Movie Review - MIRACLE IN CELL NO. 7 (7번방의 선물)

Film Korea arahan sutradara Lee Hwan-kyung ini sebenarnya dirilis sejak 23 Januari 2013. Tapi hingga minggu ini, film tersebut masih menjadi jawara dan menduduki peringkat pertama Box Office Korea Selatan. Tidak mengherankan sebenarnya karena film ini KEREEEEEENNNN banget. Selain menguras emosi, juga menguras air mata.

Film ini mengisahkan tentang Lee Yong-gu (diperankan dengan sangat jenius oleh Ryu Seung-ryong) seorang pria yang mengalami gangguan mental dan bekerja sebagai tukang parkir. Dia memiliki seorang anak berusia 6 tahun bernama Ye-Sung (Kal So-won) yang sangat cerdas dan mengasihi ayahnya.

Satu ketika di tahun 1993, Ye-sung ingin dibelikan tas Sailor Moon. Kebetulan dia dan ayahnya melihat tas tersebut di sebuah toko. Namun, saat ingin membeli, tas tersebut ternyata sudah dibeli oleh anak seorang Komisaris Polisi. Yong-gu yang kala itu memohon agar tas tersebut dijual padanya, justru dikira ingin mengganggu anak sang Komisaris sehingga dipukuli.

Keesokan harinya, anak sang Komisaris menemui Yong-gu dan mengajaknya ke sebuah toko yang juga menjual tas Sailor Moon itu. Tidak disangka dalam perjalanan, anak itu terpeleset, jatuh, lalu meninggal dunia. Yong-gu yang bermaksud menyelamatkan nyawa anak tersebut, malah disangka ingin melakukan pemerkosaan pada sang anak, sehingga dia ditangkap.

Kasus kematian anak Komisaris tersebut didramatisir media massa sedemikian rupa,sehingga orang-orang menghujat Yong-gu sebagai pemerkosa anak dan terancam hukuman mati.

Di dalam penjara, Yong-gu ditempatkan dalam 1 sel bersama beberapa orang pelaku kejahatan. Awalnya mereka tidak menyukai Yong-gu.  Namun berjalannya waktu, mereka kemudian menyadari kalau Yong-gu bukanlah orang yang mereka duga. Bahkan mereka prihatin dengan Yong-gu yang harus berpisah dengan anaknya. Dengan berbagai cara, rekan-rekan sesel Yong-gu mengupayakan agar Ye-Sung bisa menyusup masuk ke penjara dan menemui ayahnya. Selain itu, mereka pun bersatu membantu Yong-gu agar terbebas dari hukuman.

Namun usaha rekan-rekan satu sel Yong-gu akhirnya berarti dengan kegagalan, setelah Komisaris Polisi campur tangan dan tetap menghukum mati Yong-gu.

Tujuh belas tahun kemudian, Ye-Sung (Park Shin-hye)yang telah tumbuh dewasa, mengajukan banding pada pengadilan demi membersihkan nama ayahnya. Walau Yong-gu telah tiada, namun di akhir cerita, namanya berhasil dibersihkan oleh anaknya.

Walau ending film ini bukan "happy ending" seperti film drama biasa, namun banyak adegan menyentuh dalam film ini yang sangat mengharukan dan mampu membuat orang berlinang air mata. Kelebihan dari film ini pun adalah tidak menyertakan satu pun aktor maupun artis papan atas Korea. Bahkan hampir semuanya (kecuali Park Shin-hye pemeran Ye-Sung dewasa dan Kal So-won pemeran Ye-Sung kecil) tidak memiliki wajah tampan. Namun akting mereka sangat meyakinkan dan mengharukan.

Yang paling menarik perhatian sepanjang film adalah akting Kal So-won, pemeran Ye-sung kecil, yang sangat menggemaskan, sekaligus mengharukan. Mungkin karena akting lugunya inilah yang membuat orang menitikkan air mata.

Selain menjadi film terlaris di Korea, film ini pun meraih menghargaan untuk Most Popular Actress (Park Shin-hye) di ajang Baeksang Arts Awards 2013.


TRIVIA FACTS :
Film ini memulai waktu shooting tanggal 20 Juni 2012 di Daejeon, Korea Selatan. Scene pertama yang dibuat adalah adegan Yong-gu pertama kali berkenalan dengan rekan-rekan satu selnya.

Shooting film ini berakhir tanggal 10 Oktober 2012 di Jeollabuk-do, Korea Selatan, di mana scene terakhir film ini adalah adegan usaha teman-teman satu sel Yong-gu yang berusaha menyelinapkan Ye-sung masuk ke penjara.

Awalnya film ini diberi judul "12 Wol 23 Il" (December 23).

Berdasarkan hasil penjualan tiket di Korea Selatan sepanjang tahun 2013, hingga tanggal 20 Oktober 2013, Miracle in Cell No. 7 telah ditonton 12,8 juta orang dan menempatkannya di posisi ketiga Film dengan Perolehan Penjualan Tiket Tertinggi di Korea Selatan. Ada pun posisi pertama dan kedua diduduki oleh film The Host (13 juta), dan The Thieves (12,98 juta).



NewerStories OlderStories Home

1 comment: