlu dijelaskan bahwa di Hong Kong, film yang dianggap "film resmi" semi-biografi Ip Man adalah film yang diperani Donnie Yen serta disutradarai oleh Wilson Yip. Dan Ip Man 3 yang saya rekomendasikan di sini adalah Ip Man versi "film resmi".

Alur cerita film ini akan lebih berfokus pada hubungan antara Ip Man dan salah satu murid legendarisnya : Bruce Lee, serta proses pelatihan yang dialami Bruce Lee selama dibimbing oleh Ip Man. Skenarionya dibuat oleh Edmond Wong, anak Raymond Wong (produser trilogi Ip Man). Bulan April 2013 silam, Donnie Yen telah menyatakan kesediaannya memerani Ip Man untuk ketiga kalinya. Untuk pemeran Bruce Lee, hingga saat ini pihak produser sedang melakukan audisi, mengingat mereka mencari pemeran berusia 16 tahun yang memiliki wajah serta gaya yang mirip dengan sang Raja Kung Fu tersebut.  Sutradara film tersebut masih dipercayakan ada Wilson Yip. Walau pemeran Bruce Lee belum ditemukan, namun shooting film ini sudah berlangsung dan direncanakan sudah dapat disaksikan penonton akhir tahun 2013 ini, atau akhir Januari 2014. Film ini akan dibuat dalam format 3D agar penonton dapat merasakan langsung dasyatnya jurus-jurus Wing Chun.


HONGKONG POLICE STORY 2013
Salah satu film franchise Jackie Chan yang populer sepanjang masa adalah franchise Police Story. Film Police Story 1 (1985) sudah diakui dunia sebagai film dengan aksi stunt paling banyak dan ekstrim sepanjang masa. Di film ini pula, nama Jackie Chan mulai dikenal publik sebagai aktor yang memerani sendiri semua aksi stunt di hampir semua scene. Tidak heran jika Jackie Chan mengalami luka parah yang cukup serius selama memerani semua sekuel Police Story.

Saat ini Police Story telah dibuat hingga 5 seri (Police Story 1 (1985); Police Story 2 (1988); Police Story 3 : Super Cop (1992); Police Story 4 : First Strike (1996); New Police Story (2004)). Pada November 2012 silam, Jackie Chan memberikan konfirmasi untuk membuat seri keenam dari Police Story. Judul sementara yang digunakannya adalah Hong Kong Police Story 2013. Berbeda dengan kelima franchise Police Story sebelumnya (dalam kelima seri Police Story, Jackie berperan sebagai Kevin Chan, seorang polisi Hong Kong yang terkenal dengan gaya nekadnya), di seri terbaru ini, Jackie akan berperan seorang polisi China yang kaku dan keras. Sangat jauh berbeda dengan gayanya yang dikenal humoris dan slengeg'an. Akan seperti apa gaya Jackie Chan nanti? Tunggu saja jadwal edarnya.


SPL 2
SPL (Sha Po Lang) adalah salah satu film eksyen super keras produksi tahun 2005 favorit saya. Film yang disutradarai Wilson Yip ini menceritakan tentang aksi seorang polisi Hong Kong membekuk seorang pemimpin triad. Film ini menjadi legenda tersendiri di kalangan para penikmat film eksyen karena koreografi aksi bela diri yang ditampilkan dalam film ini benar-benar brutal dengan aksi perkelahian yang tidak lazim. Donnie Yen - selaku pemeran utama dan juga koreografer bela diri film tersebut - memadukan banyak gerakan bela diri yang tidak lazim ke dalam film tersebut (mulai dari Brazillian jiujitsu hingga Gulat Mongol). Bahkan beberapa gaya eksekusi menghabisi musuh yang ditampilkannya di film tersebut sedikit-banyak mengingatkan saya pada aksi perkelahian para jagoan UFC (Ultimate Fighting Championship).

Di tahun ini, SPL telah dikornfirmasi akan dibuat sekuelnya. Paco Wong akan menggantikan Wilson Yip sebagai sutradara. Donnie Yen, Simon Yam, dan Sammo Hung yang merupakan tiga pemeran utama dalam SPL pertama belum memberikan kepastian keikutsertaan mereka dalam sekuel ini. Hingga saat ini, jalan cerita SPL 2 masih dirahasiakan, dan proses produksi akan berlangsung dalam waktu dekat ini.


THE MONKEY KING
Ini adalah film kolosal yang gaungnya sudah terdengar sejak tahun 2010. Film berformat 3D yang diproduksi dengan dana HKD$ 500 juta ini merupakan film ambisius terbesar yang pernah dibuat oleh perfilman Hong Kong saat ini. Diperani artis papan atas Hong Kong seperti Donnie Yen, Chow Yun Fat, Aaron Kwok, Gigi Leung, Kelly Chen, Peter Ho, dan lain-lain, film arahan sutradara Cheung Pou Soi ini akan berfokus pada aksi liar Sung Go Kong yang memberontak dan mengacak-acak Kerajaan Langit. Awalnya film ini akan dirilis awal tahun 2013, kemudian bergeser ke bulan Juli 2013, dan terakhir jadwal edarnya berubah kembali menjadi 11 November 2013. Mudah-mudahan tidak geser lagi ya...


INFERNO 3D
Sudah lama rasanya tidak mendengar duo sutradara bersaudara Pang (Danny dan Oxide Pang) bersatu membuat film kembali. Dua bersaudara kelahiran Thailand ini memulai karir penyutradaraan sejak 1999, saat masih tinggal di negara kelahiran mereka dan merilis film Bangkok Dangerous (1999). Sukses dengan film itu, mereka kemudian membuat terobosan dengan membuat film The Eye (2002), film Hong Kong bergenre horror. Film inilah yang membuat nama mereka langsung dikenal dunia. Sejak itu, keduanya identik sebagai sutradara spesialis film horror, walau sebenarnya karya mereka tidak melulu horror.

Kreasi terbaru mereka adalah Inferno 3D yang saat ini sedang dalam proses produksi. Film disaster yang diperani Sean Lau dan Louis Koo ini akan menceritakan tentang perjuangan dua petugas pemadam kebakaran yang harus bertarung dalam sebuah bencana kebakaran dasyat. Rencananya film ini akan beredar Desember 2013 mendatang.


DETECTIVE DEE THE PREQUEL
Tahun 2010 silam, Tsui Hark merilis film Detective Dee and The Mystey of the Phantom Flame. Film yang diperani Andy Lau, Carina Lau, dan Li Bing Bing ini cukup sukses, sehingga membuat sutradara kawakan ini berencana untuk merilis lanjutan dari kisah petualangan Detective Dee Ren Jie ini. Dan tahun 2013 ini, rencana tersebut akan rampung karena dalam waktu dekat, seri kedua petulangan Detective Dee yang berjudul Detective Dee The Prequel akan beredar. Film ini akan menceritakan tentang masa muda dari detektif penyelidik kasus supranatural ini. Peran Detective Dee akan diserahkan pada Mark Chao, aktor muda asal Taiwan. Sementara itu, Karina Lau akan tetap memerani peran sebagai Ratu Wu Ze Tian, Ratu China yang benar-benar pernah hidup dan memerintah di tahun 689.  Pemeran lain yang akan bermain dalam film ini adalah Angela Baby, William Feng, Lin Geng Xing, dan aktor Korea Kim Bum.


LOVE AND LET LOVE
Sepanjang karirnya, John Woo terkenal sebagai sutradara film-film eksyen. Kalau pun pernah membuat film drama, biasanya genrenya drama-eksyen (misalnya Once A Thief dan trilogi A Better Tomorrow). Namun tahun 2013 ini, sutradara yang terkenal dengan film-film eksyen box-office seperti Broken Arrow, Face / Off, Mission Impossible 3, Hard Boiled, dan dwilogi Red Cliff ini mengejutkan dunia dengan rencananya untuk merilis film drama romantis berjudul Love and Let Love. Film ini dibintangi Zhang Ziyi, Chang Chen, dan Song Hye Kyo ini belum diketahui kapan akan dirilis dan bagaimana ceritanya. Namun yang pasti, film ini adalah film drama romantis murni yang bebas dari desingan peluru dan ledakan dasyat yang artistik khas John Woo. Akan seperti apa jadinya film ini di tangan John Woo? Benar-benar bikin penasaran....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment