Movie Review - Cold War (2013)

Dalam artikel sebelumnya, saya informasikan bahwa Cold War terpilih sebagai film terbaik versi 32nd Hong Kong Film Awards. Selain itu, film ini pun memenangkan 8 penghargaan lain, termasuk Best Actor (Tony Leung Ka Fai), Best New Performer (Alex Tsui), dan Best Director (Longman Leung dan Sunny Luk).

Film yang dibintangi Aaron Kwok, Tony Leung Ka Fai, Charlie Young, Gordon Lam, dan Aarif Rahman ini menceritakan tentang sekelompok orang misterius yang menyandera sebuah kendaraan polisi yang berisi peralatan canggih dan lima orang polisi terlatih yang ada di dalam kendaraan tersebut. Penyandera menuntut uang tebusan yang cukup tinggi. Jika tidak, maka kelima polisi tersebut akan dihabisi.

Guna menyelamatkan rekan mereka, Kepolisian Hong Kong membentuk tim khusus untuk melakukan operasi penyelamatan, dengan kode sandi operasi Cold War. Pada saat itu, Deputi Komisaris Sean Lau (Aaron Kwok) dan Waise Lee (Tony Leung Ka Fai) saling bersaing untuk mendapatkan kepercayaan memimpin tim khusus tersebut. Selain mendapatkan penghargaan, mereka berdua pun punya kepentingan pribadi untuk merebut jabatan Komisaris yang akan segera kosong dalam waktu dekat karena Komisaris yang sekarang akan pensiun.

Dengan waktu yang sudah tidak banyak lagi, ditambah persaingan tidak sehat yang terjadi antara Deputi Komisaris Sean dan Waise, Kepolisian Hong Kong berada dalam kondisi yang sangat berbahaya. Apakah ego pemimpin mereka lebih penting daripada nyawa 5 orang kolega mereka?


FACTS ABOUT COLD WAR
Dalam film ini, Tony Leung Ka Fai mendapatkan penghargaan sebagai Best Actor di 32nd Hong Kong Film Awards. Penghargaan ini merupakan penghargaan kelima untuk kategori sejenis yang pernah diterimanya di ajang Hong Kong Films Awards. Adapun 4 penghargaan Best Actor lain yang pernah diterimanya di ajang tersebut adalah untuk film Chui Lian Ting Zheng (1983), Election (2005), Dai Cheung Foo (2005), dan 92 Legendary La Rose Noire (1992).

Poster Awal film Cold War (dengan Andy Lau)
Saat menerima penghargaan Best Actor di 32nd Hong Kong Film Awards, secara khusus Tony Leung Ka Fai memberikan penghargaan terbesarnya kepada kedua putrinya yang telah mendukungnya di film Cold War. Saat film tersebut ditayangkan di Hong Kong, kedua putri Tony Leung menonton film tersebut hingga 4 kali. Dan setiap kali menonton, mereka selalu mengajak 20 orang teman sekolahnya, yang selalu berbeda-beda setiap kali menonton.

Andy Lau turut pula bermain dalam film ini sebagai cameo. Dia berperan sebagai Phillip M.W. Luk, anggota Security Bureau.

Poster Cold War teranyar (tanpa Andy Lau)
Saat pertama kali dirilis di Hong Kong, poster film ini menampilkan wajah Andy Lau sebagai salah satu pendukung utama film Cold War. Namun setelah film ini sukses besar, poster tersebut diganti dengan menghilangkan wajah Andy Lau dan hanya menampilkan nama Andy Lau saja sebagai aktor pendukung. Dan saat film ini dirilis dalam bentuk DVD, baik nama maupun wajah Andy Lau sudah tidak ada lagi. 

Kesuksesan film Cold War - baik secara finansial, maupun penghargaan - mendorong produser William Kong untuk merilis sekuel Cold War. Seperti yang disampaikannya pada majalah online Groove Asia, pada bulan Mei ini shooting Cold War 2 akan segrera dimulai. Para kru dan artis yang terlibat dalam Cold War pertama akan tetap bermain dalam film tersebut. Di kesempatan berbeda, Aaron Kwok membenarkan pernyataan Kong tersebut. Dia telah menerima skrip Cold War 2 dan sudah tidak sabar untuk segera memulai shooting film tersebut dalam waktu dekat ini.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment