Recommended Film - MAN OF STEEL (2013)

Salah satu film yang dirilis tahun ini dan paling dinanti penikmat film di seluruh dunia adalah film ini : Man Of Steel. Film yang diproduseri Christopher Nolan (sineas yang terkenal karena trilogi Dark Knight yang dibuatnya) dan disutradarai Zack Snyder (sutradara remake Dawn of The Dead) ini akan menampilkan reboot dari kehidupan Superman, dengan memotret kehidupan masa muda Superman dari sudut yang sangat berbeda dari film-film Superman sebelumnya.

Henry Cavill dipercayakan untuk memerani tokoh Superman / Clark Kent. Sedangkan Amy Adams akan memerani Lois Lane. Selain itu bintang lain yang akan berperan dalam film ini adalah Diane Lane (Martha Kent), Kevin Costner (Jonathan Kent), Laurence Fishburne (Perry White), dan Russell Crowe (Jor-El). Musuh yang akan berhadapan langsung dengan Si Manusia Baja dalam film ini adalah General Zod (diperani oleh Michael Shannon), salah satu musuh terkuat Superman yang juga sama-sama berasal dari Planet Krypton.

Film ini akan menceritakan tentang seorang anak kelahiran Planet Krypton yang selamat dari kehancuran planetnya setelah dikirim orang tuanya ke planet bumi. Di bumi, anak tersebut mendarat di sebuah desa kecil dekat Kansas bernama Smallville dan dirawat oleh sepasang petani bernama Jonathan & Martha Kent. Anak itu kemudian diberi nama Clark Kent.

Clark tumbuh dewasa dan kemudian menyadari kalau dia memiliki kemampuan yang berbeda dari manusia biasa. Kekuatan yang dimilikinya ternyata sulit diterima oleh lingkungannya, bahkan dirinya dianggap sebagai mahluk asing yang mengancam kehidupan manusia. Hingga pada satu ketika, bumi diserang oleh Jenderal Zod dan pengikutnya - Faora (diperani Antje Traue) - sehingga membuat Clark Kent harus muncul menjadi sosok Superman yang berjuang melindungi bumi.



Premis film serta gencarnya promosi film ini yang sudah dikumandangkan sejak akhir tahun 2012 silam, membuat banyak orang penasaran dengan film ini. Secara umum jika membandingkan film ini dengan film Superman sebelumnya - Superman Returns (2006) - saya menilai Man Of Steel memiliki bobot yang lebih baik dan jauh lebih menarik. Selain efek khususnya yang cukup menarik, hal lain yang menarik minat saya untuk menonton adalah karena musuh yang dihadapi Superman adalah Jenderal Zod. Buat para penggemar petualangan Superman, tentu tahu kalau Zod adalah salah satu musuh terberat Superman yang memiliki kekuatan yang cukup berimbang. Sama-sama berasal dari Planet Krypton, Zod memiliki kekuatan dan kemampuan yang sama dengan Superman. Keduanya pernah dipertemukan dan bertarung dalam Superman 2 (1980). Tidak heran, banyak fans berharap akan dapat menyaksikan pertarungan yang lebih seru antara kedua tokoh ini dalam Man of Steel.

Film yang dibuat dengan budjet US$ 175 juta dan berdurasi 143 menit ini akan dirilis serentak di seluruh dunia (bioskop konvensional, 3D, dan IMAX) tanggal 14 Juni 2013 mendatang.


DO YOU KNOW?
Ide melakukan reboot atas petualangan Superman sudah dimulai sejak Juni 2008 silam, di mana Warner Bros - sebagai studio film pemegang royalti pembuatan film Superman - mengajak para penulis komik Superman untuk membuat konsep baru petulangan Superman. Diskusi mengenai konsep cerita tersebut terus berlanjut hingga tahun 2010, di mana David S. Goyer dan Christopher Nolan - yang saat itu sedang menggarap film The Dark Knight Rises - memunculkan ide bagaimana menampilkan Superman dalam konteks modern. Ide dan konsep tersebut kemudian diajukan ke Warner Bros. Dengan mempertimbangkan prestasi Christopher Nolan dan David S. Goyer yang menyukseskan trilogi Dark Knight, maka ide mereka diterima. Dan jadilah film Man Of Steel yang dibuat berdasarkan skenario yang dibuat oleh Nolan dan Goyer.

Sutradara Bryan Singer dan Aktor Brandon Routh jauh-jauh hari sudah menyatakan diri untuk ambil bagian dalam proyek Superman berikutnya setelah film Superman Returns (2006) sukses besar. Sesuai kontrak dengan Warner Bros, Bryan Singer ditunjuk untuk menyutradarai beberapa sekuel Superman berikutnya, dan Brandon Routh - yang berperan sebagai Superman di Superman Returns - juga dikontrak untuk memerani Si Manusia Baja ini untuk beberapa sekuel ke depan. Namun setelah Warner Bros memutuskan untuk membuat versi "reboot" Superman, maka kontrak Singer dibatalkan. Saat itu, Routh masih tetap berkeras untuk main dalam film Superman terbaru. Ketika Zack Snyder terpilih sebagai sutradara Man Of Steel dan menyatakan kalau filmnya akan benar-benar bersih dari pemeran film-film Superman sebelumnya, Routh akhirnya mundur teratur.

Karena keinginan Zack Snyder untuk membuat film Superman yang benar-benar baru, maka dia pun tidak akan menggunakan musik tema Superman (Superman March) yang legendaris karya John Williams yang selalu digunakan dalam film-film Superman terdahulu. Untuk lagu tema dan pengiring film, Snyder menggaet Hans Zimmer, komposer yang telah menyukseskan trilogi Dark Knight lewat komposisi lagu pengiring filmnya, untuk membuat musik tema baru Superman. Album soundtrack Man of Steel akan diedarkan dalam bentuk double-CD pada tanggal 11 Juni 2013.

Beberapa pemeran serial televisi Smallville terlibat dalam film Man Of Steel. Amy Adams - pemeran Lois Lane di Man of Steel - pernah bermain di Smallville sebagai Jodi Meville. Demikian juga  Alessandro Juliani - pemeran Sergeant Sedowsky di Man of Steel - yang bermain sebagai Dr. Emil Hamilton dalam serial Smallville. Untuk Anda yang belum tahu, Smallville adalah serial televisi produksi CW Television Network yang ditayangkan sebanyak 10 Season (16 Oktober 2001 - 13 Mei 2011). Serial ini menceritakan kehidupan Clark Kent sejak kuliah hingga tumbuh dewasa dan menjadi Superman. Serial yang diperani oleh Tom Welling (sebagai Superman / Clark Kent), Kristin Kreuk (Lana Lang), Michael Rosenbaum (Lex Luthor), dan Erica Durance (Lois Lane) tersebut banyak menceritakan tentang kisah cinta pertama Clark Kent dan Lana Lang yang bertepuk sebelah tangan, hingga akhirnya Clark Kent jatuh hati dengan Lois Lane. Serial tersebut juga dipenuhi dengan aksi Clark Kent melawan banyak musuh, termasuk musuh-musuh terberatnya : Jenderal Zod, Doomsday, dan Lex Luthor.

Amy Adams sebenarnya sudah tiga kali mengikuti audisi untuk mendapatkan peran Lois Lane di 3 film yang berbeda. Pertama kali, Adams melakukan audisi untuk film Superman yang disutradarai Brett Ratner. Film tersebut tidak pernah jadi dibuat. Kedua kalinya, Adams melakukan audisi peran yang sama untuk film Superman Returns. Dia gagal mendapatkan peran tersebut, dan peran Lois Lane jatuh pada Kate Bosworth. Barulah pada audisi terakhir - di film ini - Adams akhirnya mendapatkan peran Lois Lane.

Film ini adalah film Superman pertama yang mana pemeran Superman bukan aktor Amerika. Henry Cavill  (pemeran Superman dewasa) dan Lee Quigley (pemeran Superman bayi) adalah kelahiran London.

Film ini pun adalah film Superman pertama di mana Anda tidak akan menemukan karakter Jimmy Olsen di dalamnya. Jimmy Olsen adalah foto jurnalis di Daily Planet yang selalu bekerja sama dan bersahabat dekat dengan Lois Lane dan Clark Kent.

Sepanjang film, Anda tidak akan menemukan adanya adegan penggunaan Kryptonite untuk mengalahkan Superman seperti yang biasa dimunculkan di semua film Superman sebelumnya.

Laurence Fishburne yang berperan sebagai Perry White adalah aktor kulit hitam pertama yang memerankan tokoh Perry White. Perry White sendiri aslinya di komik adalah pria berkulit putih. 

Untuk mempersiapkan perannya di film Man Of Steel, Henry Cavill persiapan fisik yang cukup ekstrim. Sebelumnya, Cavill bermain dalam film Immortals yang mana saat itu dia telah memiliki tubuh "eight pack" yang sempurna. Namun, di film berikutnya (The Cold Light of Day), dia diharuskan menguruskan tubuhnya hingga nyaris tinggal tulang berbalut kulit. Dan saat berperan menjadi Superman di film ini, dia harus mengencangkan tubuhnya lagi dengan latihan keras selama berbulan-bulan. Setelah melalui "penderitaan berat" demi mendapatkan kembali tubuh "eight pack" padatnya yang sempurna, Cavill bersumpah untuk tidak akan mengecilkan badannya lagi, apapun yang terjadi.

Zack Snyder menggambarkan Superman versinya sebagai tokoh dengan otot yang besar, padat, dan gagah seperti yang digambarkan dalam komik. Untuk itu, Henry Cavill berjuang keras membentuk tubuhnya persis seperti yang dibayangkan sang sutradara. Selain melakukan olah raga fisik, Cavill melakukan diet ketat. Hasilnya? Sangat luar biasa !!!!

Seolah-olah menjadi ciri khas Christopher Nolan, maka sama seperti trilogi Dark Knight yang tidak menggunakan kata "Batman" sebagai judul dan diganti dengan nama julukan sang Manusia Kelelawar, maka film ini pun tidak menggunakan kata "Superman" sebagai judul dan menggunakan judul Man Of Steel yang merupakan nama julukan sang Manusia Baja ini.

Russell Crowe adalah aktor pemenang Piala Oscar kedua yang memerani Jor-El. Sebelumnya Marlon Brando - yang juga aktor peraih Piala Oscar - memerani karakter ini dalam film Superman (1978). Uniknya, Crowe - bersama bandnya yang bernama "Rus Le Roq" - pernah membuat dan menyanyikan lagu berjudul "I Want To Be Like Marlon Brando".

Di film ini, untuk pertama kalinya kita bisa melihat Russell Crowe bermain bersama Kevin Costner dalam satu film. Uniknya, keduanya pernah bermain dalam film Robin Hood dengan versi yang berbeda (Kevin Costner berperan sebagai Robin Hood dalam film Robin Hood : Prince of Thieves; sementara Russell Crowe berperan sebagai Robin Hood di film Robin Hood).

Pemilihan tanggal 14 Juni 2013 sebagai tanggal rilis film bukan tanpa alasan. Tanggal tersebut adalah tanggal Hari Jadi Superman yang ke-75. Tanggal 14 Juni 1938 - tepat 75 tahun silam -Superman muncul untuk pertama kalinya dalam bentuk komik di "Action Comic #1".


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Sangat perfect review agan ini.
    Ijin share ya gan..
    thanks

    ReplyDelete
  2. Hai, Mas Anton.
    Tks untuk apresiasinya. Silakan untuk share review saya ini ya.
    Jangan lupa kunjungi sponsor blog saya (Amazon) agar kesinambungan blog ini tetap terjaga.
    Tengkyu....

    ReplyDelete