Movie Review - POLICE STORY 2013 (警察故事2013)

Menutup tahun ini, Jackie Chan melakukan gebrakan dengan merilis film terbarunya : Police Story 2013. Film ini merupakan instalment ke-6 dari rangkaian film Police Story. Film ini akan dirilis tanggal 24 Desember 2013 di China, Singapura, dan Hong Kong.

Police Story merupakan salah satu film fenomenal yang telah membesarkan Jackie Chan. Namanya dikenal publik - terutama penonton Asia - karena "kegilaannya" dalam melakukan sendiri semua adegan berbahaya. Salah satu adegan paling fenomenal yang dilakukan Jackie Chan adalah meluncur dari tiang lantai tiga sebuah mal, di mana di sekeliling tiang tersebut terlilit kabel listrik yang siap menyengat tubuh Jackie Chan. Adegan fenomenal itu menyebabkan Jackie terluka bakar tingkat tiga. Keberanian Jackie itulah yang membuat namanya harum dan menjadikan semua seri Police Story menjadi legenda di kalangan penonton.

Film Police Story 2013 bercerita tentang Detektif Zhong Wen (Jackie Chan), seorang polisi dari China yang memiliki hubungan kurang harmonis dengan anaknya Miao Miao (diperani Jing Tian). Miao Miao akhirnya lari dan lebih banyak berhubungan dengan kekasihnya. Yang tidak diketahui Miao Miao, kekasihnya - bernama Wu Jiang (diperani Liu Ye) - tidak lain adalah anak dari seorang kriminal spesialis penculikan yang baru-baru ini dipenjara oleh Zhong Wen. Dia mendekati Miao Miao karena ingin menggunakan anak Zhong Wen sebagai sandera dan jaminan agar Zhong Wen melepaskan ayah Wu Jiang yang dipenjara.

Dengan waktu yang tidak banyak, Zhong Wen harus menyelamatkan anak perempuannya, serta menyelamatkan para sandera serta mengalahkan semua bawahan Wu Jiang.



Berbeda dengan film-film Police Story sebelumnya yang mana banyak menampilkan adegan komedi, dalam Police Story 2013, Jackie Chan tampil sangat dingin dan kelam. Nyaris tanpa senyum sedikit pun. Sekuens perkelahian - yang merupakan ciri khas film-film Jackie Chan pada umumnya - dibuat dengan sangat menarik dan menegangkan. Tidak ada efek khusus yang digunakan Jackie Chan. Hanya saja, untuk seri ini, Jackie Chan banyak menggunakan stunt-double guna menggantikannya melakukan adegan berbahaya. Faktor usia sudah tidak memungkinkan Jackie Chan untuk melakukan adegan berbahaya itu sendiri.

Kursi penyutradaraan dipercayakan pada Ding Sheng, sutradara yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Jackie Chan di film Little Big Soldier.  Film ini didukung pula oleh aktor dan aktris lain dari China, seperti Liu Ye, Jing Tian, Huan Bo, dan Yu Rongguang.


DO YOU KNOW? 
Seri Police Story 2013 merupakan reboot ulang dari film Police Story sebelumnya. Tidak ada hubungan antara film ini dengan seri-seri Police Story sebelumnya. Satu-satunya benang penghubung adalah Jackie Chan yang memerani semua seri Police Story.

Proses pembuatan film Police Story 2013 dimulai November 2012 di Beijing dan selesai produksi Februari 2013. 

Film ini pertama kali ditayangkan di Beijing International Film Festival bulan April 2013 silam, dan mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton.

Seperti film-film sebelumnya, Jackie Chan menyanyikan lagu tema film ini. Judul lagu tema tersebut adalah "Rescue". Lagu ini ditulis oleh musisi Sun Nan, dan dirilis oleh Megavision Inc.

Karena kehidupan polisi China berbeda dengan polisi Hong Kong, maka Ding Sheng dan Jackie Chan menghabiskan waktu 2 tahun untuk mempelajari karakteristik polisi China yang memang terkenal kaku dan dingin. Mereka pun juga mempelajari berkas kasus-kasus penculikan yang terjadi di China untuk memahami pola pikir kriminal spesialis penculikan di Negara Bambu tersebut.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment