Recommended Movie - OVERHEARD 3 (竊聽風雲3)

Minggu depan, tepatnya tanggal 29 Mei 2014, penonton Hong Kong akan mendapatkan suguhan film eksyen-thriller super seru berjudul Overheard 3. Sama seperti dua film sebelumnya, film ini mengisahkan tentang intrik di dunia bisnis, di mana seri ini tidak ada hubungannya dengan seri-seri sebelumnya. Benang merah dari film ini adalah kesamaan alur cerita dan pemeran film ini. Jadi Anda bisa menonton film ini tanpa harus dibebani kebingungan karena belum menonton dua seri sebelumnya.

Bersetting tahun 1980, Overheard 3 mengisahkan tentang sekelompok pengusaha yang melakukan penyadapan untuk mendapatkan informasi pengembangan real-estate Hong Kong. Sean Lau berperan sebagai seorang pengusaha kaya yang melakukan penyadapan untuk mengetahui rencana pemerintah dalam melelang tanah negara yang lokasinya strategis, guna pembangunan perumahan real-estate. Untuk bisa mendapatkan informasi ini, Sean tidak segan-segan melakukan tindakan kotor dan kejam dan membahayakan banyak orang.

Louis Koo dan Daniel Wu adalah mantan narapidana yang kini telah bertobat dan menjadi penyidik. Keduanya mengetahui sepak-terjang Sean, sehingga bermaksud untuk menjatuhkan Sean. Untuk itu, mereka menggunakan metode penyadapan yang tidak lazim guna mendapatkan informasi yang diketahui Sean, dan mengubahnya menjadi jerat untuk menjatuhkan Sean, serta membongkar kasus korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintah dalam hal lelang tanah Hong Kong.

Film yang disutradarai oleh Alan Mak dan Felix Chong ini diperkirakan akan menjadi box-office pula, seperti dua seri sebelumnya. Selain ketiga aktor itu, film ini didukung pula oleh Alex Fong, Huang Yi, Michelle Ye, Zhang Jingchu, Gordon Lam, Dominic Lam, dan Kenneth Tsang.

Film Overheard 3 akan menjadi seri terakhir dari trilogi Overheard, dan dipastikan akan menjadi film thriller cerdas paling seru yang pernah ada sepanjang 10 tahun terakhir ini (sebelumnya film trilogi Infernal Affairs (2002-2003) dicap sebagai film thriller cerdas paling berpengaruh di Hong Kong sepanjang masa).


ABOUT "OVERHEARD"
Overheard (竊聽風雲 ) adalah film Hong Kong produksi tahun 2009. Film yang naskahnya ditulis dan disutradarai duo sutradara Alan Mak dan Felix Chong ini menjadi salah satu film thriller paling berpengaruh di Hong Kong kala itu. Film ini dibintangi oleh Sean Lau Ching Wa, Louis Koo, dan Daniel Wu, bercerita tentang intrik yang terjadi di dunia bursa efek internasional..


Secara garis besar, Overheard mengisahkan tentang Inspektur Leung (Sean Lau) dari Criminal Intelligence Bureau (CIB) bersama rekannya, Yeung (Louis Koo) dan Lam (Daniel Wu), yang melakukan penyadapan terhadap sebuah perusahaan telekomunikasi untuk mencegah terjadinya tindakan cuci uang yang dilakukan oleh seseorang berjuluk "Boss". Dalam penyadapan tersebut, mereka mendengar adanya percakapan rencana pembunuhan yang akan dilakukan pada Pemimpin perusahaan telekomunikasi tersebut. Tanpa melaporkan hal ini kepada Atasan, ketiga polisi itu berusaha menggagalkan tindakan pembunuhan itu. Namun justru terperangkap dalam intrik yang membahayakan nyawa dan karir mereka.

Film ini meraih penghargaan dalam 16th Hong Kong Film Critics Society Award untuk Best Director dan Film of Merit. Tidak hanya itu, di ajang 29th Hong Kong Film Awards (2010), film ini mendapatkan banyak nominasi dan mendapatkan penghargaan untuk Best Film Editing. Tidak hanya sukses secara artistik, film ini pun sukses secara finansial saat dirilis di Hong Kong dan China.

Kesuksesan ini mendorong duo sutradara Alan Mak dan Felix Chong untuk merilis sekuel film tersebut. Tahun 2011, Overheard 2 dirilis. Masih dengan sutradara dan 3 pemeran yang sama, film ini mengisahkan cerita yang sama sekali baru dan tidak ada hubungan dengan seri sebelumnya.

Masih menggunakan plot yang nyaris sama, Overheard 2 mengisahkan tentang mantan tentara Szema Nim-cho (Daniel Wu) melakukan pengintaian terhadap Law Man Sang (Sean Lau), kepala keamanan Man Sang Securities yang juga seorang broker pasar saham. Satu waktu, terjadi kecalakaan dan Law menyadari kalau dirinya sedang diintai oleh seseorang. Dia meminta bantuan Petugas Senior Ho Chi Keung (Louis Koo), petugas Security Bureau's Anti Terorrist Unit, untuk menyidiki pengintai tersebut. Dalam penyidikan tersebut, terungkap kalau tindakan Szema ada kaitannya dengan Krisis Saham di Hong Kong pada tahun 1973 silam, dan masa lalu Law.

Film ini berhasil menjadi film box-office kembali dan prestasinya justru melebihi seri sebelumnya. Banyak pengamat menilai film ini jauh lebih baik dibandingkan seri pertamanya, karena intrik yang ditampilkan jauh lebih berbobot, lebih realistis, dan lebih mencekam.

Karena kesuksesan itulah, maka pada tahun ini film Overheard 3 pun dirilis.


DO YOU KNOW?
Felix Chong dan Alan Mak sudah bekerja sama cukup lama sebagai penulis skenario. Karya pertama mereka - yang langsung menjadi pembicaraan masyarakat dunia - adalah skenario Infernal Affairs (2002). Mereka pulalah yang membuat skenario untuk film infernal Affairs 2 dan Infernal Affairs (keduanya dirilis tahun 2003). Mereka kemudian merambah ke kursi penyutradaraan tahun 2005 lewat film Moonlight in Tokyo. Dan sejak itulah, mereka dikenal sebagai duo penulis dan sutradara film-film box-office Hong Kong yang paling berpengaruh saat ini.

Film Overheard 3 bisa dikatakan cukup kontroversial karena aksi penyadapan yang ditampilkan - meski tidak lazim dan sepertinya tidak mungkin - benar-benar pernah dilakukan dan terjadi di era 1980an. Konsep cerita ini pun memang berangkat dari kejadian nyata yang pernah terjadi di masa itu. Karena temanya yang sangat sensitif inilah, kedua sutradara Overheard 3 mengakui pernah mendapatkan ancaman akan dihabisi nyawanya jika film ini dibuat. Namun setelah melalui diskusi panjang, terutama dengan Pemerintah Hong Kong dan Dinas Kepolisian Hong Kong, mereka mendapatkan jaminan keselamatan, sehingga film ini pun akhirnya jadi diproduksi.

Overheard 3 sedikit "melenceng" dari pakem dua seri sebelumnya. Dalam seri-seri sebelumnya tidak ada pemeran wanita, maka dalam seri ini ada pemeran wanita. Salah satunya adalah Zhou Xun, aktris populer  Daratan Tiongkok. Dia akan berperan sebagai seorang janda beranak satu.  Adanya karakter wanita dalam seri ini sengaja dilakukan mengingat film Overheard pernah dikritik karena terlalu "gersang" dan "kering". Diharapkan dengan adanya Zhou Xun akan membuat film seru ini menjadi lebih "cerah". Bagi Zhou Xun, Overheard 3 adalah film pertamanya bermain di film berbahasa Kanton.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment