TV Series - HANNIBAL (2013 - onward)


Tampaknya belakangan ini produser televisi Amerika sedang hobi-hobinya membuat serial thriller-psikologi mencekam dan brutal. Setelah kesuksesan serial Dexter yang ditayangkan sejak 2006 hingga hari ini, diikuti dengan The Following (yang reviewnya sudah saya bahas bulan lalu), kini muncul lagi serial terbaru berjudul HANNIBAL.

Diproduksi NBC, Hannibal merupakan adaptasi ketiga dari novel Red Dragon karya Thomas Harris. Sebelumnya, novel Red Dragon diadaptasi dalam bentuk film berjudul Manhunter (1986). Film yang disutradarai Michael Mann tersebut flop di pasaran. Tahun 2002, setelah film The Silence of the Lambs dan Hannibal sukses secara finansial, maka novel tersebut diadaptasi kembali menjadi sebuah film berjudul Red Dragon (2002) dengan sutradara Brett Ratner.

Film The Silence of The Lambs (1991) sendiri adalah film adaptasi dari novel berjudul sama, yang juga karya Thomas Harris. Film ini menjadi perbincangan banyak orang, merajai perolehan penghargaan dari berbagai ajang festival perfilman tingkat dunia, dan meraup keuntungan finansial yang luar biasa. Film ini pun mengangkat nama para pendukung film tersebut (Jodie Foster dan Anthony Hopkins, serta sutradara Jonathan Demme) menjadi populer dan dihormati penikmat film seluruh dunia.

Red Dragon merupakan prekuel dari novel dan film The Silence of The Lambs yang mana kisahnya menyoroti awal mula Hannibal Lecter - tokoh sentral dalam novel Red Dragon - dapat bergabung dan menjalin hubungan istimewa dengan FBI, yang tanpa mereka sadari, ternyata Hannibal adalah pembunuh paling berbahaya dan paling mengerikan yang harusnya mereka tangkap sejak dulu. Hannibal Lecter adalah pembunuh keji yang dikenal dengan julukan "Hannibal The Cannibal" karena senang membunuh korban, lalu mengambil bagian tubuh korbannya untuk dijadikan bahan masakan.

Dan berdasarkan novel Red Dragon inilah, maka dibuatlah serial televisi berjudul Hannibal. Saat artikel ini dibuat, serial dengan total 13 episode ini baru tayang 10 episode, dan rencananya semua episode serial ini akan tuntas tayang 20 Juni 2013 mendatang. Dengan tingginya rating serial ini, maka produser David Slade dan NBC memutuskan untuk membuat Season kedua Hannibal yang akan tayang awal 2014 mendatang.

Secara umum, serial Hannibal mengisahkan tentang Will Graham (diperani Hugh Dancy), seorang detektif yang punya kemampuan luar biasa untuk mengindetifikasi pelaku kriminal serta membaca kronologis kasus pembunuhan. Satu waktu, terjadi sebuah kasus pembunuhan yang mana semua korbannya adalah wanita muda yang tidak saling kenal, namun memiliki satu persamaan : mereka tewas dengan kondisi kehilangan salah satu bagian dalam tubuh mereka.

Karena menemui jalan buntu, maka FBI - dalam hal ini Jack Crawford (Laurence Fishburne), Agen Khusus Bagian Perilaku, yang juga atasan Graham - meminta bantuan Dr Hannibal Lecter (Mads Mikkelsen), seorang psikiatris forensik cerdas untuk membantu timnya mencari pelaku kejahatan brutal tersebut. Lecter setuju untuk membantu FBI dalam penanganan kasus.

Para Pendukung Serial Hannibal
Tanpa diketahui orang, ternyata Lecter-lah otak pembunuhan tersebut. Karena Lecter juga suka memasak dan menikmati kuliner yang nikmat, maka setiap kali membunuh, dia selalu mengambil bagian tubuh korbannya untuk kemudian diolah menjadi masakan. Dan tujuannya untuk membantu FBI tidak lain adalah untuk menutupi kecurigaan para FBI terhadap dirinya.

Selama menyelidiki kasus bersama Lecter, Graham menemukan begitu banyak orang yang tewas, termasuk para tersangka. Awalnya dia tidak terlalu menanggapi. Namun semakin lama, Graham mulai melihat ada kejanggalan-kejanggalan yang mengganggu, yang pada akhirnya mengarahkan kecurigaannya pada Hannibal Lecter.

Serial ini sangat menarik dan mencekam. Saya bahkan tidak dapat berhenti untuk terus menontonnya karena selalu ada kejutan tidak terduga serta alur ceritanya yang bergerak sangat cepat.


DO YOU KNOW?
Proyek pembuatan serial ini telah dilakukan sejak 2011. Katie O'Connell - Pimpinan Divisi Drama NBC - mengajak sahabatnya, Bryan Fuller (salah satu penulis serial Heroes yang fenomenal), untuk membuat naskah episode perdana Hannibal pada bulan November 2011. Saat O'Connell menginformasikan rencana pembuatan naskah tersebut kepada NBC, tanpa banyak bertanya, NBC langsung menggelontorkan dana untuk memproduksi episode perdana tersebut. Di bulan Februari 2012, saat skrip episode perdana baru rampung, NBC sudah langsung memesan 13 episode untuk 1 season.

Para produser serial Hannibal telah memutuskan untuk memproduksi setiap Season serial ini sejumlah 13 episode. Jika ratingnya bagus, maka rencananya serial ini akan dibuat hingga 7 Season (91 episode).

Jose Ramon Andres Puerta (dikenal juga dengan nama Jose Andres), chef asal Spanyol paling populer saat ini di Amerika karena masakan-masakannya yang "menggetarkan", diundang untuk menjadi konsultan kuliner dalam serial ini. Selain memberikan masukan cara memasak bagian-bagian tubuh manusia, Puerta juga memberikan peragaan dan pelatihan khusus cara mengolah daging manusia, mulai dari teknik pemilihan bagian tubuh, pengirisan, pemilihan dan penggunaan bumbu, hingga penyajian.

Karena serial ini banyak menampilkan adegan memasak dan teknik pengolahan masakan, maka semua episode Hannibal menggunakan judul nama masakan Perancis dan istilah istilah kuliner. Adapun judul setiap episode Season 1 adalah :
1. Aperitif  : Minuman beralkohol yang biasa diminum bersama makanan pembuka
2. Amuse-Bouche : secara harafiah berarti "makanan yang menyenangkan mulut", merupakan cemilan pembuka (appetizer snack) sebelum menikmati makanan utama.
3. Potage : sup kental atau bubur padat yang dimasak dengan daging dan sayur. 
4. Ceuf : bahasa Perancis yang berarti "telur"
5. Coquilles : masakan yang terbuat dari seafood maupun ayam yang dipanggang dengan saus dan biasanya disajikan di atas cangkang scallop .
6. Entree : makanan utama yang menggunakan bahan utama daging sapi, ayam, bebek, atau domba.
7. Sorbet : makanan penutup yang terbuat dari minuman sari buah yang didinginkan.
8. Fromage : salah satu jenis keju Perancis.
9. Trou Normand : minuman beralkohol dari fermentasi buah-buahan (mirip wine), diminum sebagai minuman penyegar dan penjedah antar makanan.
10. Buffet Froid : satu set lengkap makanan yang tersaji di meja, di mana para penikmat makanan mengambil sendiri makanan yang tersedia tersebut.
11. Roti : sesuai namanya dalam bahasa Indonesia, adalah roti yang biasa dimakan bersama dengan sup.
12. Releves : makanan yang terbuat dari daging dan disajikan sebagai salah satu makanan utama dalam jamuan makan dengan jumlah makanan yang banyak. Biasanya disajikan sebagai makanan setelah ikan dan sebelum sup. Seringkali merupakan masakan yang terbuat dari daging burung, atau daging hewan bertulang besar.
13. Savoureux :  dalam bahasa Perancis, secara harafiah berarti "Enak".

Salah satu stasiun televisi - KSL TV di Salt Lake City, Utah - menghentikan penayangan serial ini setelah tayang 4 episode. Hal ini terjadi setelah Scott D. Pierce, jurnalis Salt Lake Tribune, mengkritik serial tersebut karena terlalu sadis dan banyak mengumbar adegan seksual.

Dalam serial ini, Laurence Fishburne berperan sebagai Detektif Jack Crawford, dan Gina Torres berperan sebagai istri Crawford. Dalam dunia nyata, mereka berdua memang adalah pasangan suami-istri.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment