Donnie Yen Hengkang Dari IP MAN 3

Kabar mengejutkan saya dapatkan baru-baru ini, di mana Donnie Yen awal bulan Juni 2013 ini menyatakan mundur dari proyek Ip Man 3, padahal April lalu dia sudah memberikan konfirmasi untuk mendukung film tersebut. Apa yang terjadi?

Ternyata hal ini dikarenakan adanya perselisihan yang terjadi antara produser Raymond Wong dengan sutradara Wilson Yip, di mana Wong menginginkan anaknya - Edmond Wong - yang menyutradarai film tersebut. Akibat perubahan yang mendadak itu, Wilson protes pada Wong, namun tidak ditanggapi. Akhirnya Wilson Yip keluar dari proyek itu.
Wilson Yip dan Donnie Yen

Bersamaan dengan hengkangnya Yip dari proyek itu, Donnie Yen pun menyatakan mundur dari Ip Man 3. Sebagaimana diketahui publik, Donnie Yen dan Wilson Yip adalah sahabat kental yang sudah menjalin persahabatan mereka sejak bekerja sama dalam film SPL: Sha Po Lang (2005). Sejak itu, mereka telah menjadi pasangan tim yang solid dan selalu menghasilkan film-film box-office Hong Kong yang berhasil menembus pasar perfilman internasional. Hingga saat ini, telah 4 film yang mereka garap bersama dan sukses : SPL, Flash Point, Ip Man 1, dan Ip Man 2. Dan dengan mundurnya Wilson Yip dan Donnie Yen, proyek Ip Man 3 kini berada di ujung tanduk dan kemungkinan batal diproduksi.


KRONOLOGIS PROYEK FILM IP MAN 3
Pada awal tahun 2013, Raymond Wong mengumumkan rencananya untuk membuat Ip Man 3. Untuk itu, bersama Pegasus Motion Pictures, Raymond telah menyiapkan dana RMB 150 juta untuk pembuatan instalment ketiga franchise Ip Man. Raymond menjelaskan pula bahwa Ip Man 3 akan dimulai shootingnya bulan Juli 2013 dan pengambilan gambar akan dilakukan di Hangzhou. Filmnya sendiri akan dibuat dalam format 3D.

Namun, beberapa bulan kemudian, media mulai mengendus adanya masalah, terutama dalam pendanaan film Ip Man 3 setelah beberapa investor China yang tadinya mendukung proyek tersebut, tiba-tiba menyatakan mundur. Hal ini terjadi setelah dua film yang diproduseri Wong sebelumnya - Magic To Win dan Saving General Yang - jeblok dan gagal menjadi film box office. Walau Ip Man 3 berpotensi mendulang keuntungan seperti seri terdahulunya, namun para investor sudah sepakat untuk mundur.

Dengan dana yang terbatas, Wilson Yip kala itu menyarankan kepada Raymond untuk menghentikan sementara proyek Ip Man 3 dan mencari investor lain lebih dulu. Karena dengan dana yang terbatas, mau tidak mau biaya produksi harus dikurangi, dan efek khusus yang dibutuhkan untuk format 3D juga akan dikurangi, sehingga kualitas filmnya akan menjadi buruk. Lebih baik proyek dibuat sedikit terlambat daripada memaksakan mempertaruhkan reputasi dengan membuat film berkualitas rendah. Raymond Wong tersinggung dengan saran Yip dan memutuskan untuk menggantinya dengan Edmond Wong, anak Raymond Wong. Keputusan itulah yang membuat Wilson marah dan memutuskan untuk mundur, yang kemudian diikuti Donnie Yen.

Keluar dari proyek Ip Man 3, tidak lantas membuat Wilson Yip dan Donnie Yen menganggur. Banyak proyek yang sudah menunggu mereka. Bulan Juli 2013 mendatang, Wilson akan langsung menyutradarai film
Zhong Kui <鍾馗>. Sementara itu, Donnie akan menuntaskan film terbarunya The Iceman Cometh <3D冰封俠> dan One Person’s Martial Arts Circle <一個人的武林>.

Walau di tengah prahara dan diguncang isu bakal batalnya pembuatan Ip Man 3, Alvina Wong - anak perempuan Raymond Wong - menegaskan kepada publik, bahwa Ip Man 3 tetap akan jalan terus, walau tanpa Wilson Yip dan Donnie Yen, karena mereka tidak ingin melanggar kontrak yang sudah mereka sepakati dengan para investor yang ada saat ini.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment