Movie Review - THE TOWER

Mungkin film ini cukup "terlambat" saya bahas, namun tidak ada salahnya diulas sekarang, mengingat film ini memiliki prestasi yang cukup luar biasa. The Tower dirilis 25 Desember 2012 silam di Korea dan menjadi film kedua yang meraih penjualan tiket terbanyak dalam satu malam, yaitu sebanyak 431.759 tiket. Beda tipis dengan The Thieves (2012) yang meraih menjualan sebanyak 436.628 tiket. Hingga 22 Januari 2013, film ini telah ditonton lebih dari 5 juta orang dan menjadi film pertama di awal tahun 2013 yang mencapai rekor tersebut.

The Tower mengisahkan tentang Lee Dae-ho (diperankan oleh Kim Sang-kyung), seorang duda beranak satu yang juga seorang Manager Keamanan sebuah gedung perkantoran megah berlantai 108 di Seoul. Di Malam Natal, Dae-ho mengajak anaknya, Ha-Na. untuk ikut serta dengannya ke tempat kerja. Diam-diam Dae-ho "memanfaatkan" anaknya agar bisa dekat dengan Seo-Yoon-hee (So Ye-jin), Manager Restoran di gedung tersebut.

Di hari tersebut, Presdir Jo (Cha In-pyo) - Pemilik Gedung tersebut - mengadakan pesta Natal dengan mendatangkan helikopter yang terbang di sekitar gedung dan menebarkan salju. Rupanya helikopter tersebut mengalami masalah sehingga terbang menghantam gedung. Sontak terjadi kebakaran besar. Sebagian besar orang di dalam gedung terjebak.

Dae-ho berjuang keras menyelamatkan orang-orang di dalam gedung, termasuk Ha-Na, dan Yoon-hee. Di waktu bersamaan, petugas pemadam kebakaran Kang Young-ki (Sol Kyung-gu) juga berjuang keras memadamkan api dan menyelamatkan orang di dalam gedung. Bersama Dae-ho, mereka kemudian saling bahu-membahu menyelamatkan nyawa banyak orang.

Karena diedarkan tanggal 25 Desember 2012 hingga awal tahun 2013, film yang disutradarai Kim Ji-hoon berdurasi 120 menit ini meraih 2 prestasi : sebagai film super box-office kedua di tahun 2012 (setelah The Thieves) dan film pertama di tahun 2013 yang ditonton lebih dari 5 juta orang. Film ini pun mendapatkan apresiasi yang baik di berbagai negara, dan berhasil menduduki peringkat pertama box-office di Inggris, Jerman, Turki, Singapura, Malaysia, dan Hong Kong.


TRIVIA FACTS : 
Menurut Sutradara Kim Ji-hoon, The Tower terinspirasi dari film Hollywood The Towering Inferno (1974). Film tersebut mengisahkan hal yang sama, di mana sebuah gedung pencakar langit mengalami kebakaran di Malam Natal. Film tersebut dibintangi oleh Steve McQueen dan Paul Newman. Selain mendapatkan 3 penghargaan Oscar (Best Original Song, Best Cinematography, dan Best Film Editing), film tersebut menjadi film dengan perolehan tertinggi tahun 1974.

Selain The Towering Inferno, ide pembuatan film The Tower juga terinspirasi dari pengalaman sang sutradara Kim Ji-hoon saat masih bersekolah di SMA saat mengunjungi Gedung 63 yang terletak di Seoul. Pada saat itu, dia membayangkan bagaimana rasanya terjebak di dalam gedung tersebut. Ide inilah yang kemudian dimunculkannya di film The Tower arahannya ini.

Untuk menciptakan suasana gedung berlantai 120 ini, tim produksi film The Tower membuat sedikitnya 26 set berbeda untuk shooting.

Terdapat 1,700 adegan yang menggunakan CGI dalam film ini.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment