Korean Movie Review - SECRETLY, GREATLY (2013)

Film layar lebar apa yang paling ramai dibicarakan orang bulan ini?  Jawabannya: SECRETLY, GREATLY ( 은밀하게 위대하게). Yep, film layar lebar ini menjadi tontonan yang ramai diperbincangkan orang karena memecahkan rekor sebagai film dengan penonton terbanyak dalam premiere perdana di Korea Selatan tanggal 5 Juni 2013 lalu, yaitu 1 juta orang. Hingga tanggal 16 Juni 2013 silam - 12 hari sejak ditayangkan -  total penonton yang menonton film ini sudah mencapai 5 juta orang. Luar biasa !!!

Salah satu daya tariknya adalah tiga pria ganteng yang menjadi pemeran utama film ini, yaitu Kim Soo-hyun, Park Ki-woong, dan Lee Hyun-woo. Buat para pecinta film Korea, ketiga aktor ini sudah bukan orang baru. Kim Soo-hyun adalah aktor, model, dan penyanyi populer Korea Selatan yang terkenal berkat perannya di serial televisi Dream High (sebagai Song Sam-dong) dan Raja Joseon Lee Hwon di serial Moon Embracing the Sun.  Soo-hyun saat ini adalah ikon selebriti Korea Selatan yang digandrungi tidak saja masyarakat Korea tetapi dunia, termasuk Indonesia.

Park Ki-woong adalah aktor Korea Selatan yang terkenal lewat serial The Sligshot dan Bridak Mask. Sedangkan Lee Hyun-woo adalah aktor muda yang sudah terkenal sejak kecil, dengan bermain sebagai Cha Dol-yi di serial televisi The Return of Iljimae dan Kim Yuu-shin muda dalam serial televisi Queen Soendeok. Kini, di usia remajanya, Lee banyak bermain di serial remaja Korea, seperti Master of Study, Man from the Equator, dan To the Beautiful You.

Selain daya tarik dari tiga orang aktor muda,kepopuleran film ini juga disebabkan karena film ini adalah dari komik internet populer Korea berjudul "Covertness" yang dibuat oleh Hun. Komik yang beredar di dunia maya tahun 2010 ini telah menarik perhatian pembaca di seluruh dunia dengan total "page hits online" sebanyak 40 juta kali.

Premis film ini cukup menarik :  Guna mengetahui gerak-gerik musuh, Kelompok Intel 5446 Corps dari Korea Utara mengutus 3 orang agen terhebatnya untuk menyusup dan menyamar ke Korea Selatan.  Ketiganya adalah Won Ryu-hwan (diperani Kim Soo-hyun), Rhee Hae-rang (Park Ki-woong), dan Rhee Hae-jin (Lee Hyun-woo). Ryu-hwan adalah agen terbaik yang menguasai 5 bahasa dan punya kemampuan membaca bahasa tubuh, ditugaskan untuk menyaru sebagai  penduduk kampung yang mengalami keterbelakangan mental (gubrak....!!!).

Sedangkan Hae-rang yang anak pejabat dan punya kemampuan nyaris sama dengan Ryu-hwan mendapat tugas sebagai artis.

Hae-jin yang merupakan agen rahasia paling muda dalam sejarah intel Korea Selatan, mendapat tugas menyamar sebagai anak sekolah.

Selama menyusup, mereka hidup dalam suasana yang membosankan karena harus menunggu perintah dari atasan mereka yang tidak pernah turun. Sejalan dengan waktu, ketiganya mulai bisa menikmati hidup sebagai masyarakat kebanyakan dan hidup dalam suasana yang aman, damai, dan tentram di sebuah desa kecil dekat perbatasan.  Hingga satu ketika saat terjadi konfrontasi di laut antara Korea Selatan dan Korea Utara (dalam dunia nyata, kejadian itu terjadi pada tanggal 29 Juni 2002) yang dikenal dengan sebutan Perang Kedua Yeonpyeong (The Second Battle of Yeonpyeong), kehidupan mereka mulai terancam. Pemerintah Korea Selatan menugaskan agen-agennya menyisiri semua desa dan menangkapi  semua Agen Rahasia Korea Utara yang diduga telah menyusup ke negara mereka dan tinggal di desa-desa tersebut.

Sementara itu, pihak Korea Utara pun menugasi para agennya, untuk memasuki tempat-tempat di mana para agen mereka ditempatkan, lalu menghabisi mereka semua agar tidak membocori rahasia negara. Dalam kondisi terjepit, ketiga agen tersebut dihadapkan pada 2 kondisi : lari, atau tetap menjalankan tugas mereka sebagai agen rahasia? Apapun pilihan mereka, nyawa taruhannya.

Secara umum, film bergenre komedi-action-thriller ini merupakan film yang menarik dan mengesankan, terutama karena akting ketiga aktor utama film ini yang membawakan perannya dengan baik. Selain itu, kisah persahabatan dan intrik intel yang menjadi dasar film ini menjadikan film berdurasi 125 menit asyik untuk dinikmati dari awal hingga akhir.


DO YOU KNOW?
Shooting film ini dilakukan sejak 17 Oktober 2012 - 8 Maret 2013. Scene terakhir dibuat di sebuah gang sempit di daerah pedesaan yang kumuh. Adegan itu menampilkan Kim Soo-hyun dan Lee Hyun-woo sedang mengintip sesuatu.








NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment