Detectives and Doctors <陸小鳳與花滿樓> - Drama Seri Bergenre Wuxia 3D Pertama Akan Rilis

Bertepatan dengan Tahun Baru Imlek yang akan jatuh di tanggal 31 Januari 2014 mendatang, TVB - Hongkong akan merilis drama wuxia serial televisi berjudul Detectives and Doctors <陸小鳳與花滿樓>. Serial dengan total 40 episode ini merupakan serial wuxia pertama di Hong Kong yang dibuat dalam versi 3D.

Alur cerita serial ini diadaptasi dari novel The Golden Bird Dynasty <金鵬王朝> atau dikenal juga dengan judul The Legend of Lu Xiaofeng < 陸小鳳傳奇> karya penulis Gu Long yang merupakan serial pertama dari rangkaian petualangan Pendekar 4 Alis Lu Xiaofeng yang cukup populer di era 1960 - 1980an.

Dikisahkan Lu Xiaofeng mendapat tugas untuk menyidiki kasus Kaisar yang tiba-tiba menderita penyakit aneh. Dalam penyidikannya, Lu Xiaofeng bertemu dengan seorang putri bernama Shangguan Danfeng dari Kerajaan Burung Emas yang memberitahu kalau apa yang diderita Kaisar bukan penyakit biasa tapi karena racun yang dibuat oleh tiga orang penghianat kerajaan. Ketiga penghianat itu kemudian diketahi bersembunyi di Ibu Kota Kerajaan Burung Emas. Lu Xiofeng - dibantu sahabatnya Si Dokter Buta Hua Manlou dan Pendekar Ximen Chuixue - kemudian berangkat bersama sang putri ke Kerajaan Burung Emas untukmenangkap tiga penghianat tersebut.

Sepanjang perjalanan ke Kerajaan Burung Emas, mereka menghadapi berbagai ancaman dan mara bahaya, serta asmara segitiga. Tiba di Kerajaan Burung Emas, Lu Xiaofeng berhasil mengungkap jati diri ketiga penghianat yang meracuni Kaisar. Namun cerita belum selesai, karena muncul kasus lain. Ketiga orang itu ternyata bukan penghianat, namun mereka adalah orang yang berusaha menyelamatkan kerajaan karena Kaisar yang ada di kerajaan bukan Kaisar sesungguhnya. Di manakah Kaisar? Siapakah Putri Shangguan Danfeng sebenarnya? Apa yang sebenarnya terjadi di Kerajaan Burung Emas?

Dibuat dengan bujet RMB$ 100 juta, serial ini diperani oleh aktor TVB Raymond Lam (sebagai Lu Xiaofeng), serta didukung oleh para aktor China seperti Zhang Xiaolong, Lan Xi, Zhang Meng, dan aktor senior Kent Cheng serta Leanne Liu.


WHO THE HELL IS LU XIAOFENG?
Lu Xiaofeng (陸小鳳) adalah salah satu karakter pendekar dari Tanah Tiongkok yang sangat terkenal di era 1960an. Karakter protagonis fiksi ini adalah hasil kreasi novelis Taiwan Gu Long. Selain karakter ini, karakter lain yang diciptakan novelis ini yang juga terkenal adalah Chu Liu Xiang atau Pendekar Harum.

Raymond Lam as Lu Xiaofeng
Lu Xiaofeng dikenal juga dengan sebutan Pendekar Empat Alis karena dia memiliki kumis tipis yang bentuknya sama simetris dengan alisnya. Berbeda dengan pendekar-pendekar novel kang ow yang lain, dia terkenal sebagai pendekar penggoda wanita, senang bermain ke tempat bordil, dan pemabuk. Namun di balik sikap yang urakannya, Lu Xiaofeng adalah pendekar yang yang sangat cerdas dan pandai menganalisa. Karena itulah dia sering diminta bantuan untuk menyelesaikan kasus-kasus aneh yang membingungkan.

Selain itu, dia pun dikenal sebagai pendekar dengan bela diri sangat tinggi. Meski dikeroyok dalam pertarungan, Lu Xiaofeng tidak pernah menggunakan senjata apapun untuk membela dirinya. Dia selalu menghadapi semua musuhnya dengan tangan kosong. Jurus andalannya - yang menjadi ciri khas Lu Xiaofeng - adalah Jurus Jari Lingxi yang mampu menjepit ujung senjata dan mematahkan pedang musuhnya dengan jari telunjuk dan tengahnya. Selain itu, dia pun punya kemampuan Qing Kung (Ilmu Meringankan Tubuh) yang sangat hebat, dan disebut-sebut sebagai satu dari 10 Pendekar Kang Ow yang memiliki Ilmu Qing Kung Tingkat Tertinggi yang tidak terkalahkan.

Sejak tahun 1960 - 1980, Gu Long telah menulis 7 novel petualangan Lu Xiaofeng, yaitu The Legend Of Lu Xiaofeng (yang menjadi plot serial Detectives  and Doctors), The Embroidery Bandit ( 繡花大盜), Before And After The Duel (決戰前後), The Silver Hook Gambling House (銀鉤賭坊), Phantoms' Mountain Manor (幽靈山莊), The Phoenix Dances in the Nine Heavens (鳳舞九天), dan Laughter of The God of Sword (劍神一笑). 

Kesuksesan novel Gu Long ini menarik minat banyak produser film untuk mengadaptasinya ke layar lebar dan layar kaca. Hingga hari ini tercatat sudah 3 film layar lebar dan 6 serial televisi yang mengangkat petualangan Lu Xiaofeng. Tony Liu, Bary Chan, Nick Cheung, Damian Lau, Jimmy Lin, Eric Suen, dan Julian Cheung adalah para aktor yang pernah memerani tokoh ini sebelum Raymond Lam di serial ini. 



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment