Fakta-fakta Unik Tentang Serial Televisi 24


Tanggal 5 Mei 2014 mendatang, Jack Bauer akan menyapa penonton setianya kembali dalam season terbaru 24, yaitu 24 : Live Another Day. Berbeda dengan 8 season sebelumnya, yang biasanya dibuat dalam 24 episode (mengikuti tema "live-event" di mana 1 episode mewakili 1 jam kejadian di serial tersebut), serial ini hanya dibuat 12 episode saja, di mana 1 episode sudah tidak lagi mewakili 1 jam kejadian di serial televisi, namun bisa 2 jam bahkan kurang (meski akhirnya total jam "petualangan" Jack Bauer dalam serial tersebut adalah 12 jam).

Selama lebih dari 8 tahun serial ini diproduksi dan ditayangkan, banyak hal menarik yang telah terjadi. Berikut ini adalah fakta unik berkenaan dengan serial 24 :

India menjadi negara pertama yang mengadaptasi dan me-remake serial 24. Adalah Anil Kapoor - pemeran Presiden Omar Hassan di season 8 serial 24 - yang membeli hak distribusi dan remake dari Howard Gordon (produser serial 24) dan Fox (sebagai perusahaan distribusi yang memegang lisensi serial 24). Lewat perusahaan filmnya, Anil Kapoor Films, serial 24 kemudian dibuat dalam versi India dan ditayangkan 3 Oktober - 21 Desember 2013. Sama seperti season 1 versi aslinya, 24 versi India mengisahkan tentang Jai Singh Rathod (diperani Anil Kapoor) - seorang mantan anggota pasukan khusus yang bekerja sebagai Direktur Anti-Terrorist Unit (ATU) - yang harus menyelamatkan keluarganya yang diculik teroris,sekaligus menyelamatkan Calon Perdana Menteri India Aditya Singhania (Neil Bhoopalam) dari ancaman pembunuhan yang akan dilakukan teroris.

Sudah merupakan "tradisi" 24 di mana tidak seorang pun aktor dan aktris pendukung serial tersebut yang pernah diberi tahu cerita keseluruhan serial yang mereka perani. Mereka hanya diberi naskah dari episode yang akan mereka perani di hari shooting dilakukan.

Karena serial tersebut dibuat seolah-olah terjadi selama 24 jam, padahal aslinya dibuat lebih dari 4 bulan, maka rambut para aktor dan aktris serial tersebut harus dipotong dan dirapikan di salon setiap 5 hari sekali.

Di Season 3 episode 3 dan Season 4 episode 5, ada adegan yang menampilkan nomer telepon CTU. Nomer telepon tersebut adalah nomer telepon California dan dalam kondisi aktif. Nomer tersebut sengaja ditampilkan dengan tujuan para fans dapat berinteraksi langsung dengan para pendukung serial tersebut. Para pendukung serial tersebut - beberapa diantaranya adalah Kim Raver (pemeran Audrey Raines), Carlos Bernard (pemeran Tony Almeida), dan Joseph A. Hodges (designer produksi) - adalah orang-orang yang menerima telepon para fans tersebut dan berinteraksi secara langsung dengan mereka. Jon Cassar, salah seorang sutradara serial 24, mengungkapkan kalau rata-rata ada 80.000 orang penelepon yang setiap hari menghubungi nomer tersebut.

Tanpa disadari banyak orang, serial 24 ternyata ada polanya. Setiap season genap (Season 2,4,6,dan 8) selalu menampilkan teroris bersenjatakan bom nuklir.

Guna membuat alur cerita berjalan simultan, shooting serial 24 selalu dilakukan 2 episode sekaligus di waktu berbarengan.

Hanya 2 orang yang muncul dan bermain di seluruh season 24 : Kiefer Sutherland (pemeran Jack Bauer) dan Glenn Morshower (pemeran Agen Aaron Pierce).

Rata-rata untuk menyelesaikan 1 Season (24 episode) - mulai dari persiapan produksi, pasca produksi, pengisian musik latar, editing, hingga serial tersebut siap tayang di televisi - dibutuhkan waktu 10.5 bulan.

Di Season 1 Serial 24, ada salah satu karakter anggota CTU bernama Milo Pressman (diperani Eric Balfour) yang merupakan ahli komputer CTU. Milo Pressman sendiri adalah nama karakter di novel Stephen King (Different Season's), di mana novel tersebut telah diadaptasi menjadi film Stand By Me (1986). Di film tersebut, Kiefer Sutherland berperan sebagai Milo Pressman.

Dari semua Season serial 24, hanya Season 1 yang tidak menampilkan sosok Presiden Amerika Serikat. Season 1 berfokus pada proses pemilihan Calon Presiden dan tidak pernah mengungkit siapa presiden yang sedang berkuasa saat pemilihan tersebut sedang berlangsung.

Di salah satu adegan di Season 3, tampak adegan sebuah pesawat Meksiko mendarat di bandara Meksiko. Penonton bisa membaca tulisan "Aeromexicana" di samping pesawat. Nama tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari "Aeromexico" dan "Mexicana". Keduanya adalah nama maskapai penerbangan terbesar di Meksiko.

Mandy (diperani Mia Kirshner) adalah satu-satunya karakter antagonis di serial 24 yang paling banyak muncul di semua season 24. Meskipun dia bukanlah musuh utama Jack Bauer, namun tindak teroris dan aksinya sebagai pembunuh bayaran menjadikannya karakter antagonis yang terus dipertahankan dan menjadi satu-satunya karakter antagonis yang dilepaskan Jack Bauer dan mendapatkan gratifikasi dari Presiden Amerika Serikat David Palmer (Season 4)

Di semua Season serial 24, Jack Bauer sering beraksi dengan membawa pisau. Pisau yang digunakannya adalah pisau Microtech Halo III SA Satin Blade jenis Front Opener.

Season 6 Serial 24 memiliki banyak kesamaan elemen dengan video game Call of Duty 4 : Modern Warfare (2007). Keduanya menggunakan alur cerita tentang adanya teroris Rusia yang berniat menjual bom nuklir ke negara Timur Tengah. Bahkan keduanya menggunakan nama antagonis yang sama, yaitu Al-Assad.

Ada 2 aktor yang bermain di serial 24 (beda season) dengan karakter yang berbeda :
1. Omid Abtahi bermain di 24 Season 4 sebagai Safa dan Season 7 sebagai Jibraan Al-Zarian.
2. Tony Todd berperan sebagai Detektif Norris (Season 3) dan General Zuma (24 : Redemption dan Season 7).

Sebagai penghargaa terhadap para kru serial 24, banyak karakter cameo yang segaja dibuat tim kreatif dengan menggunakan nama para kru tersebut :
1. Di Season 1, Jack Bauer bertemu dengan sahabat lamanya bernama Jessica Abrams. Saat mereka bercakap-cakap, mereka menyebutkan nama teman lama mereka yaitu Tracy Zigler. Pada kenyataannya, Jessica Abrams adalah Script Coordinator dan Tracy Zigler adalah Script Supervisor serial 24.
2. Di Season 5, Audrey Raines (diperani Kim Raver) memperkenalkan diri dengan nama samaran Jane Espenson. Jane Espenson sendiri adalah nama salah satu kru penulis naskah 24.
3. Di Season 1, Alan Milliken (diperani Albert Hall) adalah kontributor utama dan pendukung calon Presiden David Palmer. Namanya diambil dari nama Dennis Milliken, Koordinator Kendaraan bagi para kru serial 24.

Sepanjang season 8, Jack Bauer membunuh 267 orang. Ini adalah rekor "korban" terbanyak Jack Bauer sepanjang karirnya di serial 24.

Para produser serial 24 pernah membuat wacana untuk mempertemukan karakter John McClaine (Die Hard) dengan Jack Bauer (24) dalam 1 film. Alur ceritanya sudah dibuat, dan judul tentatifnya juga telah ada, yaitu "Die Hard 24/7". Namun wacana tersebut tidak pernah terwujud karena adanya perbedaan pendapat antara Bruce Willis (pemeran McClaine) dan Kiefer Sutherland (Jack Bauer). Hingga hari ini, ide tersebut masih ada dan masih dalam tahap penggodokan. 


Baca Review serial 24 : Live Another Day selengkapnya di : 
http://funtertainment-facts.blogspot.com/2014/04/tv-series-24-live-another-day-2014.html




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment