Fakta Mengejutkan dari Film Horor Masa Kini

EVIL DEAD (2013)
Jika Anda dengan sabar menonton film ini hingga penghujung film (setelah tayangan end-credit berakhir), maka akan ada adegan di mana Bruce Campbell - pemeran karakter Ash di film Evil Dead (1983) - menghadapkan kamera ke arahnya dan berkata "Groovy" dengan gaya khasnya. Gaya itu merupakan gaya khas yang digunakan Bruce Campbell di film "Evil Dead 2".

Lima orang karakter utama dalam film ini adalah : David (diperani Shiloh Fernandez), Eric (Lou Taylor Pucci), Mia (Jean Levy), Olivia (Jessica Lucas), dan Natalie (Elizabeth Blackmore). Apabila semua huruf awal kesemua karakter tersebut digabung, maka Anda akan membaca kata : DEMON.

Mobil yang diduduki Mia di belakang rumah tua di hutan adalah mobil Delta 88, yang tidak lain adalah mobil tua milik Sam Raimi. Sam Raimi adalah sutradara Evil Dead versi original film ini.


THE CABIN IN THE WOODS (2012)
Film ini menampilkan banyak mahluk dan monster dari film-film horror populer. Badut psikopat bersenjatakan pisau merupakan mahluk dari film Killer Clowns from Other Space. Kelelawar pembunuh merupakan kelelawar dari film Bats. Pembunuh bergergaji mesin merupakan Leather Face dari film Texas Chainsaw Massacre. Dokter buruk rupa yang mengoperasi korbannya sambil melihat ke kamera merupakan psikopat di film House On Haunted Hill. Dan zombi berleher merah yang bangkit dari kematian adalah mahluk yang ada di film Evil Dead.


DEVIL (2010)
Lima orang karakter yang terjebak di dalam lift memiliki kesamaan warna merah : tas sang mekanik, rambut wanita tua, kuku wanita muda, logo lambang perusahaan pada seragam petugas sekuriti, dan dasi sang salesman.


FRIDAY THE 13TH (2009)
Produser membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan hak paten atas film Friday the 13th sebelum memproduksi seri terbaru film ini. Hal ini terjadi karena hak peredaran film ini dipegang oleh 3 pihak yang berbeda : Paramount memegang hak atas produksi dan semua aspek dari seri pertama film ini. Sedangkan New Line Cinema memegang hak produksi atas seri kedua dan 3 seri berikutnya dari franchise ini. Platinum Dunes memegang hak untuk memproduksi versi terbaru film ini.


DEAD SILENCE (2007)
Film ini menampilkan beberapa unsur yang ada di franchise film Saw. Ini mungkin bisa dimaklumi mengingat sutradara film ini - James Wan - adalah juga sutradara semua franchise film Saw. Seperti misalnya adegan saat Detective Jim Lipton (diperani Donnie Wahlberg) berada di ruang atas teater yang berisi boneka. Pada adegan tersebut, Anda bisa lihat beberapa boneka yang juga digunakan di film Saw.

Hal serupa tampak pada adegan saat kepala boneka ventriloquist berputar ke kiri, menatap boneka badut yang duduk di kursi goyang. Tampak Boneka Billy dari film Saw tergolek tidak jauh dari kursi tersebut.

Donnie Walhberg yang bermain sebagai Detective Jim Lipton ini juga bermain dari 4 seri franchise Saw (Saw II, Saw III, Saw IV, dan Saw V) sebagai Detective Eric Matthews.


SILENT HILL (2006)
Banyak unsur dari game Silent Hill yang diadaptasi dengan sangat detil ke dalam film ini. Salah satunya adalah jalan tempat di mana Rose (diperani Radha Mitchell) terbangun setelah mengalami kecelakaan. Jalan tersebut didesain sedemikian rupa, persis sama seperti apa yang tampak di game Silent Hill.  Terdapat 107 set tempat yang dibuat menyerupai suasana di kota Silent Hill versi game.

Setting jalan di film Silent Hill
Untuk menciptakan suasana seperti game, Akira Yamaoka - kreator game Silent Hill - diundang dan diterbangkan dari Jepang ke lokasi shooting beberapa kali guna memberikan masukan mengenai hasil shooting film.

Christophe Gans - sutradara film Silent Hill - membawa televisi 40 inci dan Play Station 2 miliknya ke lokasi shooting dan memainkankan game Silent Hill di lokasi shooting. Selama bermain, dia meminta kru dan para pemain film untuk memperhatikannya cara bermain, agar mereka semua paham adegan seperti apa yang ingin dia buat dan bagaimana gerakan kamera harus dilakukan untuk mendapatkan nuansa seperti yang ada di game.

Christophe Gans membutuhkan waktu 5 tahun untuk mendapatkan hak paten dari Konami untuk memproduksi Silent Hill menjadi film. Berbagai usaha dilakukannya guna mendekati para eksekutif Konami dan mendapatkan restu mereka. Salah satunya adalah dengan mengirimkan rekaman video pada para eksekutif tersebut dengan menerangkan tujuan dan keinginannya untuk mengadaptasi Silent Hill.


THE OMEN (2006)
Perhatikan wallpaper kamar tidur Damien (diperani Seamus Davey-Fitzpatrick). Jika Anda perhatikan dengan seksama, desain wallpaper tersebut adalah rangkaian dari angka 6.

Guna menciptakan nuansa mistis, film ini dirilis di pertengahan minggu, bukan akhir minggu seperti yang biasa dilakukan oleh para distributor film pada umumnya. The Omen dirilis di hari Selasa, tanggal 6 Juni 2006 (06/06/06).

Harvey Stephens - pemeran Damien di versi original The Omen (1976) - tampil sebagai cameo dalam film ini. Di film The Omen ini, Stephens berperan sebagai seorang kameramen yang berdiri di luar Kedutaan Besar Amerika Serikat.


THE RING TWO (2005)
Saat Rachel (diperani Naomi Watts) berbicara dengan Dr Emma Temple (Elizabeth Perkins), disebutkan bahwa "Dr Koji" adalah dokter yang sebelumnya pernah merawat Rachel untuk penyakit PPD yang dideritanya. Percakapan ini adalah guyonan untuk Koji Suzuki, penulis dan pengarang novel Ringu (versi Jepang).

Daveigh Chase
Daveigh Chase - pemeran Samara, sang arwah gentayangan di film ini -  menolak bermain di sekuel film The Ring versi Amerika ini karena peran yang dibawakannya jauh lebih sedikit dibandingkan seri pertamanya. Karena itu, hanya suaranya saja yang muncul di film ini.

Promosi film ini dilakukan para Marketing film dengan cara meninggalkan "video terkutuk" dari film The Ring di tempat publik yang mudah ditemukan. Di dalam video itu, selain rekaman gambar-gambar aneh "video terkutuk" di film, juga ada informasi mengenai website film The Ring Two.


LAND OF THE DEAD (2005)
Edgar Wright dan Simon Pegg - duo penulis skenario film Shaun of The Dead - turut bermain dalam film ini. Mereka berperan sebagai zombie yang berada di dekat telepon umum, saat Riley (diperankan Simon Baker) sedang berlari keluar dari tempat judi.

Awalnya film ini memiliki 3 judul alternatif : Twilight of the Dead, Dead City, dan Dead Reckoning. Studio Film 20th Century Fox berniat membeli hak paten film ini asal judul film ini diganti menjadi Night of The Living Dead. George A. Romero - sutradara dan penulis film ini - menolak dan menghendaki film ini diberi judul Dead Reckoning. Studio 20th Century Fox tetap bersikukuh untuk menggunakan judul mereka, dengan menggabungkan judul usulan Romero, sehingga judul film ini pun menjadi cukup panjang, yaitu Night of The Living Dead : Dead Reckoning. Romero tetap tidak setuju untuk menggunakan judul tersebut, dan memutuskan untuk tidak bekerja sama dengan 20th Century Fox. Pada akhirnya hak produksi film ini dibeli oleh Universal Studio dan judulnya disepakati menjadi "Land of The Dead".

Karena dinilai terlalu sadis, film ini dilarang beredar di Ukraina.


DAWN OF THE DEAD (2004)
Film ini diawali dengan adegan sebuah kendaraan yang hilang kendali dan menabrak sebuah SPBU, sehingga menimbulkan ledakan dasyat. Adegan ini sama persis seperti adegan awal film "Night of The Living Dead" (1968)

Adegan di dalam dan atap mal dilakukan di Thornhill Square Shopping Center di Thornhill, Ontario. Mal tersebut sebenarnya sudah ditutup, sehingga dapat dengan leluasa digunakan oleh para kru untuk melakukan shooting film. Toko di dalam mal semuanya dirombak total.

Dawn of The Dead adalah film kedua di mana Lindy Booth dan Kim Poirier bermain bersama. Sebelumnya mereka bekerja sama dalam film American Psycho 2.

Dalam film ini, para zombi  bergerak cepat dan sangat agresif, sangat berbeda dengan versi asli film ini (produksi tahun 1978) yang mana para zombi berjalan pelan dan lunglai. Majalah Wizard menempatkan zombi ini di rangking #5 dalam daftar "100 Greatest Villains Ever". Sejak saat itu, gaya zombi yang bergerak cepat dan agresif ini menjadi tren yang digunakan banyak film-film zombi di masa berikutnya. Salah satunya adalah serial televisi The Walking Dead yang juga menampilkan para zombi agresif yang bergerak cepat.


FREDDY VS JASON (2003)
Dalam sebuah adegan di mana Lori (diperai Monica Keena) sedang bermimpi melihat anak-anak menggoda Jason Voorheas muda dan mengenakan penutup kepala dari karung ke kepala Jason, adegan ini sebenarnya sama dengan adegan yang ada di film Friday the 13th : Part 2 (1981).

Kepala Sekolah tempat di mana Lori sekolah diperani oleh Robert Shaye, yang tidak lain adalah produser semua seri franchise film Nightmare on Elm Street.

Ronny Yu - yang merupakan sutradara film ini - sama sekali tidak tahu apa-apa soal film Jason Voorhees (Friday the 13th) maupun Freddy Kruger (Nightmare on Elm Street). Dia memproduksi film ini menggunakan insting dan pengalamannya sebagai sutradara film laga.

Film ini dibuat juga dalam bentuk novel yang diedarkan tanggal 29 Juli 2003 (filmnya sendiri baru dirilis tanggal 15 Agustus 2003). Novelnya ditulis oleh Stephen Hand dan diproduksi oleh Black Flame. Penerbit Black Flame adalah perusahaan penerbitan yang mendapatkan lisensi khusus untuk menerbitkan novel yang dibuat berdasarkan film yang diproduksi New Line Cinema.


THE RING (2002)
Nomor kamar apartemen Rachel (diperani Naomi Watts) adalah 601, yang jika kesemua angka tersebut dijumlah akan menjadi 7, yang merupakan petunjuk jumlah hari seseorang akan tewas setelah menonton film dari "video kutukan" Samara.

Promosi film ini sempat meresahkan masyarakat Amerika karena dilakukan dengan cara meletakkan "video kutukan" di berbagai tempat terbuka di Amerika. Video tersebut berisi rekaman Kutukan Samara dan sama sekali tidak menyebutkan merupakan bentuk promosi dari film apapun. Video tersebut disebarkan secara rutin ke berbagai tempat di seluruh Amerika selama 1 bulan.

Di adegan saat Rachel dan Noah (diperani Martin Henderson) berbicara di dekat sumur besar, mereka menyebutkan bahwa alasan seseorang tewas 7 hari setelah menonton "video kutukan" adalah merupakan waktu lamanya Samara bertahan hidup di dalam sumur. Penjelasan ini sama sekali tidak ada dalam The Ring versi Jepang.


JASON X (2001)
Dalam adegan saat Jason menghabisi Stoney (diperani Yani Gellman), darah Stoney menyiprati wajah Kinsa (Melody Johnson) yang berdiri di dekatnya. Sebagian darah palsu tersebut mengenai mata Melody Johnson dan menyebabkan matanya perih. Jeritan Melody di adegan tersebut bukan dibuat-buat, tapi benar-benar jeritan kesakitan.

Dalam adegan saat para marinir mengenakan pakaian tempur mereka, bersiap mengejar Jason Voorhees, salah satu di antara mereka bertanya, "Who has the BFG?" BFG merupakan istilah senjata yang digunakan dalam game PC "Quake" (!996) dan "Doom" (1993), serta merupakan senjata paling dasyat di game tersebut. BFG merupakan singkatan dari Big F**cking Gun.


FINAL DESTINATION (2000)
Adegan meledaknya pesawat Flight 180 saat mengudara di film ini (yang menjadi awal dari rentetan kecelakaan dan malapetaka di sepanjang film) merupakan adaptasi dari kejadian sebenarnya, di mana pesawat Trans World Airlines Flight 800 (TWA 800; pesawat Boeng 747 -100) meledak pada tanggal 17 Juli 1996 silam, saat baru mengudara. PEsawat TWA 800 mengangkut para murid yang berniat berlibur bersama ke Paris.

Pada adegan saat para murid sedang berjalan memasuki pesawat, Alex (diperani Devon Sawa) berjalan sambil melirik ke jendela dan melihat mobil yang membawa tas bagasi sedang melewatinya. Perhatikan nomer di atas mobil tersebut. Di sana tertulis : 666.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment