TV Series - SALEM (2014 - onward)

Salem adalah sebuah serial televisi baru yang cukup kontroversial saat ini. Serial hasil kreasi Adam Simon dan Brannon Braga ini diproduksi dan ditayangkan oleh WGN America. Para kritikus mengkritisi serial ini karena mengangkat tema yang cukup ekstrim - tentang kasus peradilan para penyihir yang pernah terjadi pada abad 17 - sedangkan para penonton memuji serial ini karena menghadirkan cerita yang benar-benar berbeda dari serial yang lain.

Ditayangkan sejak tanggal 20 April 2014, Season Pertama Salem akan terdiri dari 13 episode. Namun, melihat respon penonton yang sangat positif, baru juga tayang beberapa episode, WGN America sudah buru-buru menyiapkan Season Kedua serial ini, di mana rencananya juga akan terdiri dari 13 episode.

Seperti yang saya tulis di atas, serial ini terinspirasi dari kisah nyata peradilan penyihir yang pernah terjadi pada abad 17 di Salem yang dikenal dengan Salem Witch Trials. Kasus peradilan dan eksekusi orang-orang yang dituduh penyihir ini sempat menggemparkan masyarakat Amerika Serikat dan menjadi salah satu sejarah gelap yang pernah terjadi di sana. Peradilan tersebut berlangsung antara tahun 1692 - 1693, di mana sedikitnya 20 orang - mayoritas di antaranya adalah wanita - dihukum bakar. Kasus ini terjadi di Salem Town, Massachusetts, Amerika Serikat.

Serial ini mengisahkan tentang kehidpan masyarakat yang tinggal di Salem Town pada abad 17. Di kota itu,tinggallah wanita muda Mary Sibley (diperani Janet Montgomery) yang sedang hamil. Suaminya, John Alden (Shane West) sedang pergi berperang. Cukup lama Mary tidak mendengar kabar suaminya, sehingga dia mengira suaminya telah meninggal dan memutuskan untuk menikahi George Sibley, orang terkaya dan paling berpengaruh di Salem. Tanpa diketahui orang, Mary ternyata adalah seorang penyihir dan berniat menguasai Salem. Dengan menikahi George, Mary menjadi orang kaya dan dapat mengendalikan George untuk kepentingannya. Sementara itu, Mary pun melakukan serangkaian kekacauan yang membuat masyarakat resah dan mulai saling curiga.

Dalam kepanikan, Pemerintah Kota Salem melakukan penangkapan terhadap orang-orang yang diduga penyihir dan melakukan penyidangan. Mary memanfaatkan peradilan itu untuk membuat para penduduk saling bertikai dan saling bunuh. Saat kekacauan di Kota Salem makin meluas dan menguatirkan, muncullah Pendeta Cotton Mather (Seth Gabel), yang juga Pemimpin Pemburu Penyihir. Dia mencurigai kalau kekacauan tersebut akibat ulah dan provokasi penyihir yang ada di tengah para penduduk.

Mary menyadari kehadiran Pendeta Cotton dan menyiapkan jebakan untuknya. Celakanya, suami Mary yang dikira sudah meninggal, tiba-tiba pulang dalam kondisi selamat. Hal ini menyebabkan Mary harus berhati-hati untuk menyimpan rahasia identitas aslinya. Jika tidak, maka dia bakal mengalami penghukuman yang berat dari penduduk Salem.

Saat tulisan ini dibuat, serial Salem baru tayang episode 3 dari total 13 episode.



TRIVIA FACTS :
Pengembangan serial ini sudah dilakukan sejak Juli 2012. Awalnya serial ini berjudul Malice. Setelah menunggu hampir setahun, akhirnya WGN America setuju untuk merilis serial ini. Jika biasanya produser diminta membuat episode perdana (Pilot Episode) untuk melihat respon penonton sebelum merilis episode-episode berikutnya, maka serial ini langsung mendapat lampu hijau untuk diproduksi 13 episode sekaligus, tanpa perlu melihat respon penonton. Dan terbukti, respon penonton benar-benar sangat baik.

Banyak karakter yang muncul di serial ini didasarkan dari tokoh sebenarnya yang berhubungan dengan Kasus Salem Witch Trials. Beberapa di antaranya adalah :
1. John Alden : dalam sejarah kasus Salem Witch Trials, John Alden adalah salah satu orang yang diduga adalah penyihir. Dia mengalami peradilan dan menghadapi rentetan tuduhan tindakan kejahatan menggunakan sihir. Namun lewat perdebatan yang panjang, akhirnya John Alden terbebas dari hukuman. Setelah itu, John banyak menulis buku yang berhubungan dengan kasus tersebut. Salah satunya yang paling fenomenal adalah More Wonders of The Invisible World, yang diterbitkan oleh Robert Calef tahun 1700.

2. Pendeta Cotton Mather : merupakan Pendeta sekaligus Hakim yang banyak berperan dalam Salem Witch Trials.

3. Tituba : dalam serial Salem, Tituba adalah murid Mary. Dalam kenyataannya, dia adalah budak wanita yang dituduh pertama kali sebagai Tukang Sihir oleh masyarakat Salem. Dia jugalah adalah orang pertama yang mengaku sebagai Penyihir yang bisa berbicara langsung dengan Setan. Meski mengaku sebagai Penyihir, namun Tituba tidak pernah dihukum mati. Dalam catatan, dia hanya menjalani hukuman penjara, namun kemudian dibebaskan, lalu menghilang.


NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Gan seri ketiga episode 11 kapan ya keluar y dah penasaran kelanjutannya

    ReplyDelete