Korean Movie - MISS GRANNY (2014)

Film layar lebar Korea bergenre drama-komedi ini menjadi film Korea pertama di awal tahun ini yang berhasil duduk di peringkat pertama box-office Korea Selatan, mengalahkan film animasi Frozen yang merajai box-office dunia. Bahkan saat ini, film Miss Granny menjadi film Korea Selatan pertama yang berhasil meraih sukses secara finansial sebesar US$ 26.5 juta dan ditonton lebih dari 6 juta penonton. 

Miss Granny (수상한 그녀) mengisahkan tentang Oh Mal-soon (diperani Na Moon-hee), seorang nenek berusia 74 tahun yang hidup bersama Hyun-chul (Sung Dong-il), anak laki-lakinya dan keluarga anaknya. Mal-soon adalah wanita yang bermulut tajam yang setiap omongannya banyak menyakitkan orang. Selain itu, dia juga sangat keras kepala, suka mengatur-atur orang lain, dan tidak tahu malu. Hal ini menyebabkan dirinya memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan menantunya. 

Satu waktu, menantu Mal-soon pingsan setelah beradu debat dengan mertuanya. Demi kesembuhan menantunya, para dokter menyarankan agar Mal-soon hidup terpisah dengan sang menantu. Hal ini memicu anak Mal-soon untuk membawa ibunya tinggal di panti jompo. Keputusan anaknya tersebut, menyebabkan Mal-soon sakit hati dan kemudian berjalan sendiri menyusuri kota. Pada saat itulah dia berpapasan dengan sebuah foto studio yang mengklaim dapat menangkap momen waktu muda orang yang difoto. Mal-soon pun membuat foto dirinya di sana. 

Usai melakukan foto, tiba-tiba Mal-soon melihat tubuhnya berubah menjadi tubuh gadis berusia 20 tahun (peran gadis berusia 20 tahun itu dibawakan dengan sangat kocak oleh Shim Eun-kyung). Menyadari dirinya telah berubah menjadi muda kembali, Mal-soon kemudian mengubah identitasnya menjadi Oh Doo-ri, yang diambil dari nama Audrey Hepburn, artis favoritnya. Kemudian Oh Doo-ri mencoba melakukan hal yang ditinggalkannya saat dia masih remaja : menjadi penyanyi. Untuk itu, dia mengikuti kompetisi menyanyi dan berhasil bergabung dengan sebuah band. 

Saat karirnya sedang cemerlang, Oh Doo-ri dihadapkan pada cinta segitiga antara Mr Park (Park In-hwan), seorang pria tua yang tahu rahasia Oh Doo-ri serta Han Seung-woo (Lee Jin-wook), seorang pria muda yang diam-diam jatuh hati padanya. Siapakah yang akan dipilih Oh Doo-ri? Akankah dia akan seterusnya menikmati "masa muda keduanya"?

Film yang disutradarai Hwang Dong-hyuk ini ditayangkan di Korea Selatan pada tanggal 22 Januari 2014 silam dan menjadi film produksi Korea Selatan terlaris pertama yang berhasil meraih penghasilan lebih dari 28.7 juta Won (US$ 26.5 juta) dalam waktu kurang dari 1 bulan, dan ditonton lebih dari 6 juta orang penonton.



TRIVIA FACTS
Film ini tidak dipromosikan besar-besaran. Kesuksesan film ini berkat promosi dari mulut-ke-mulut yang membuat orang penasaran untuk menonton film ini. 

Miss Granny merupakan film panjang ketiga arahan sutradara Hwang Dong-hyuk. Sebelumnya, Dong-hyuk dikenal sebagai sutradara film pendek dan telah merilis cukup banyak film-film pendek. Film panjang sebelumnya adalah My Father (2007) dan The Crucible (2011), merupakan film box-office yang cukup populer di Korea Selatan.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment