Chitika

Sunday, June 2, 2013

Hong Kong Movie - 7 ASSASSINS (2013)

Tanggal 9 Juni 2013 mendatang, sebuah film wuxia akan beredar di China dan Hong Kong. Judulnya 7 Assassins. Film yang disutradarai sineas senior Eric Tsang dan Hung Yan Yan ini diperani oleh banyak aktor dan aktris papan atas Hong Kong yang pernah populer di era 80an - awal 2000an, seperti Felix Wong (Huang Je Hua), Ti Lung, Max Mok (Mo Shao Chung), Simon Yam, Gordon Lau, Ray Lui, Gigi Leung, dan lain-lain.

Filmnya mengambil setting di suatu masa pada jaman kerajaan China kuno, di mana saat terjadi perang besar, pemerintah mengumpulkan emas yang akan digunakan untuk mendanai perang dan persenjataan. Tidak disangka emas tersebut hilang dicuri orang. Untuk mendapatkan emas itu kembali, pemerintah menyewa 7 orang pendekar handal untuk mendapatkan emas itu kembali.

Ketujuh pendekar tersebut sebenarnya adalah para pendekar yang telah pensiun dan mengundurkan diri dari dunia persilatan. Namun saat ditawari pekerjaan tersebut, mereka langsung setuju untuk menerima tugas tersebut. Sebagian karena ingin merasakan kembali kejayaan mereka di masa lalu, serta membuktikan eksistensi mereka masih sanggup mengguncangkan dunia kang-ow. Namun sebagian lagi karena tergiur dengan emas yang hilang tersebut. Jika emas ditemukan, mereka bermaksud menguasai emas itu untuk diri mereka sendiri.

Selain perbedaan kepentingan yang membuat mereka cenderung mudah bertikai bahkan saling membunuh demi emas yang mereka cari, ternyata banyak juga orang yang berniat mendapatkan emas tersebut dengan berbagai cara.


Berbeda dengan film-film wuxia belakangan ini yang sudah banyak menggunakan teknologi CGI atau komputer animasi, 7 Assassins menggunakan efek alami, bahkan sama sekali tanpa sentuhan teknologi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi Eric Tsang pada film genre wuxia yang dulu sangat populer sebagai genre film eksyen paling populer di Asia, di mana dalam setiap adegannya menggunakan efek khusus yang sederhana, murah, dan meriah. Sekilas menonton trailer film ini, saya jadi teringat film-film wuxia era 90an yang populer seperti Once Upon A Time in China (trilogi Jet Li), Iron Monkey, dan lain-lain.

Satu hal yang menarik dari film ini adalah moral cerita yang diusung dalam 7 Assassins, di mana film ini mengangkat kembali tema jiwa ksatria yang jujur dan setia kawan. Mungkin menurut saya, film ini perlu ditayangkan di Indonesia dan ditonton oleh masyarakat Indonesia, serta menjadi film "wajib tonton" para petugas KPK. Selain dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya hidup jujur, film ini pun (rasanya) mampu "menampar" orang-orang yang kerap melakukan korupsi, agar mereka bertobat.


No comments:

Post a Comment