Recommended Movie - THAT DEMON WITHIN (魔警)

April 2014 silam, film That Demon Within arahan sutradara Dante Lam dirilis di Hong Kong dan secara mengejutkan meraih HK$ 7.9 juta hanya dalam waktu 4 hari, melampaui penghasilan yang diperoleh Captain America : The Winter Soldier. Prestasi ini membuat film ini mendapatkan perhatian dari dunia.



That Demon Within diperani oleh Nick Cheung dan Daniel Wu. Alur ceritanya cukup unik dan berbeda dari film eksyen Hong Kong pada umumnya. Dikisahkan Dave Wong (diperani Daniel Wu) adalah seorang petugas kepolisian yang - secara tidak sengaja - menyumbangkan darahnya pada Hon Kong (Nick Cheung), seorang pemimpin geng yang juga seorang pembunuh psikopat, yang kala itu terluka parah.

Dave kemudian menyadari latar belakang Hon, yang ternyata beberapa waktu lalu pernah menghabisi rekan-rekan kesatuannya dalam sebuah aksi perampokan dan tembak-tembakan brutal di jalanan. Tanpa diketahui banyak orang kalau sedang mengalami gangguan jiwa akibat trauma masa kecil, Dave pun menghabisi anggota geng pimpinan Hon dengan cara yang sadis dan kejam.

That Demon Within tidak saja mendapatkan apresiasi di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Dalam ajang 64th Berlin Internasional Film Festival yang diadakan 9 Februari 2014 silam, film ini mendapatkan standing applause dari 800 penonton yang menyaksikan film tersebut.


DO YOU KNOW? 
That Demon Within adalah seri ketiga dari trilogi Crime Film karya Dante Lam. Dua film sebelumnya - Beast Stalker ( 證人;  2008) dan The Stool Pigeon (綫人 ; 2010) - juga adalah film box office yang cukup sukses di Hong Kong. Bahkan Beast Stalker meraih banyak penghargaan, baik nasional maupun internasional.

Nick Cheung adalah satu-satunya aktor yang bermain di ketiga seri Crime Films Dante Lam ini.

Guna keperluan perannya di film ini, Daniel Wu melakukan diet ekstrim dengan tidak makan selama 2 bulan. Akibatnya dirinya mengalami gangguan pencernaan dan makan, serta beratnya turun lebih dari 16 kilogram. Selain itu, Daniel mengalami ketidakstabilan emosi selama di lokasi shooting, akibat diet yang dilakukannya.

Nick Cheung melakukan sendiri semua adegan berbahaya dalam film. Hal ini menyebabkan dirinya beberapa kali nyaris tewas.

Tsui Po Ko
Berbeda dengan proses pembuatan film eksyen yang lain, di mana jalan-jalan lokasi shooting berlangsung ditutup guna menghindari gangguan dari pengguna jalan umum, maka saat pembuatan film That Demon Within tidak dilakukan penutupan jalan. Akibatnya saat shooting adegan tembak-tembakan yang disertai ledakan, banyak orang yang kaget dan berlari menjauhi lokasi. Jika Anda melihat di film itu ada adegan di mana orang berlarian tunggang-langgang menghindari tembak-tembakan, itu bukan adegan yang diatur. Orang-orang itu beneran ketakutan....

Meski dibantah oleh Dante Lam, namun banyak orang menilai kalau film That Demon Within didasarkan pada kasus sensasional Tsui Po Ko, seorang anggota kepolisian yang mengalami gangguan kejiwaan dan delusional. Pada tahun 2006 silam, terjadi aksi perampokan yang terjadi di Tsim Sha Tsui dan terjadi aksi tembak-menembak yang menegangkan di bawah jembatan layang Tsim Sha Tsui antara polisi dengan para perampok. Setelah aksi itu berakhir, polisi berhasil menembak mati salah satu perampok yang belakangan diketahui namanya adalah Tsui Po Ko, anggota kepolisian Hong Kong Police Force. Sebelumnya, Tsui Po Ko telah diketahui mengidap gangguan kejiwaan dan mengalami Schizotypal Personality Disorder, di mana orang yang mengalami gangguan tersebut adalah orang-orang ambisius yang senang menempatkan dirinya sebagai seorang Tuhan, dengan cara mencabut nyawa orang lain. Selain melakukan perampokan, Tsui Po Ko ditengarai juga pernah melakukan aksi kejahatan lain, seperti pembunuhan dan penganiayaan, yang membuatnya dikeluarkan dari dinas tempatnya bekerja.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment