Recommended Film - 3 A.M.(Thailand Movie)

Film produksi Thailand adalah salah satu film negara favorit saya. Selain tema filmnya cukup variatif (mulai dari drama keluarga, drama remaja, komedi, eksyen, hingga horror), alurnya pun sangat sederhana dan sangat enak untuk diikuti. Dan jika kita bicara soal film horror, Thailand mungkin yang paling top di antara semua film bergenre sama dari seluruh dunia. Selain penuh kejutan yang tidak terduga, plotnya juga sangat ringan, sederhana, dan sangat jarang berdarah-darah.

Sebenarnya cukup banyak film Thailand yang telah beredar dan menjadi box-office di negaranya. Namun kali ini saya akan membahas film 3 A.M., sebuah film layar lebar Thailand yang dirilis tanggal 22 November 2012 silam dan merupakan salah satu film box-office di Thailand. Film ini adalah film yang terdiri dari 3 cerita pendek di dalamnya. Ketiga cerita pendek itu memiliki benang merah yang sama, yaitu semua kejadian terjadi pada pukul 3 subuh, di mana saat itu - menurut kepercayaan masyarakat Thailand - merupakan saat di mana kekuatan roh jahat berada pada puncaknya. Di layar lebar, film ini dibuat dalam format 3D. Namun menonton film ini dalam format standar 2D di DVD juga cukup menarik.

Ketiga cerita pendek dalam film 3 A.M adalah :
1.HORROR HEAD (THE WIG)
Mengisahkan tentang May (diperani Focus Jirakul) dan Mint (Apinya Sakuljaroensuk), dua bersaudari yang harus mengurusi toko wig,sementara kedua orang tuanya berlibur ke China. Hubungan kedua saudari tersebut tidak harmonis karena keduanya merasa orang tua mereka pilih kasih dan terlalu mengasihi salah satu di antara mereka.

Satu ketika, seseorang pelanggan mereka menjualkan rambut kepada May untuk digunakan sebagai bahan pembuat wig. Yang tidak May ketahui, rambut indah itu ternyata milik seorang wanita yang telah meninggal. Jadi saat rambut tersebut digunakan untuk membuat wig, arwah wanita tersebut mendatangi May dan Mint.

Film pendek ini disutradarai oleh Pussanont Tummajira.


2. BRIDAL HOUSE OF THE DEAD
Seorang petugas penjaga mayat bernama Tod (Tony Rakkaen) mendapat tugas untuk menunggui rumah sepasang pengantin muda Mike (Peter Knight) dan Cherry (Kamklao Duaysianklao) yang baru meninggal secara misterius seminggu setelah mereka menikah. Selama berada di rumah pasangan pengantin tersebut, Tod menemukan beberapa fakta bahwa Cherry diperlakukan kasar oleh suaminya, sehingga tumbuh rasa simpati - yang kemudian berubah menjadi cinta - Tod pada Cherry. Demi "melindungi dan menyelamatkan" Cherry, Tod memisahkan peti mati Mike dan Cherry dan melakukan ritual agar Mike tidak mengganggu Chery di alam baka. Di akhir kisah, Tod berhasil menyibak misteri kematian Mike dan Cherry. Namun kematian mereka sangat berbeda dengan apa yang diduga Tod.

Kirati Nakintanont dipercaya sebagai sutradara cerita pendek ini. Dalam cerita ini, Anda akan mendengar lagu Wedding March yang dibuat dalam versi horror yang mendirikan bulu roma.


3. O.T.
Cerita pendek terakhir mengisahkan tentang 2 orang Direktur perusahaan iklan bernama Karan (Chakrit Yamnam) dan Tee (Ray McDonald) yang gemar melakukan kejahilan pada para staf mereka. Di satu malam, saat beberapa staf mereka sedang lembur, keduanya menjahili para staf yang lembur, sehingga semuanya kabur. Bump (Prachakom Piyasakulkaew) dan Ging (Kanyarin Nithinaparath) adalah dua staf terakhir yang terpaksa lembur karena mempersiapkan presentasi dan rapat besok pagi. Keduanya mengalami kejahilan berulang-ulang dari direkturnya, dan mereka pun ikut-ikutan membalas kejahilan kedua direkturnya tersebut.

Selama aksi balas-membalas kejahilan tersebut, tanpa mereka sadari, ternyata menelan korban. Dua di antara mereka berempat tewas akibat kejahilan yang mereka lakukan. Dan dua orang tersebut tidak saja bermain membalas kejahilan yang mereka terima, namun juga membalaskan kematian mereka kepada dua orang yang telah menjahili mereka.

Cerita pendek terakhir yang mendebarkan sekaligus kocak ini disutradarai oleh Isara Nadee.


Film 3 A.M. ini memang memiliki format cerita yang mirip dengan film Bangkok Haunted (2001) maupun 4bia (2006), film produksi Thailand yang juga pernah sukses saat dirilis. Dalam Bangkok Haunted yang disutradarai Oxide Pang dan Pisut Praesangeam mengisahkan tentang 3 orang wanita yang berkumpul di sebuah kafe, lalu masing-masing menceritakan kisah horror. Sedangkan 4bia terdiri dari 4 cerita pendek, yang masing-masing ceritanya memiliki unsur kejutan di ending setiap ceritanya.

Hal ini pun yang terjadi pada 3 A.M. di mana setiap ending ceritanya memiliki unsur kejutan yang sama sekali tidak terduga dan membuat para penonton penasaran.

Bagi Anda yang menyukai film horror dengan alur yang tidak terduga, tampaknya film ini akan menjadi tontonan yang mengasyikkan selama liburan.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment