15 Drama Unggulan Ini Batal Ditayangkan TVB (Part 1 of 3)

Selama kurun waktu 20 tahun ini, TVB ternyata telah cukup banyak membatalkan produksi dan tayang serial drama mereka. Hal ini tidak saja mengecewakan banyak penonton serta pendukung serial tersebut, tetapi juga para investor  Banyak hal yang menjadi penyebab pembatalan penayangan serial tersebut. Mulai dari pemotongan budjet produksi, hingga batalnya kontrak kerja karena alasan tertentu. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan, mengingat sebenarnya sebagian serial yang dibatalkan tersebut memiliki rating yang cukup tinggi dan ceritanya juga menarik.

Dari catatan saya, setidaknya ada 15 seri drama produksi TVB ber-rating baik atau berpotensi menjadi serial yang sangat diminati tapi penayangannya dibatalkan. Berikut ini adalah 5 serial pertama.

1. Young Worker Gets Married <打工仔娶老婆>
Serial ini pernah ditayangkan di TVB tahun 1999 silam, serial drama bergenre komedi ini menceritakan tentang seorang gadis muda yang hidup dalam keluarga sederhana di Hong Kong. Karena tidak bisa melanjutkan sekolah, dia terpaksa harus bekerja guna mendukung ekonomi keluarganya. Berbeda dengan serial televisi lain yang banyak menampilkan perseteruan kalangan atas untuk memperebutkan harta warisan atau perusahaan, serial ini justru menampilkan keseharian kaum pekerja level bawah serta kesulitan hidup yang mereka hadapi. Diperani Cheung Tat Ming, Dayo Wong, Wong He, dan Florence Kwok, serial dengan premis yang menarik ini sayangnya hanya ditayangkan 1 episode saja.


2. Web of Law <法網群英>
Serial ini pun pernah tayang di TVB tahun 1999. Diperani Lawrence Ng, Maggie Shiu, Elaine Ng, dan Felix Lok, serial bergenre dunia hukum ini merupakan versi lain dari serial genre hukum produksi TVB yang pernah sukses sebelumnya, yaitu File of Justice <壹號皇庭>. Sayang, baru juga diproduksi 5 episode, serial ini dihentikan penayangannya setelah produsernya, Gary Tang, keluar dari TVB. Beberapa tahun kemudian, TVB membuat remake serial ini dengan judul The Legal Storm <律政風雲>. Sayangnya, serial ini tidak pernah tuntas diproduksi hingga hari ini.


3. Storm of the Walled City <城寨風雲>
 Serial ini merupakan serial bergenre action-thriller yang berbeda dari biasanya. Serial yang dipersiapkan untuk tayang tahun 2000 ini menceritakan kehidupan masyarakat di kota Kowloon tahun 1960 di mana saat itu, Kowloon merupakan kota yang masih kacau dan terpecah-pecah, di mana sebagian daerah dikuasai oleh Militer China, sebagian oleh triad, dan sebagian lagi oleh polisi korup. Frankie Lam, Gallen Lo, Yvonne Yung, dn Florence Kwok menjadi pendukung serial tersebut. Dengan alur cerita yang sangat cepat dan menegangkan, serial ini sebenarnya sudah meraup banyak penonton setia saat ditayangkan. Namun TVB terpaksa menghentikan penayangan serial ini setelah memasuki episode kedua karena mahalnya biaya produksi, terutama biaya pembuatan set kota tua Kowloon.

Walau tidak ditayangkan lagi, namun ada kabar baik yang saya peroleh sehubungan dengan serial ini : Donnie Yen tertarik untuk membuat versi layar lebar serial ini.  Shooting-nya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.


4. Cheung Po Tsai <張保仔>
Serial kolosal ini hanya sampai proses pembuatan trailer dan tidak dilanjutkan lagi oleh TVB. Serial yang rencananya tayang tahun 2000 ini mengisahkan tentang kehidupan Cheung Po Tsai, pemimpin bajak laut populer asal Kanton yang pernah menggetarkan dan menguasai Samudra Pasifik serta kawasan Asia Tenggara. Sosok Po Tsai sudah pernah muncul di film Jackie Chan berjudul Project A (1983), dan Once Upon A Time in China 5 (1995).  Guna mewujudkan serial ini, TVB secara khusus membentuk tim untuk mengumpulkan semua dokumen berkenaan dengan sosok Po Tsai. Selain itu, untuk pendanaannya, TVB menggandeng CCTV-China dengan harapan produksi kolosal ini dapat terwujud. Namun ternyata produksi serial ini sangat tidak mudah, terutama penggambaran perang di laut. TVB berusaha mengantisipasinya dengan membuat perang itu dengan teknik komputer grafik. Namun karena teknologi saat itu belum secanggih sekarang, maka kualitasnya pun jadi buruk. Hal ini diperparah dengan hengkangnya Louis Koo, pemeran utama Po Tsai, karena kelelahan usai menyelesaikan produksi serial TVB yang lain (At the Threshold of An Era). Karena masalah-masalah itu, maka TVB akhirnya memutuskan untuk tidak memproduksi serial kolosal ini.


5. The Dangerous <高危分子>
 Serial yang rencananya ditayangkan tahun 2001 ini menceritakan tentang tiga orang mantan narapidana dengan kemampuan beladiri dan pengetahuan teknologi yang direkrut oleh Kepolisian Hongkong untuk menyelesaikan berbagai kasus mustahil dan sulit dilakukan. Mirip Mission Impossible dengan pendekatan yang cocok dengan budaya Asia. Serial yang diperani Louis Koo, Bowie Lam, dan Moses Chan ini sebenarnya sudah menarik banyak penonton saat trailernya ditayangkan oleh TVB. Sayangnya, karena alotnya negosiasi dengan sponsor, TVB terpaksa membatalkan pembuatan serial ini.


(Bersambung ke Seri Ke-2)
NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Di tv kabel sprt indovision tdk ada y channel tvb? Pengen lihat2 drama dr tvb

    ReplyDelete