TV Series - 24 : LIVE ANOTHER DAY (2014 - onward)

Bagi penggemar serial televisi 24, siap-siap bersorak karena tahun ini serial dasyat itu akan muncul lagi. Serial tersebut akan diberi judul 24 : Live Another Day dan hanya akan terdiri dari 12 episode saja. Meski masih mengusung konsep "real-time event", tapi waktu yang ditampilkan dalam setiap episode berdurasi 45 menit itu tidak lagi 1 jam, tetapi setiap episode ditampilkan sebagai 2 jam. Sehingga meski serial ini nantinya terdiri dari 12 episode, namun total waktu kejadian di serial itu akan tetap 24 jam, sesuai dengan konsep serial ini sendiri.

Serial ini akan mengambil cerita 4 tahun setelah kejadian di Season 8. Pemerintah Amerika Serikat - atas instruksi Presiden James Heller (William Divane) - berusaha menangkap Jack Bauer (Kiefer Sutherland) yang dituding sebagai penghianat negara. Untuk itu, Jack terus-menerus melarikan diri dari kejaran aparat Amerika, hingga akhirnya bersembunyi di London, Inggris.

Saat dirinya merasa sudah aman, Jack kembali menemukan adanya ancaman bahaya yang kembali mengancam keselamatan dunia. Sebuah organisasi hacker sedang berusaha menguasai arus informasi global dunia. Dengan menguasai informasi tersebut, organisasi ini akan dapat mengendalikan perekonomian dunia. Sebelum hal itu terjadi, Jack harus berusaha menghentikannya.

Namun untuk bisa melumpuhkan organisasi hacker tersebut tidak mudah. Chloe O'Brian (Mary Lynn Rajskub), mantan bawahan dan satu-satunya orang yang dipercaya Jack, ditahan aparat karena melindungi dan membantu Jack. Dengan waktu yang sangat terbatas, Jack harus menyelamatkan sahabatnya sekaligus melumpuhkan para kriminal tersebut.

Serial ini dijadwalkan akan tayang di Fox Network mulai tanggal 5 Mei 2014 mendatang.


ABOUT "24"
Bagi Anda yang kurang familiar dengan serial ini, 24 adalah sebuah serial televisi bergenre drama-eksyen yang sangat unik di mana setiap season (masing-masing season berjumlah 24 episode) mengisahkan tentang kejadian yang terjadi dalam 1 hari  (24 jam).

Serial kreasi Joel Surnow dan Robert Cochran ini pada dasarnya mengisahkan petualangan dan sepak terjang Jack Bauer (diperani Kiefer Sutherland), seorang agen (di Season akhir menjadi mantan) divisi anti teroris Amerika bernama CTU (Counter Terrorist Unit). Semua kasus yang dihadapi Jack adalah kasus konspirasi tingkat tinggi yang mengancam keselamatan Presiden serta penduduk Amerika Serikat, di mana Jack hanya punya waktu 1 hari (24 jam) untuk menuntaskan kasus itu. Dengan waktu yang sangat terbatas, Jack selalu menggunakan cara-cara ekstrim. Mulai dari menyiksa, melukai, bahkan membunuh para anggota teroris yang ditangkapinya. Meski cara ini nyaris selalu efektif, namun ditentang banyak orang, terutama pejabat pemerintah (termasuk Presiden Amerika Serikat), yang memaksa Jack untuk mundur dari CTU. bahkan membuat dirinya menjadi buronan negara.

Dalam menjalankan misinya di lapangan, Jack selalu bekerja sendiri. Hal ini yang membantunya lebih mudah bergerak. Selain itu, Jack banyak meminta bantuan dari rekan-rekan di CTU untuk memberikan masukan informasi, mulai dari lokasi, latar belakang tersangka, informasi sidik jari, dan lain-lain. Di season-season awal, Jack mendapatkan banyak dukungan dari CTU karena dia masih menjabat sebagai anggota satuan tersebut. Namun setelah Jack mengundurkan diri dari CTU, dia hanya dibantu oleh Chloe O'Brian (diperani Mary Lynn Rajskub), yang dengan setia memandu Jack dari dalam CTU, meski ancaman dipecat dan masuk penjara menjadi risiko yang harus diterimanya jika ketahuan membantu Jack.
Chloe O'Brian (diperani Mary Lynn Rajskub)

Chloe adalah seorang ahli komputer yang juga bawahan Jack saat Jack masih menjabat sebagai anggota CTU. Hubungannya dengan Jack adalah sebatas sahabat, karena Chloe sangat menghormati Jack. Kesetiaannya pada Jack membuat dirinya menjadi satu-satunya orang yang paling dipercaya Jack setiap kali dia butuh bantuan. Tidak jarang setiap kali membantu Jack (setelah Jack keluar dari CTU), Chloe harus kucing-kucingan dengan rekan sekerja maupun atasannya di CTU agar hak aksesnya tidak ditutup dan dia tetap bisa membantu Jack.

Episode pertama dari 24 seri Season 1 serial ini pertama kali ditayangkan tanggal 6 November 2001 dan langsung menjadi serial yang paling banyak ditonton penonton Amerika. Serial ini terus dibuat hingga Season 8 yang berakhir masa tayangnya tanggal 24 Mei 2010 silam. Selama ditayangkan, serial 24 telah meraih banyak penghargaan. Beberapa diantaranya adalah Best Actor in Drama Series dan Best Drama Series di Golden Globe Awards tahun 2001 dan 2003, Outstanding Male Performance di Screen Actors Guild Awards tahun 2001 dan 2005, serta Best Actor dan Best Drama Series di ajang Satelite Awards tahu 2002 dan 2003.

Adapun garis besar alur cerita serial 24 adalah sebagai berikut :

24 SEASON 1 (tayang : 6 November 2001 - 21 Mei 2002) :
Berlokasi di California, menjelang kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat, CTU mendapatkan informasi kalau ada plot sekawanan teroris yang berniat membunuh Senator David Palmer (diperani Dennis Haysbert), salah satu kandidat Presiden. Jack Bauer, mantan anggota Delta Force yang saat itu menjabat sebagai Direktur Counter Terrorist Unit (CTU), langsung menyidiki kasus ini sendiri setelah istri dan anaknya diculik oleh kawanan teroris, dan menemukan adanya korelasi antara penculikan itu dengan rencana pembunuhan sang kandidat Presiden.


24 SEASON 2 (tayang :  29 Oktober 2002 - 20 Mei 2003)
Mengisahkan 18 bulan setelah kejadian di Season 1. Jack saat itu telah pensiun dari CTU dan digantikan George Mason (diperani Xander Barkeley). Sekelompok teroris memasang bom nuklir dan mengancam keselamatan penduduk Los Angeles. Tindakan ini dilakukan guna mencegah usaha perdamaian yang dicanangkan Presiden Amerika Serikat David Palmer dengan para penguasa Timur Tengah. Agar gerak-gerik mereka tidak terawasi, para teroris meledakkan kantor CTU, menyebabkan CTU lumpuh. Dalam kondisi itu, Jack dipanggil lagi untuk membantu CTU.

Tony Almeida (diperani Carlos Bernard)
Bersama Tony Almeida (Carlos Bernard) - Pimpinan Pelaksana Harian CTU - dan Michelle Dessler  (Reyko Aylesworth) - Manager Internet Protokol CTU - mereka bertarung melawan waktu berusaha menghentikan aksi teroris tersebut.


24 SEASON 3 (tayang : 28 Oktober 2003 - 25 Mei 2004)
Mengambil setting 3 tahun setelah kejadian Season 2. Sekelompok teroris pimpinan Stephen Saunders (Paul Blackthorne), mantan Agen MI6 yang sebelumnya adalah rekan sekerja Jack Bauer. Saunders merasa dikhianati negaranya sehingga bertekad membalasnya dengan menyebarkan Virus Cordilla untuk membunuh penduduk Los Angeles. Di seri ini, Jack Bauer bekerja lagi sebagai staf CTU.

Di season ini, penonton diperkenalkan dengan Chloe O'Brian (Mary Lynn Rajskub), seorang ahli komputer yang menyebalkan, yang kelak akan menjadi sahabat dan penolong Jack Bauer.


24 SEASON 4 (tayang : 9 Januari 2005 - 23 Mei 2005)
Bersetting 18 bulan sejak Season 3. Jack Bauer kini bekerja sebagai staf Sekretaris Pertahanan James Heller (William Devane). Musuh yang dihadapinya kali ini adalah seorang teroris bernama Habib Marwan (Arnold Vosloo), pimpinan sel teroris Timur Tengah yang berniat menghancurkan Amerika Serikat. Sasaran pertama mereka adalah menculik Sekretaris Pertahanan James Heller dan mencuri hulu ledak nuklir. Dalam menjalankan aksinya, Jack harus berurusan pula dengan Konsulat China yang menyebabkan kematian sang Konsulat.

Demi mencegah terjadinya perang antara Amerika Serikat dan China, maka CTU menyuruh Jack Bauer untuk melarikan diri. Pemerintah Amerika kemudian mengumumkan kalau Jack Bauer - yang dituduh sebagai pembunuh Konsulat China - telah tewas.


24 SEASON 5 (tayang : 15 Januari - 22 Mei 2006)
Disetting 18 bulan setelah even Season 4. Jack Bauer mengubah identitasnya menjadi Frank Flynn, dan bekerja di pengeboran minyak Mojave, California. Saat itu Charles Logan telah menjadi Presiden Amerika terpilih dan berniat melakukan kesepakatan anti-teroris dengan Presiden Rusia Yuri Suvarov (Nick Jameson).

Ternyata ada sekelompok separatis Rusia yang tidak setuju dengan kesepakatan itu dan berusaha menggagalkannya dengan mengancam akan meluncurkan gas syaraf di Amerika Serikat. Di saat bersamaan, sekelompok orang yang mengetahui kalau Jack masih hidup, berusaha memancing Jack keluar dengan membunuh orang-orang terdekat Jack : Presiden David Palmer dan Michelle Dessler. Sementara Tony Almeida terluka parah, dan Chloe O'Brian berhasil diselamatkan Jack sebelum menjadi korban berikutnya. Jack akhirnya muncul kembali, dan mencegah aksi teroris Rusia tersebut. Akibat kemunculannya kembali, Pemerintah China tahu kalau Jack masih hidup. Jack kemudian dibekuk oleh Pemerintah China dan memenjarakannya.


24 SEASON 6 (tayang : 21 Januari - 21 Mei 2007)
Dengan plot 20 bulan sejak Season 5 berakhir, sekelompok teroris Timur Tengah melakukan serangkaian bom bunuh diri di Amerika. Pemerintah Amerika Serikat berhasil menangkap seorang penggerak teroris bernama Abu Fayed (Adoni Maropis), yang setuju memberikan informasi tentang pemimpin teroris bernama Hamri Al-Assad yang tinggal di Amerika, asalkan Pemerintah menyerahkan Jack Bauer padanya. Karena itulah Presiden Wayne Palmer (D.B. Woodside) bernegosiasi dengan Pemerintah China dan berhasil melepaskan Jack Bauer. Jack kemudian berhasil mengkonfrontir Abu Fayed dan menemukan fakta kalau Phillip Bauer (James Cromwell), Ayah Jack Bauer, adalah otak di balik aksi terorisme itu. Setelah berhasil menggagalkan aksi terorisme ini, Jack memutuskan untuk mundur dan tidak mau lagi membantu Pemerintah.

Season 6 menjadi season yang paling banyak ditonton, bahkan disebut-sebut sebagai Season yang terbaik dari semua season serial ini. Seharusnya, Season 6 akan menjadi season terakhir dari serial 24. Namun karena respon yang sangat positif dari penonton, serta rating yang sangat tinggi, maka produser 24 melanjutkan kembali petualangan Jack Bauer.


24 : REDEMPTION (tayang : 23 November 2008)
Ini adalah film televisi yang merupakan "jembatan penghubung" antara Season 6 dan 7. Pembuatan film ini dilakukan karena awalnya para produser menghendaki Season 6 menjadi season terakhir dari serial 24. Namun setelah adanya permintaan dari para penonton serta tingginya rating serial tersebut, maka dibuatlah film ini.

Di film berdurasi 102 menit ini, dikisahkan Jack Bauer yang saat itu menyamar menjadi seorang misionaris dan bekerja di Sekolah Okavango di Sangala, Afrika Selatan. Sementara itu, Afrika Selatan sedang terjadi perang saudara. Para tentara lawan berniat menghabisi anak-anak di sekolah tersebut. Jack Bauer harus turun tangan kembali untuk menyelamatkan anak-anak di sekolah tersebut dari aksi pembantaian.

Di film ini, sosok Jack Bauer tampil minim kekerasan dan lebih menunjukkan sisi kemanusiaan dirinya. 24 : Redemption ditonton lebih dari 12 juta menduduk Amerika, mendapatkan respon yang sangat positif dari kritikus film, serta mendapatkan 5 nominasi Emmy Awards


24 : SEASON 7 (tayang : 11 Januari - 18 Mei 2009)
Season 7 mengambil setting 46 bulan sejak peristiwa di Season 6, tapi beberapa minggu setelah kejadian di 24 : Redemption. Dikisahkan saat itu, Jack Bauer telah kembali ke Amerika Serikat dan diadili oleh Senat Amerika berkenaan dengan aksi brutal yang dilakukannya selama bergabung dengan CTU. Tiba-tiba Agen FBI Renee Walker (Anne Wersching) masuk ke ruang sidang dan meminta Senat untuk melepaskan Jack Bauer karena dia dibutuhkan FBI dan CTU untuk mencegah aksi terorisme yang akan terjadi. Dan benar saja, terjadi aksi pembajakan pesawat yang dilakukan oleh sekawanan teroris, yang diketahui dipimpin oleh Tony Almeida, mantan CTU yang juga sahabat karib Jack Bauer.

Setelah melumpuhkan Tony, Jack mengetahui kalau sahabatnya itu ternyata sedang menyamar dan menyusup ke dalam sindikat teroris untuk mengungkap tindakan korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintahan. Jack pun menemukan bukti kalau beberapa orang pemerintah ternyata bekerja sama dengan pemberontak Dubaku yang pernah berniat menghabisi anak-anak sekolahnya di Sangala. Maka dibantu Tony Almeida, Chloe O'Brian, dan Renee Walker, Jack pun berjuang kembali menyelamatkan negaranya dari kehancuran.

Season 7 dibuat dan didedikasikan untuk Larry Davenport, Asisten Editor naskah skenario seri 24 sejak season 1 pertama meninggal 19 Januari 2009.

Pada season ini, Cherry Jones yang berperan sebagai President Allison Taylor, memenangi penghargaan di Emmy Award untuk kategori Best Supporting Actress in A Drama Series. Ini menjadi penghargaan Emmy kedua yang diperoleh serial 24 setelah sebelumnya di tahun 2006, Kiefer Sutherland mendapatkan penghargaan tersebut untuk kategori Best Actor.


24 : SEASON 8 (tayang : 17 Januari - 24 Mei 2010)
Serial ini mengambil setting 18 bulan setelah kejadian di Season 7. Presiden Allison Taylor memutuskan untuk melakukan kesepakatan perdamaian dengan Presiden Omar Hassan (Anil Kapoor) dari Republik Islam Kamistan (IRK - Islamic Republic of Kamistan), dan kesepakatan tersebut dilakukan di New York. Ternyata banyak orang yang tidak setuju dengan kesepakatan tersebut, sehingga berusaha menggagalkannya.

Selain harus menghadapi teroris Kamistan yang mengamcam keselamatan Presiden Omar Hassan dan keluarganya, Jack Bauer - yang kala itu menjabat Staf Penasehat CTU New York -  harus pula menghadapi Mafia Rusia yang mencuri hulu nuklir untuk digunakan kepentingan negara mereka. Ditambah lagi adanya penghianat di dalam CTU yang membantu teroris, dan kembalinya Charles Logan, mantan presiden Amerika Serikat, yang membantu teroris Rusia.

Season ini sebenarnya telat diplot menjadi season terakhir dari serial 24. Meski demikian, karena tekanan dari para fans yang menghendaki petualangan Jack Bauer diteruskan, maka akhirnya serial ini dibuat kembali dan diberi judul 24 : Live Another Day.

Berbeda dengan season-season sebelumnya, Season 8 banyak mendapat kritik karena alur ceritanya yang dinilai tidak berkembang seperti pendahulunya, bahkan cenderung monoton. Meski demikian, season ini masih diapreasi dan mendapatkan nominasi untuk berbagai kategori di beberapa festival film. Salah satunya adalah Primetime Emmy Awards di mana season ini meraih penghargaan untuk Outstanding Music Composion dan Outstanding Sound Editing for A Series.


Ingin tahu fakta unik tentang serial televisi 24 (Season 1 - 8)? Klik link ini :
http://funtertainment-facts.blogspot.com/2014/04/fakta-fakta-unik-tentang-serial.html




NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Penggemar film 24, yuk share koleksi dvdnya...

    ReplyDelete