15 Drama Unggulan Ini Batal Ditayangkan TVB (Part 3 of 3)

Dan akhirnya... inilah 5 serial drama terakhir yang batal ditayangkan di TVB. Sama seperti 10 serial terdahulu, 5 serial ini pun sebenarnya berpotensi untuk meraih rating yang cukup tinggi. Namun entah mengapa, TVB memutuskan untuk tidak memproduksi atau bahkan membatalkan penayangan serial tersebut di layar kaca.

11. The Beauty of Versatility <玉面玲瓏>
Serial The Beauty of  Versatility mengambil cerita dari karya sastra klasik China terkenal, yaitu Dream of The Red Chamber. Serial ini merupakan drama-seri yang paling banyak dibicarakan orang di tahun 2007 silam. Sebelum ditayangkan, serial yang rencananya dibuat dalam 30 episode ini telah banyak mendapatkan respon yang positif dari para kritikus. The Beauty of Versatility menceritakan kehidupan penguasa Rongguo legendaris Wang Xifeng (diperani Ada Choi),yang terkenal karena kecerdikan dan ketajaman pikirnya. Selain Ada Choi, pemeran lain yang ikut mendukung serial tersebut adalah Joyce Koi, Joe Ma, Anne Heung, Natalie Tong, Bernice Liu, dan Shirley Yeung.

Namun entah mengapa, serial ini tidak pernah ditayangkan dan TVB tidak menyebutkan alasannya. Spekulasi merebak. Banyak orang menyebutkan kalau penyebab serial ini tidak pernah ditayangkan karena salah casting. Dua pendukung serial yang dituding menjadi "biang kerok" penyebab gagalnya penayangan serial ini adalah Joyce Koi dan Shirley Yeung. Joyce Koi yang berperan sebagai Joa Baoyu, dianggap tidak mampu menampilkan sosok Baoyu yang cerdas dan riang. Begitu juga dengan Shirley Yeung yang memerani Lin Daiyu, seorang gadis tegar namun lemah dalam hal percintaan. Shirley dinilai gagal membawakan karakter Daiyu. Bahkan aktingnya cenderung stabil dan monoton, sehingga sangat membosankan.



12. Li Keyong and the Thirteen Treasures <李克用與十三太保>
Kisah Li Keyong adalah salah satu kisah klasik yang cukup dikenal masyarakat China dan orang-orang yang mempelajari literatur China Kuno. Berdasarkan novel yang ditulis Ni Kuang, Li Keyong adalah satu satu penguasa yang pernah hidup di antara masa Dinasti Tang dan Song. Di masa di mana China kala itu dikuasai oleh 5 dinasti dan 10 kerajaan besar itu, Li berkuasa dan memerintah dengan tangan besi. Dia memiliki 12 anak angkat dan 1 anak biologis yang kesemuanya pada awalnya mendukung sang ayah. Namun karena kekuasaan dan harta, salah satu anak sang penguasa membelot dan diam-diam menjebak sang ayah serta semua saudaranya, sehingga satu-persatu mereka tewas dibantai oleh musuh.

Legenda Li Keyong dan ketiga belas anaknya ini sebelumnya sudah pernah dibuat dalam beberapa versi. Tahun 1970, kisah Li Keyong pernah diangkat Shaw Brothers ke layar lebar dengan judul The Heroic Ones. Film itu diperani oleh David Chiang, Ti Lung, dan Fu Sheng. TVB sendiri tahun 1993 pernah membuat serial Li Keyong berjudul The Wild Bunch, yang diperani Felix Wong, Idy Chan, dan Kent Tong.

Li Keyong yang rencananya akan ditayangkan tahun 2008 silam ini dibuat dengan alur yang berbeda dan cukup kontroversi. Untuk pembuatan serial ini, TVB menggaet semua aktor dan aktris baru yang kala itu belum dikenal banyak orang : Elliot Ngok, Ron Ng, Shirley Yeung, Michael Tse, Raymond Wong, Savio Tsang, Joel Chan, Stefan Wong, Francois Wong, dan Au Sui Wai. Sayangnya, ambisi TVB untuk membuat serial Li Keyong ini akhirnya harus dikubur karena rumitnya pembuatan skenario.


13. The Monk <武偈大師>
Sama seperti sinetron di Indonesia, Hong Kong pun sering membuat serial drama televisi bertema religius. Namun berbeda dengan sinetron yang selalu mendapatkan rating yang baik, drama religi di Hong Kong tidak selalu mendapatkan rating yang baik. Hal ini disebabkan penonton Hong Kong bukan masyarakat yang fanatik dengan agama mereka sendiri. Serial drama televisi pun bagi mereka murni hiburan, dan bukan alat "penyebaran ajaran agama tertentu". Jadi jangan heran, jika serial drama religi di Hong Kong kurang diminati dan jarang dibuat. Kalau pun dibuat, jarang ratingnya bagus. Salah satunya adalah serial The Monk.

Bulan November 2009, serial ini diproduksi TVB dan rencananya akan ditayangkan awal tahun 2010. Serial ini mengisahkan tentang seorang Pendeta Budha bernama Mokit yang telah bertapa bertahun-tahun di gunung, lalu turun ke dunia masyarakat untuk menghentikan 3 Racun dalam ajaran Budha, yaitu : Hasrat, Kebencian, dan Ketidakperdulian. Serial religius ini ternyata

Serial ini dikecam para penonton karena pemilihan pemerannya yang dinilai keliru. Bosco Wong yang saat itu baru beberapa tahun merintis karir sebagai artis drama serial TVB, terpilih menjadi pemeran utama serial ini. Para penonton menilai Bosco belum matang untuk menjadi pemeran utama, dan harusnya peran tersebut diberikan kepada aktor TVB lain yang lebih senior. Serial yang juga diperani Kate Tsui, Michael Tse, Sunny Chan, dan Lau Siu Ming ini hanya mendapat respon positif beberapa penonton saja, sehingga akhirnya TVB memutuskan untuk menghentikan penayangan serial ini setelah tayang 1 episode.


14. The Mole <鼴鼠>
Salah satu serial spionase yang pernah dibuat oleh TVB adalah serial ini. Mengambil alur cerita yang mirip dengan Infernal Affairs,  The Mole mengambil setting Perang Dunia Kedua, tentang sepak terjang tiga agen rahasia wanita Pemerintah China yang menyusup dan menghancurkan militer Jepang. Namun, tanpa mereka sadari, salah satu dari tiga agen tersebut ternyata adalah mata-mata Jepang yang justru disusupkan untuk mengetahui gerak-gerik Pemerintah China.

Diperani Roger Kwok, Sonija Kwok, Bernice Liu, Shirley Yeung, dan Susan Tse, serial ini menjadi bahan pembicaraan yang serius di antara para penikmat serial drama TVB. Walau alurnya cukup menarik, namun pemilihan pemerannya dinilai banyak orang kurang tepat. Meski sudah dipromosikan cukup gencar tahun 2011, TVB akhirnya memutuskan untuk tidak memproduksi serta menayangkan serial ini.


15. Legend of Empress Lu <呂后傳> dan Lu for King <呂氏為王>
Sebuah langkah kontroversi yang dilakukan TVB tahun 2012 kemarin adalah dengan mengumumkan rencana pembuatan 2 serial bertema sama yang akan ditayangkan sekaligus di waktu yang nyaris bersamaan. Kedua serial tersebut adalah Legend of Empress Lu dan Lu For King.

Legend of Empress Lu akan diperankan Kevin Cheng, Maggie Cheung Ho Yee, Kristal Tin, Kenny Wong, dan Oscar Leung.

Sedangkan Lu For King akan diperani Bosco Wong, Tavia Yeung, Eddie Cheung, Sharon Chan, Ben Wong, dan Mandy Wong.

Kedua seri yang rencananya tayang di tahun 2012 itu memiliki alur cerita yang nyaris mirip, yaitu tentang kisah kehidupan Ratu Lu, kaisar wanita pertama di China. Produksi Legend of Empress Lu sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak awal tahun 2011 dan rampung di tahun 2012. Sedangkan Lu For King diproduksi tahun 2012 dan rampung di tahun yang sama. Sebenarnya Lu For King sudah direncanakan untuk diproduksi beberapa tahun silam. Namun karena terkendala dengan masalah casting, serial tersebut akhirnya baru diproduksi di tahun 2012.

Namun beberapa saat sebelum tanggal tayang, TVB memutuskan untuk tidak menayangkan kedua serial tersebut. Tidak jelas alasan TVB membatalkan penayangan, namun banyak orang menduga hal ini disebabkan rasa ketidaknyamanan TVB pada hasil Lu For King karena tidak didukung aktor dan aktris yang pas. Salah satu aktor yang "seharusnya" bermain dalam serial tersebut adalah Gallen Lo. Saat ditawarkan bermain dalam serial tersebut, Lo menolak. Selain itu, konflik kontrak kerja sama antara TVB dan Maggie Cheung, yang diakhiri dengan hengkangnya Cheung dari TVB, menjadi penyebab pembatalan rencana penayangan serial ini.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment