Recommended Movie - JOURNEY TO THE WEST : CONQUERING THE DEMONS (2013)

Jujur, ini film yang "berat" sekali untuk saya tonton. Bukan karena kandungan ceritanya yang berat, namun film ini sangat tidak meyakinkan dari berbagai segi. Poster filmnya tidak keren. Stephen Chow menjadi sutradaranya. Plotnya versi komikal dari Journey To The West. Para pemerannya tidak keren (kecuali si cantik Shu Qi). Dengan hal-hal minus sebanyak itu, cukup "berat" rasanya untuk bisa menarik perhatian saya menonton film ini.


Namun setelah film ini dirilis - dan menjadi box office di kawasan Asia Tenggara, terutama Hong Kong dan China - barulah saya mulai penasaran dengan film ini.

Well.... film ini mengisahkan legenda Perjalanan ke Barat atau Petualangan Sung Go Kong dari sisi yang berbeda dan cukup "ekstrim". Kisahnya diambil dari sudut pandang Pendeta Tang Sang-zang sebelum dirinya menjadi Bhiksu Budha. Alkisah Tang (diperani Weng Zhang) adalah seorang Pendeta Pengusir Siluman yang berkeliling untuk menangkap dan mengusir para siluman. Dalam perjalanannya, dia berkenalan dengan seorang wanita pengusir Siluman bernama Duan (Shu Qi) yang memiliki kemampuan menangkap Siluman dengan gelang-gelang emasnya yang bisa membesar dan mengecil sesuai kemauan.

Setelah berhasil menaklukkan Siluman Ikan, Tang dan Duan kemudian bertarung melawan Siluman Babi yang tidak terkalahkan. Tang lalu mendapatkan informasi bahwa orang yang tahu cara mengalahkan Siluman Babi adalah Raja Kera Sun Go Kong yang dikurung di Gunung 5 Jari. Tang kemudian ke Gunung tersebut dan berhasil menemukan Sun Go Kong. Sang Raja Monyet kemudian membuat siasat sehingga Siluman Babi berhasil ditaklukkan. Namun diam-diam, Sun Go Kong menjebak Tang sehingga membuat si Raja Monyet terbebas dari kurungan. Tanpa perikemanusiaan, Go Kong menyiksa Tang dan  membunuh Duan, yang diam-diam jatuh hati pada Tang.

Marah karena sikap Go Kong tersebut, akhirnya Tang menggunakan mantra Sutra Budha untuk menangkap Go Kong dan memasang gelang emas milik Duan ke kepala Go Kong. Gelang itulah yang kemudian mengendalikan perangai Go Kong menjadi penurut. Sejak itu, Tang memutuskan menjadi Pendeta Budha dan mengemban tugas membawa kitab Tripitaka ke Barat guna menyebarkan dharma Budha di sana. Dan perjalanan legendaris Pendeta Tang bersama 3 orang muridnya (Wu Ching, Ti Pat Kay, dan Sun Go Kong) pun dimulai.

Sebagai sebuah tontonan hiburan, film arahan sutradara Stephen Chow dan Derek Kok ini memang sangat menghibur. Sepanjang 110 menit, penonton disuguhi tontonan slapstik dan komikal khas Stephen Chow yang dibawakan oleh para pemain dalam film ini. Ceritanya dibuat sangat nyeleneh dan melenceng dari pakem sebenarnya, sehingga cukup membingungkan para penonton yang sudah sangat paham betul alur cerita Journey To The West. Pastinya, jangan terlalu serius menonton film ini.

Selain Wen Zhang dan Shu Qi, film ini juga didukung oleh banyak aktor dan aktris populer Hong Kong dan China, seperti Huang Bo, Show Luo, Lee Sheung Ching, Xing Yu, Chrissie Chau, dan lain-lain.

Film ini meraih sukses yang luar biasa di kawasan Asia Tenggara. Saat dirilis tanggal 10 Febrauri 2013 silam di China, film ini langsung menduduki peringkat pertama film box-office lokal China dengan perolehan mencapai US$ 19.6 juta, mengalahkan film Hollywood Transformers : Dark of The Moon, menjadikan film ini sebagai film produksi China-Hong Kong dengan pendapatan tertinggi saat ini. Hingga hari ini, film Journey To The West : Conquering The Demons sudah meraih penghasilan hingga US$ 200 juta di China, US$ 3.6 juta di Hong Kong, US$ 3.2 juta di Malaysia, dan US$ 1.8 juta di Singapura, sehingga total penghasilannya adalah US$ 208.8 juta.


DO YOU KNOW? 
Ini adalah film kedua Stephen Chow yang bertemakan legenda Sun Go Kong. Tahun 1995 silam, Chow bermain dalam film dwilogi A Chinese Odyssey di mana dalam film arahan sutradara Jeffrey Lau itu, Chow berperan sebagai Joker yang merupakan titisan dan reinkarnasi dari Si Raja Kera Sun Go Kong. Dalam Journey To The West : Conquering The Demons, Stephen Chow duduk di bangku produser dan sutradara. Sedangkan peran Go Kong diserahkannya pada aktor kelahiran China, Huang Bo.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment