TV Series - Beauty And The Beast (2012 - onward)

Mungkin Anda yang lahir di era 90an akan berpikir kalau serial televisi yang saya bahas berikut ini adalah adaptasi modern dari kisah klasik berjudul sama yang menuturkan kisah cinta seorang anak petani dengan seorang pangeran yang dikutuk menjadi mahluk buruk rupa. Padahal tahun 1987 silam, pernah ada sebuah serial televisi produksi CBS berjudul tersebut dengan cerita yang berbeda jauh dari kisah klasik itu.

Serial televisi Beauty and the Beast versi 1987 menceritakan kisah cinta Asisten Pengacara Catherine Chandler (diperani Linda Hamilton) dengan Vincent (diperani Ron Perlman), pria berwajah singa yang tinggal di bawah tanah dan menjadi pelindung Catherine ke mana pun gadis itu pergi. Serial hasil kreasi Ron Koslow itu dibuat dalam 3 Season (ditayangkan oleh CBS sejak 25 September 1987 - 4 Agustus 1990) dan berhasil mengangkat nama Linda Hamilton serta Ron Perlman menjadi aktris dan aktor papan atas Hollywood. Serial tersebut pernah ditayangkan lengkap di salah satu televisi swasta di Indonesia tahun 1991-1993.

Kini, serial tersebut dibuat ulang dengan garis besar cerita yang mirip, namun dengan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Beauty And The Beast versi terbaru diproduksi oleh The CW Television Network dan season pertama serial ini ditayangkan telah ditayangkan tanggal 11 Oktober 2012 - 16 Mei 2013 sebanyak 22 episode. Serial ini sukses dan mendapatkan sambutan yang luar biasa, sehingga The CW memutuskan untuk membuat Season kedua sebanyak 22 episode yang rencananya akan ditayangkan akhir tahun 2013 ini.

Serial ini dibuka dengan kisah Catherine Chandler (diperani Kristin Kreuk) yang kala itu masih menjadi mahasiswi yang bekerja sambilan di sebuah kafe. Satu malam, Catherine menyaksikan dua orang tidak dikenal membunuh ibunya. Dirinya pun nyaris tewas terbunuh, namun diselamatkan oleh seseorang yang identitasnya tidak dia ketahui.

Beberapa tahun kemudian, Catherine telah menjadi detektif NYPD yang menyelidiki kasus pembunuhan misterius. Kasus itu ternyata mempertemukannya dengan Vincent Keller (diperani Jay Ryan), seorang pria yang dinyatakan telah tewas dalam perang Afganistan beberapa tahun silam.Tanpa diketahuinya, Vincent adalah pria yang dulu menyelamatkannya dari 2 orang yang membunuh ibunya. Vincent sendiri adalah seorang dokter yang dijadikan prajurit eksperimen oleh Pemerintah Amerika untuk menjalani program Prajurit Super yang membuatnya bisa berubah menjadi mahluk buas saat sedang marah atau kesakitan.

Sepajang Season 1 kita akan disuguhkan petualangan Catherine dalam mengungkap berbagai kasus, sementara Vincent secara diam-diam melindungi Catherine sambil terus mencoba mencari formula untuk menyembuhkan dirinya.

Sebenarnya salah satu hal yang cukup mengganggu saya selama menonton serial ini adalah peran Kristin Kreuk sebagai Detektif Catherine Chandler yang terkesan "dipaksakan". Perannya sebagai Lana Lang di serial Smallville yang digambarkan sebagai sosok gadis cute yang lemah dan pasrah - ditambah lagi mimik wajahnya yang selalu sendu - telah terlalu solid melekat dalam benak saya.Walau pun Kreuk pernah mencoba "sangar" dengan memerani Chun-Li di film layar lebar Street Fighter : The Legend of Chun-Li (2009), namun tetap imej gadis lemah tersebut telah terlalu melekat. Ditambah akting Kreuk yang tidak berubah terlalu signifikan sejak bermain di Smallville hingga serial Beauty and The Beast, makin membuat minus penilaian saya terhadap Kreuk.

Hal senada tampaknya juga diserukan oleh beberapa kritikus terhadap serial ini. Kyle Anderson dari Entertainment Weekly memberikan nilai "C" kepada serial ini karena tidak memiliki pesona seperti yang ditampilkan dalam serial Beauty and the Beast versi 1986. Bahkan dia menyesalkan penampilan Vincent yang terlalu mirip Hulk daripada The Beast. Walau mendapatkan penilaian negatif dari kritikus, serial ini justru terpilih dan memenangi penghargaan People's Choice Award untuk kategori serial paling favorit (Favorite New TV Drama).


DO YOU KNOW? 
Proyek pengembangan serial Beauty And The Beast versi baru ini sudah berlangsung sejak September 2011. Ini adalah proyek pertama Mark Pedowitz, Presiden Direktur baru The CW Television Network, yang kala itu baru bergabung dengan The CW.

Walau lokasi tempat dalam serial ini adalah New York, keseluruhan shooting serial sebenarnya dilakukan di Toronto, Canada. Kristin Kreuk yang aslinya tinggal di Vancouver, memutuskan membeli rumah dan tinggal di Toronto agar dekat dengan lokasi shooting.





NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. season 2 kenapa cuma mentok sampai episode 9 ya? apa udah tamat nih? balas.... thx.

    ReplyDelete