Movie Recommended - THE MONKEY KING (西游記之大鬧天宮)


Inilah film termahal yang pernah dibuat oleh perusahaan film China dan Hong Kong, serta merupakan film yang paling ditunggu sejak tahun 2012. Jadwal rilis film ini memang sempat diundur berkali-kali. Dibuat dengan bujet RMB 500 juta (sekitar Rp 88 milyar), film produksi Filmko dan Global Star Production ini awalnya akan dirilis Februari 2012. Namun karena berbagai masalah yang terjadi selama pembuatan, film ini kemudian diundur ke 20 Juli 2012, kemudian 4 Juli 2013, dan 20 November 2013. Setelah diundur terus-menerus dan mendapatkan kritikan dari para moviegoers, akhirnya film ini secara resmi akan dirilis tanggal 30 Januari 2014, tepat di Tahun Baru Imlek.
 The Monkey King adalah film yang terbilang sangat kolosal. Jajaran artis pendukung film ini terbilang sangat dasyat karena didukung oleh banyak aktor papan atas Hong Kong : Donnie Yuen, Chow Yun Fat, Aaron Kwok, Peter Ho, Kelly Chen, Zhang Zilin, Gigi Leung, Eddie Cheung, dan lain-lain. Untuk efek khusus dan proses adaptasi menjadi film berformat 3D, Filmco merekrut David Ebner (visual efek kawakan Hollywood yang sebelumnya menangani film Alice in Wonderland dan Spiderman 3) sebagai Supervisor Visual Effects. Sementara itu, untuk Special Make Up Supervisor, dipercayakan pada Shaun Smith (penata make up Hollywood untuk film 300 dan I Am Legend).

Berbeda dengan film-film The Monkey King yang pernah dibuat - yang biasanya mengetengahkan perjumpaan Sun Go Kong dengan Biksu Tang Xuang Zhang dan dua orang saudara seperguruannya, Zhu Ba Jie dan Sha Wu Jing - film ini justru mengambil penggalan cerita tentang Sun Go Kong yang mengacau Kerajaan Langit yang dikenal dengan cerita "Sung Go Kong Mengacau Kerajaan Langit" (Sun Wu Kong Da Nao Dien Gong).

Alkisah diceritakan Sun Go Kong (Donnie Yuen) yang selalu bikin ulah di bumi dan mengalahkan tentara Kerajaan Langit, akhirnya diangkat menjadi Raja Penjaga Kebun Langit oleh Raja Langit (Chow Yun-Fat). Awalnya, Go Kong sangat bangga dan mengira jabatan itu adalah jabatan tertinggi di langit. Namun, setelah mengetahui kalau jabatan itu adalah jabatan terendah, Go Kong marah besar dan mengobrak-abrik Kerajaan Langit. Untuk menghadapi Go Kong, Raja Langit kemudian mengutus para jenderal terbaiknya untuk mengalahkan Go Kong. Namun justru mereka kalah oleh Go Kong. Hingga pada akhirnya, Dewi Kwan Im (Kelly Chen) - Sang Dewi Welas Asih - maju untuk mengalahkan Go Kong. Akankah Go Kong akan takluk dengan kekuatan sang dewi?


ABOUT SUN GO KONG
Sun Go Kong merupakan salah satu karakter dari litatur Tiong Kok kuno yang paling terkenal hingga hari ini. Karakter ini ada di novel Xi You Chi (Journey To The West) yang ditulis oleh Wu Cheng En pada abad 16 Masehi di Dinasti Ming, dan merupakan salah satu dari 4 Karya Literatur Klasik Tiongkok Terkenal (Four Great Classical Novels). Tiga lainnya adalah Water Margin, Romance of the Three Kingdoms, dan Dream of The Red Chamber.

Novel Xi You Chi sebenarnya lebih menekankan pada pengajaran agama Buddha. Namun karena karakter dalam novel ini yang sangat kuat, membuat banyak orang terkesan dan mengadaptasi kisah Xi You Chi ke dalam tulisan mereka. Xi You Chi telah diadaptasi dan ditulis ke dalam berbagai literatur lain seperti di Inggris, Amerika, India, Jepang, dan Korea. Bahkan karakter Hanoman dari cerita Ramayana pun diduga merupakan adaptasi dari cerita Sun Go Kong.

Novel Xi You Chi terdiri dari 100 Bab yang masing-masing dibagi dalam 4 bagian. Bagian pertama mengisahkan tentang kehidupan awal Sun Go Kong, siluman kera yang lahir dari batu yang terbuat dari 5 Elemen Bumi. Sang Kera memiliki kekuatan yang luar biasa dan tidak bisa mati. Kesombongan karena kekuatan yang dimilikinya, membuat dia ingin menguasai dunia dan langit. Setelah melakukan kekacauan di langit, Sun Go Kong akhirnya berhasil ditaklukkan dan dikurung dalam Gunung Batu selama 5,000 tahun. Setelah 5,000 tahun, dia berjumpa dengan Biksu Tang yang melepaskannya dan kemudian mengajarinya ajaran Tao.

Bagian kedua mengisahkan latar belakang kehidupan Bhiksu Tang yang mendapatkan tugas mengambil Kitab Tripitaka di Negeri Barat. Guna melindungi dirinya dari bahaya, maka Sang Buddha menyuruhnya untuk mencari Siluman Kera. Setelah bertemu Sun Go Kong, mereka kemudian berjumpa dengan siluman babi Zhu Ba Jie dan Silaman Air Sha Wu Jing yang kemudian menjadi murid Bhiksu Tang. Berempat mereka pun memulai petualangan ke Negeri Barat untuk mengambil Kitab Suci Tripitaka.

Bagian ketiga - merupakan bagian terpanjang - adalah menceritakan tentang serangkaian kejadian yang dialami oleh Bhiksu Tang, Go Kong, Ba Jie, dan Wu Jing selama perjalanan. Mereka bertemu dengan banyak siluman yang berusaha menculi Bhiksu Tang untuk dimakan dagingnya karena dipercaya daging Bhiksu Tang akan membuat mereka panjang umur dan tidak dapat mati.

Bagian keempat - merupakan bagian terpendek dan penutup - mengisahkan tentang akhir perjalanan keempat orang tersebut di Negeri Barat. Mereka berhasil mendapatkan Kitab Tripitaka dan kembali ke negeri asal mereka. Atas keberhasilan ini, Bhiksu Tang dan Go Kong dianugrahi gelar sebagai Buddha Hidup. Wu Jing diangkat sebagai Dewa Naga, dan Ba Jie diangkat sebagai Penjaga Altar Raja Langit.

Kisah petualangan Bhiksu Tang dan ketiga muridnya ini sudah dibuat dalam berbagai versi dan adaptasi, baik dalam bentuk komik, novel, film, sandiwara radio, pentas drama, parodi, animasi, dan lain-lain. Versinya pun cukup banyak, mulai dari versi Hong Kong, Korea, Jepang, hingga Hollywood.


DO YOU KNOW?
Sejak film ini diumumkan untuk diproduksi tahun 2010, Jet Li dan Donnie Yen sudah menjadi pilihan utama untuk memerani tokoh Sun Go Kong ini. Setelah diskusi cukup panjang, akhirnya produser memutuskan untuk memilih Donnie Yen.

Film ini awalnya direncanakan untuk dibuat dengan bujet RMB 300 juta, lalu naik RMB 400 juta, dan akhirnya menjadi RMB 500 juta. Guna menutupi biaya produksi yang sedemikian besar, Filmko Production sebagai perusahaan produksi film menggamit Mandarin Films dan Global Star Productions Inc. Kemudian mereka pun mengajak Global Star Production dan Imagine Film / Universal Television untuk ikut serta dalam film ini.

Dalam satu kesempatan, Cecillia Cheung menyebutkan kalau dirinya terlibat dalam film The Monkey King. Namun karena kesibukannya dalam menangani proyek lain, Cecillia memutuskan keluar dari proyek The Monkey King, dan posisinya digantikan oleh Zhang Zilin, Miss World 2007. Anehnya, saat diwawancarai, Zhang Zilin mengatakan bahwa dia sama sekali tidak pernah dengar kalau Cecillia Cheung pernah ikut dalam proyek The Monkey King.

Film ini akan dirilis di Amerika Serikat bersamaan dengan tanggal rilis di Asia. Untuk peredaran di Amerika, film ini beredar dengan judul The Monkey King : The Legend Begins.




NewerStories OlderStories Home

4 comments: