Recommended Movie - Once Upon A Time in Shanghai (惡戰)

Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 30 Januari 2014 mendatang, para produser film - khususnya film Hong Kong dan China - sudah berlomba-lomba mempersiapkan film-film terbaik yang akan dirilis di hari itu. Selain di hari tersebut adalah hari libur nasional di negara tersebut, film-film yang beredar di hari tersebut biasanya dipercaya akan menjadi film box office dan akan selalu diingat orang. Salah satu film yang akan beredar di tanggal tersebut adalah Once Upon A Time in Shanghai.

Film ini disutradarai oleh Wang Ching-po dan diperanutamai Sammo Hung, Phillip Ng, dan Andy On. Koreografi eksyen dipercayakan pada sineas senior Yuen Woo-ping dan Yuen Cheung-yan. Film ini sendiri merupakan remake dari film Boxer from Shantung (1972) yang diperani Cheng Kuan Tai dan disutradarai Chang Cheh. Cheng Kuan Tai akan turut pula bermain sebagai cameo dalam film Once Upon A Time in Shanghai ini.

Kisahnya sendiri menceritakan tentang Ma Yong Zhen (Phillip Ng), seorang pemuda miskin kelahiran Shantung, yang memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa. Untuk memperbaiki perekonomian keluarganya, maka Yong Zhen mengadu nasib ke Shanghai. Di sana dia berkenalan dengan seorang preman jalanan bernama Lung Chat (Andy On). Keduanya menjadi sahabat karena sama-sama punya mimpi menjadi orang terkenal di Shanghai.

Di masa itu, triad menguasai Shanghai. Dan untuk bisa menjadi orang terkenal, mereka harus menjadi orang nomer satu di antara para triad tersebut. Karena itu, mulailah mereka bertarung melawan triad-triad yang menguasai Shanghai, termasuk Axe Gang yang merupakan geng terbesar di Shanghai saat itu. Yong Zhen dan Lung Chat berhasil mengalahkan Axe Gang, yang membuat kelompok tersebut tidak terima dan membalaskan dendam mereka pada kedua orang tersebut. Dalam aksi balas dendam yang dilakukan Axe Gang, Lung Chat tewas dibantai anggota tersebut.

Yong Zhen sendiri nyaris tewas, namun diselamatkan oleh Iron Leader (Sammo Hung) yang juga punya dendam dengan kelompok Axe Gang. Berdua, mereka melakukan serangan balik untuk menghabisi kelompok Axe Gang. Mungkinkah?


WHO IS MA YONG ZHEN (马永贞)
Mungkin sebagian besar dari Anda tidak terlalu mengenal tokoh Ma Yong Zhen. Sama seperti tokoh-tokoh legendaris yang pernah difilmkan seperti Wong Fei Hung, Huo Yuen Cia, dan Ip Man, Ma Yong Zhen adalah tokoh yang juga pernah hidup di pertengahan abad 19 dan menjadi legenda yang sangat dihormati masyarkat Shanghai. Namun berbeda dengan tokoh legendaris tersebut, Ma Yong Zhen  aslinya adalah tokoh antagonis.

Terlahir dari keluarga miskin di Shandong, Ma Yong Zhen adalah anak desa yang sejak kecil menyukai bela diri. Karena itu, dia berlatih bela diri Tinju Shandong dan menjadikannya orang yang tidak terkalahkan di Shandong. Di usia remaja, dengan ambisi untuk mengubah nasibnya dan menjadi orang terkenal, Yong Zhen pergi ke Shanghai. Di sana, dia mengadu nasib sebagai petarung jalanan, lalu bekerja sebagai tukang pukul di restoran di Shanghai. Selama bekerja di restoran tersebut, nama Yong Zhen mulai dikenal banyak orang karena menjadi tukang pukul tidak terkalahkan yang banyak mengusir banyak anggota triad (di masa itu, Shanghai dikuasai oleh banyak kelompok triad) yang mencoba mengusik restoran tempatnya bekerja.

Dari seorang tukang pukul, popularitas Yong Zhen mulai naik dan menjadikan dia Ketua seluruh triad yang ada di Shanghai, setelah berhasil mengalahkan semua pemimpin triad Shanghai. Selama menduduki posisi tersebut, Yong Zhen dikenal kejam kepada orang yang mengusik kelompoknya, namun sangat rendah hati dan banyak membantu rakyat miskin. Masyarakat Shanghai kemudian mengenalnya sebagai tokoh Godfather yang paling dihormati. Ma Yong Zhen meninggal dalam sebuah perang triad tahun 1827 di mana dalam perang tersebut, Yong Zhen dijebak dan dibantai oleh sekelompok triad yang membencinya.

Kisah kehidupan Ma Yong Zhen pertama kali difilmkan dan ditayangkan pada tanggal 4 Desember 1927. Palace Theater Shanghai menjadi tempat pertama film ini ditayangkan. Diperani Zhang Hui Chong (sebagai Ma Yong Zhen), Gong Jianong, Dong Xiang Ping, dan disutradarai Zhang Shichuan, film berjudul Shangdong Ma Yong Zhen (山东马永贞 ) ini mengisahkan kehidupan Yong Zhen sejak dia lahir hingga tewas dalam perang triad. Film ini juga mengambil cerita berlatar belakang balas dendam, di mana Yong Zhen dikisahkan datang ke Shanghai karena ingin membalaskan kematian adik perempuannya yang dibunuh sekelompok triad Shanghai.

Tahun 1972, Shaw Brothers mengangkat kembali kehidupan Ma Yong Zhen dengan merilis film Boxer from Shandong. Diperani Cheng Kuan Tai dan disutradarai Chang Cheh, film ini mengisahkan kehidupan Ma Yong Zhen muda yang bekerja di sebuah restoran di Shanghai dan banyak berhadapan dengan para triad yang mencoba mengusik restoran tersebut. Berkat film ini, nama Cheng Kuan Tai dikenal sebagai aktor laga yang cukup disegani pada era itu.

Tahun 1997, kisah hidup Ma Yong Zhen kembali diangkat ke layar lebar. Kali ini, aktor kelahiran Jepang-Hong Kong Takeshi Kaneshiro dipercaya memerani tokoh Ma Yong Zhen. Selain Kaneshiro, film yang berjudul Hero - The Legend ini juga diperani oleh Yuen Biao dan disutradarai oleh Corey Yuen.

Tahun 2000, kehidupan Ma Yong Zhen kembali diangkat namun dalam versi serial televisi 40 seri dengan judul Master Ma. Kenny Ho dipercaya memerani karakter Ma Yong Zhen. Serial produksi Taiwan ini sangat sukses sehingga dibuat sekuelnya sebanyak 40 seri setahun kemudian dengan judul Master Ma 2.

Ma Yong Zhen 2012
Tahun 2012, China TV (CCTV) merilis serial televisi 36 episode berjudul Ma Yong Zhen 2012. Aktor Hong Kong Danny Chan dipercaya memerani tokoh legendaris ini.

Dan tahun 2014, kisah hidup Ma Yong Zhen kembali diangkat kembali ke layar lebar dengan judul Once Upon A Time in Shanghai dan diperani oleh Phillip Ng serta disutradarai Wang Ching-po. Jika melihat dari history-nya, semua film yang mengangkat kisah kehidupan Ma Yong Zhen selalu menjadi box-office dan sangat populer. Dan tampaknya film Ma Yong Zhen teranyar ini pun akan mengalami hal serupa dengan film-film sebelumnya. Kita lihat saja nanti.






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Nonton Online Film Once Upon a Time in Shanghai (2014) Subtitle Indonesia disini kk
    http://cinema69indo.blogspot.com/2014/05/nonton-film-once-upon-time-in-shanghai.html

    ReplyDelete
  2. tambahan aja, film dg Judul Hero itu judul inggris nya dr film Ma Yong Zhen yg dimaen Takeshi Kaneshiro dan Yuen Biao .........

    Thanks.

    ReplyDelete