10 Selected New Korean Series (October 2013)

Setelah dua bulan ini vakum, akhirnya saya membuat kembali daftar 10 serial televisi Korea terbaru. Mohon maaf, karena dalam 2 bulan terakhir ini tidak terlalu banyak serial televisi baru yang ditayangkan di televisi Korea Selatan. Kalau pun ada, tidak banyak yang bagus. Dan setelah 2 bulan, akhirnya ada juga serial yang cukup layak untuk ditonton. Apa saja serial tersebut?

1. KING'S FAMILY
Produksi :  KBS2
Tanggal tayang : 31 Agustus 2013 - 16 Februari 2014
Total episode  : 50

Serial ini mengisahkan tentang kehidupan keluarga Wang yang merupakan keluarga Korea kebanyakan. Wang Soo-Bak (diperani Oh Hyun-kyung) menikah dengan seorang pengusaha kaya bernama Go Min-joong (Joo Sung-ha). Namun tidak lama berselang, usaha Go Min-joong hancur dan bangkrut. Karena itu, Wang Soo-bak kemudian memutuskan untuk kembali dan tinggal di rumah orang tuanya. Sementara itu, adiknya, Wang Hoo-bak (Lee Tae-ran), juga menghadapi masalah finansial karena suaminya yang kehilangan pekerjaan. Belum lagi ketiganya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai guru dan memilih menjadi penulis.


Sepanjang serial ini akan menampilkan perjuangan keluarga Wang dalam menghadapi kehidupan yang berat, termasuk perlakuan diskriminasi orang kaya terhadap orang miskin, gaya hidup glamor masyakarat sekitar, perseteruan suami dan istri, pengasuhan anak, dan lain-lain. Dengan kisah yang sangat membumi dan dekat dengan keseharian masyarakat Korea, tidak heran serial ini diminati banyak orang Korea. Dalam rating pun serial ini terbilang cukup fantastis, karena setiap episodenya selalu bertengger di posisi 1. Luar biasa...!!!


2.  THE FIRSTBORN
Produksi :jTBC
Tanggal tayang :14 September 2013 - TBA
Total episode  : 50

Drama mengharukan ini mengisahkan tentang 5 orang anak dari 1 keluarga yang diadopsi oleh keluarga lain setelah orang tua mereka meninggal. Serial ang mengambil setting tahun 1960 ini akan mengisahkan perjalanan hidup mereka hingga pada akhirnya kelimanya dewasa dan menjadi orang sukses.

Para bintang yang mendukung serial ini adalah Yoon Jung Hee, Jae Hee, Oh Yoon Ah, dan Oh Jae Moo. Serial yang berpotensi akan menduduki posisi 5 besar dalam rating serial televisi Korea ini baru saja tayang tanggal 14 September silam, dan sejauh ini mendapatkan respon yang cukup positif.


3. POTATO STAR 2013QR3
Produksi : tvN
Tanggal tayang :23 September 2013 - TBA
Total episode  :120

Serial komedi yang diperani Yeo Jin Goo, Lee Soon Jae, No Joo Hyun, Geum Bo Ra, dan Go Kyung Pyo ini mengisahkan tentang seorang pria ahli programing bernama Hong Hye Sung (Yeo Jin Goo) yang mengimpikan menjadi orang sukses seperti Mark Zuckerberg (pendiri Facebook). Satu ketika sebuah komet raksasa yang disebut 2013QR3 tiba-tiba melintas orbit bumi dan terlihat jelas di Korea. Sejak itu, terjadi banyak fenomena aneh dan misterius terjadi di Korea, termasuk kejadian aneh pada diri Hong Hye Sung.

Sekilas serial ini mirip dengan serial film Hollywood berjudul Heroes yang pernah populer beberapa tahun silam. Bedanya, jika Heroes dibuat dengan cerita yang cukup kompleks dan menegangkan, serial Potato Star justru dibuat dalam bentuk komedi yang akan bikin ngakak dan perut sakit.


4. THE SUSPICIOUS HOUSEKEEPER
Produksi : SBS
Tanggal tayang :23 September - 26 November 2013
Total episode  : 20

Serial ini merupakan remake dari serial Jepang berjudul Kaseifu no Mita (2011), mengisahkan tentang seorang istri di sebuah keluarga yang tiba-tiba meninggal dunia. Beberapa hari sepeninggalnya sang istri, tiba-tiba keluarga itu mendapat pembantu rumah tanggal bernama Park Bok Nyeo (Choi Ji Woo) yang ditugasi untuk mengasuh keempat anak dari keluarga tersebut. Gosip menyebutkan jika pembantu ini akan melakukan apapun yang diperintahkan padanya, termasuk membunuh. Hal ini menimbulkan dugaan kalau si pembantulah yang telah membunuh istri dari keluarga tersebut. Dugaan lain menyebutkan jika sang pembantu adalah selingkuhan dari sang suami keluarga tersebut.

Seiring berjalannya waktu, terungkap jika pembantu rumah tangga tersebut justru merupakan katalis dan penghubung antar para anggota keluarga. Dia kemudian mempersatukan satu-persatu dari mereka yang hubungannya sudah retak pasca meninggalnya ibu mereka, sehingga pada akhirnya bisa menerima kehilangan tersebut dan dapat bersatu kembali.

Selain Choi Ji Woo, serial ini diperani pula oleh Lee Sung Jae, Kim So Hyun, dan Chae Sang Woo.

Saat ditayangkan, serial yang judul Koreanya Susanghan Gajeongbu ini mendapatkan kritikan dari Korean Woman Workers Association dan National House Management Cooperative lantaran judulnya yang menggunakan kata "Gajeongbu" yang berarti "Pembantu Rumah Tangga" yang konotasinya cukup kasar. Mereka meminta untuk menggantinya menjadi Gajeong Gwanlisa yang berarti "Manager Pengatur Rumah". Pihak SBS sebagai produser kemudian menjelaskan kalau penggunaan kata Gojeongbu itu dikarenakan secara harafiah, kata tersebut memiliki kesamaan dengan kata "Kaseifu" yang merupakan judul serial ini dalam bahasa Jepang. Walau berkeras tidak mengubah judul, namun pihak SBS setuju untuk menambahkan beberapa adegan yang nantinya akan menjelaskan kepada publik alasan penggunaan kata Gojeongbu serta perbedaannya dengan Gojeong Gwanlisa.

Kontroversi soal judul serial ini ternyata berdampak pada rating serial ini, yang mana setiap episodenya hanya bertengger di antara 15 - 18. Mudah-mudahan dalam beberapa episode ke depan rating serial ini dapat lebih baik lagi.


5. SECRET
Produksi : KBS2
Tanggal tayang :25 September - 28 November 2013
Total episode  : 20

Drama romantis ini mengusung cerita yang cukup unik. Menuturkan tentang Jo Min Hyuk (Ji Sung), seorang pria tampan dari keluarga kaya. Walaupun kaya, Jo Min Hyuk sombong dan tidak punya empati pada orang lain. Satu ketika, kekasihnya tewas dalam sebuah kecelakaan tabrak-lari yang dilakukan oleh Ahn Do Hoon (Bae Soo Bin). Ketika tahu menabrak orang hingga tewas, Do Hoon justru mengkambinghitamkan kekasihnya, Kang Yoo Jung (Hwang Jung Eum), sehingga Yoo Jung harus masuk penjara akibat perbuatan kekasihnya tersebut.

Awalnya, Min Hyuk memendam dendam pada Yoo Jung. Namun setelah tahu kenyataan sebenarnya, hatinya luluh dan berganti cinta. Dia kemudian mencari berbagai cara untuk menyelamatkan Yoo Jung dari jeruji penjara. Sementara itu, Shin Se Yeon (Lee Da Hee) memendam rasa cinta yang mendalam pada Min Hyuk dan berharap bisa mendapatkan pria tampan itu. Ketika mengetahui bahwa hati Min Hyuk telah berlabuh pada Yoo Jung, Se Yeon mencari berbagai cara untuk menghalangi hubungan cinta mereka.


6. WILL YOU LOVE AND GIVE IT AWAY?
Produksi :MBC
Tanggal tayang :28 September 2013 - 16 Maret 2014
Total episode  :50

Seorang pria duda dan wanita janda sepakat untuk menikah di usia mereka yang sudah tidak muda lagi. Well... tidak masalah sebenarnya buat mereka. Namun bagaimana dengan anak-anak mereka yang telah remaja? Bagaimana anak-anak dari dua keluarga yang berbeda itu harus saling menyatu dan menerima satu dengan yang lain? Inilah cerita utama dari serial yang menyentuh hati ini.

Diperani Lee Sang Yeob, Hong Soo Hyun, Suh Ji Suk, dan Shin Da Eun, serial dengan total 50 episode ini akan menampilkan perbedaan antara dua keluarga tersebut yang mana keduanya mau-tidak mau harus bersatu demi keutuhan keluarga dan kebahagiaan orang tua mereka.

Sejauh ini, masyarakat Korea menaruh perhatian yang cukup baik pada serial ini. Hal ini terlihat dari rating serial ini yang rata-rata episodenya berada pada posisi 4 - 6.


7.KING'S DAUGHTER SU BAEK HYANG
Produksi :MBC
Tanggal tayang : 30 September 2013 - TBA
Total episode  : 100

Drama serial kolosal ini mengambil setting masa Raja Moo Ryang dari Baekjae memerintah, di mana pusat ceritanya mengisahkan tentang Su Baek Hyang, anak tertua dari Raja Moo Ryang, yang gagal mendapatkan gelar Putri Kerajaan karena sikap arogan dan ambisius dari Sol Hui, anak bungsu raja. Walau diperlakukan tidak adil, Baek Hyang yang rendah hati dan pekerja keras, belajar untuk mengalah demi kebaikan kerajaannya. Sikapnya ini tidak saja mengubah nasibnya tetapi juga bangsa dan negaranya.

Dengan diperani Seo Hyun Jin, Seo Woo, Lee Jae Ryong, Jo Hyun Jae, dan Jun Tae Soo, serial ini baru mulai tayang tanggal 30 September 2013 silam.


8. UNEMPLOYED ROMANCE
Produksi : E-Channel
Tanggal tayang : 5 Oktober - 7 Desember 2013
Total episode  : 10

Drama komedi ini mengisahkan tentang Im Seung Hee (Lee Young Ah), seorang penulis yang memimpikan untuk jadi seorang penulis drama. Masalahnya, Seung Hee adalah seorang pengangguran yang tidak bekerja dan hanya mengandalkan hidupnya dari uang bantuan pemerintah terhadap pengangguran. Walau demikian, Seung Hee tidak putus asa dan terus berjuang untuk meraih impiannya. Seung Hee kemudian berkenalan dengan Jong Dae (Nam Goong Min), pekerja di pemerintahan yang menangani para pengangguran yang menerima bantuan pemerintah. Perkenalan itu berlanjut dengan hubungan asmara di antara mereka berdua. Akankah kisah cinta mereka berlanjut bahagia? Akankah Seung Hee dapat meraih impiannya?

Tidak bisa dipungkiri kalau daya tarik serial ini terletak pada 2 tokoh utama serial ini : Lee Young Ah dan Nam Goong Min. Lee Young Ah adalah aktris cantik dan juga model. Dia terkenal setelah membintang serial televisi King of Baking Kim Tak Goo (2008). Sedangkan Nam Goong Min adalah aktor populer Korea yang banyak diidolakan para gadis Korea. Salah satu serial populer yang diperani Goong Min dan mencuri hati para gadis Korea adalah Can You Hear My Heart (2011).


9. THE GHOST SEEING DETECTIVE CHEO YONG
Produksi : OCN
Tanggal tayang : 6 Oktober - 8 Desember 2013
Total episode  : 10

Tampaknya serial misteri horror masih merupakan tren tersendiri di Korea. Kali ini muncul lagi serial misteri baru yang bakal mendirikan bulu kuduk para penonton. Serial ini mengisahkan tentang Detektif Yoon Cheo Yong (Oh Ji Ho), yang sejak lahir telah dapat melihat dan mendengar hantu. Menggunakan kemampuan supranaturalnya ini, Cheo Yong bersama rekan kerjanya Detektif wanita Ha Sun Woo (Oh Ji Eun) dan hantu remaja Han Na Young (Jun Hyo Sung) menyidiki kasus-kasus misterius yang tidak terpecahkan oleh manusia.


10. TAKE MY HAND
Produksi : MBC
Tanggal tayang : 7 Oktober 2013 - TBA
Total episode  : 100

Serial melodrama ini akan mengisahkan tentang seorang wanita yang dituduh telah membunuh ibunya sendiri. Akibatnya, dia disingkirkan dari keluarganya dan harus kehilangan segalanya. Sang wanita kemudian berjuang keras untuk membersihkan namanya, dan melenyapkan siapapun yang telah menghancurkan hidupya.

Serial ini diperani oleh Park Shi Eun, Jin Tae Hyun, Bae Geu Rin, dan Lee Jae Hwang.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment