Konser Peringatan 10 Tahun Kepergian Anita Mui

Anita Mui adalah salah satu diva Hong Kong era 80-90an yang hingga hari ini masih dihormati dan digandrungi hingga hari ini. Komitmennya sebagai enterprener sejati - bahkan hingga beberapa hari sebelum kematiannya tanggal 30 Desember 2003 dilam - menjadikan inspirasi banyak orang dan pekerja seni dunia, khususnya Hong Kong. Untuk menghormati dan mengenang 10 tahun kepergian dirinya, maka Eric Tsang dan Jacky Cheung - yang merupakan sahabat Anita Mui - berencana untuk menggelar konser amal bertajuk Anita Mui's Memorial Concert yang akan diadakan tanggal 30 Desember 2013 mendatang. Semua hasil dari konser tersebut akan disumbangkan untuk penelitian kanker, serta pembangunan Sekolah Dasar di Hong Kong yang merupakan impian Anita Mui saat masih hidup.

Lokasi konser masih belum dipastikan karena belum mendapatkan izin dari pihak berwenang, serta konfirmasi dari pemilik gedung. Menurut sumber terdekat kami, ada 3 tempat yang mungkin akan digunakan sebagai tempat konser tersebut : Hong Kong Convention & Exhibition Centre, Kownloon Bay International Trade and Exhibition Centre, dan Exhibition Centre dekat Hong Kong International Airport.

Harga tiket dipatok HKD 980, HKD 680, dan HKD 480, sudah dapat dipesan mulai sekarang melalui website fansclub resmi Anita Mui (http://www.anitamuinet.com/). Dalam konser tersebut telah dipastikan sahabat-sahabat Anita Mui akan ikut berpartisipasi, di antaranya Andy Lau, Eason Chan, Miriam Yeung, William So, dan Denise Ho. Buat para penggemar Anita Mui, konser ini tentu tidak akan dilewatkan begitu saja.


TENTANG ANITA MUI
Buat kaum muda yang lahir di era 2000an, tentu tidak akan mengenai siapa dirinya. Anita Mui (Mei Yen Fang; 梅艷芳 ) adalah artis legendaris Hong Kong yang di masanya meraih banyak penghargaan karena lagu-lagunya yang fenomenal dan hampir selalu menduduki posisi tertinggi tangga lagu Hong Kong, Taiwan, dan China. Anita Mui merupakan artis pertama Hong Kong yang pernah melakukan konser "sold-out" di Hammersmith, London, sehingga mendapat gelar "Madonna of Asia" (東方麥當娜) yang membuatnya meraih kesuksesan internasional. Gelar tersebut masih tetap melekat pada dirinya hingga hari ini.

Lahir tanggal 10 Oktober 1963, Anita Mui merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara dari sebuah keluarga "single parent" yang miskin (hingga masa hayatnya, Anita Mui tidak pernah tahu siapa ayahnya). Sejak kecil, dia telah menunjukkan bakatnya di bidang seni, di mana pada usia 4 tahun, dia telah bisa menyanyikan lagu-lagu Opera China yang terbilang cukup sulit. Dengan kemampuannya itu, Anita dan kakak perempuannya, Ann Mui (yang kelak juga adalah seorang penyanyi populer), bernyanyi di klab malam dan mengamen di jalan demi membantu perekonomian keluarga.

Tahun 1982, Anita mengikuti lomba adu bakat New Talent Singing Awards Pertama di mana dia memenangkan lomba tersebut, mengalahkan 3,000 kontestan. Kemenangan itu memberikannya kesempatan untuk merilis album pertamanya di bawah perusahaan rekaman Capital Artists. Walau album perdananya tersebut - Debt Heart (心債) - tidak laris di pasaran, namun dia tetap mendapatkan kesempatan untuk rekaman.

Di tahun 1985, untuk pertama kalinya Anita meraih penghargaan sebagai Best Female Singer dalam Top 10 Jade Solid Gold Best Female Singer Award. Penghargaan ini diraihnya terus-menerus secara beruntun hingga tahun 1989. Dan pada tahun 1989, lagunya yang berjudul Sunset Melody (夕陽之歌) meraih Gold Songs Gold Awards sebagai lagu terbaik di masa itu. Dan lagu itu kelak menjadi lagu khasnya Anita sepanjang kariernya.

Sepanjang kariernya hingga tahun 1990an, Anita Mui telah merilis lebih dari 50 album. Album terlarisnya - "Bad Girl" (壞女孩) - dirilis tahun 1985 yang terjual lebih dari 400.000 kopi. Anita pun mencatatkan rekor sebagai penyanyi muda pertama yang melakukan konser solo selama 15 malam berturut-turut di Hong Kong Coliseum. Itu terjadi saat dia baru berusia 21 tahun (tahun 1985). Kariernya terus meroket, tidak saja di Hong Kong, tetapi juga di luar Hong Kong. Tahun 1988, Anita mendapatkan kesempatan untuk bernyanyi bersama Janet Jackson di pembukaan Summer Olympics 1988 yang diadakan di Seoul.

Selain menyanyi, Anita pun juga dikenal sebagai artis berbakat. Tahun 1983 - 2002, dia menjajal dunia akting. Ada 40 film yang diperaninya sepanjang masa tersebut, mulai dari drama, eksyen, thriller, komedi, hingga horror. Dia mendapatkan penghargaan pertamanya sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik di Hong Kong Film Awards untuk penampilannya di film Behind The Yellow Line (1984). Tiga tahun kemudian, di tahun 1987, dia berhasil meraih penghargaan Best Actress di ajang Golden Horse Awards untuk filmnya Rouge. Tahun 1989, dia kembali meraih penghargaan Best Actress untuk film Rouge di Hong Kong Film Awards. Setelah itu, penghargaan demi penghargaan di bidang film terus diterimanya. Tahun 1997, dia meraih Best Supporting Actress di Hong Kong Film Awards dalam film Eighteen Springs. Dan tahun 2002, dia meraih penghargaan sebagai Best Actress di ajang Changchun Film Festival Golden Deer Awards untuk film July Rhapsody.

Seharusnya Anita Mui akan berperan dalam film terakhirnya - House Of Flying Dagger (2004), arahan sutradara Zhang Yimou - namun terpaksa mengundurkan diri karena kesehatannya yang tidak memungkinkan. Anita meninggal tepat dua minggu sejak dia mengundurkan diri dari proyek film tersebut.

Sebelumnya, tanggal 5 September 2003, Anita sudah mempublikasikan pada publik jika dia menderita Cervical Cancer. Walau sudah melakukan berbagai terapi, namun kondisinya terus menurun. Karena menyadari waktunya yang sudah tidak panjang lagi, Anita kemudian menggelar konser terakhir yang merupakan konser perpisahannya dengan para fans bertitel "Anita Classic Moment Live Concert" yang diadakan tanggal 6 - 11 November dan 14 - 15 November 2003 di Hong Kong Coliseum. Hadir sebagai bintang tamu dalam konser itu adalah Jacky Cheung, Sandy Lam, David Tao, Eason Chan, Andy hui, Alan Tam, George Tam, Hacken Lee, The Grasshopper, dan Kelly Chen.

Sepanjang hidupnya, Anita dikenal sebagai orang yang memiliki perhatian sangat besar pada orang-orang yang kurang beruntung. Tanggal 18 April 1992, dia membangun rumah bagi anak-anak gelandangan di San Francisco, yang menyentuh hati banyak orang, sehingga Gubernur San Francisco mengumumkan tanggal 18 April sebagai "Anita Mui Day". Anita juga membuat yayasan "Anita Mui True Heart Charity Foundation" di Hong Kong untuk membantu kaum miskin di dunia. Atas jasa dan perhatiannya itu, Gubernur Toronto pun mengumumkan tanggal 23 Oktober merupakan "Anita Mui Day".









NewerStories OlderStories Home

1 comment:


  1. Everyone would wish life was in good condition. But unfortunately, some of the world's public figures did not die in a state as expected.
    http://www.suksestoto.com/

    ReplyDelete