Recommended Korean Drama - Yoo Na's Street (유나의 거리)

Produksi          : jTBC
Tanggal tayang : 19 Mei - 14 Juli 2014 
Total episode   :16

Saya sangat tertarik dengan sebuah serial drama komedi yang sedang tayang di Korea Selatan, berjudul Yoo Na's Street (유나의 거리; Yuna Eui Geoll). Mungkin jarang-jarang saya bisa menyukai drama Korea, tapi sepertinya serial ini memiliki magnet yang sangat luar biasa untuk menarik siapapun menontonnya. Serial ini tidak saja penuh adegan kocak khas Korea Selatan, namun juga punya cerita penuh motivasi yang bisa menggugah perasaan orang.

Serial ini bertutur tentang kehidupan keluarga pencopet di Korea. Adalah Kang Yoo Na (diperani Kim Ok Bin), yang belajar cara mencopet dan menjadi gadis remaja dengan keahlian copet yang luar biasa hebat dan terkenal di antara para pencopet di lingkungannya. Sejak tertangkap kemudian menginap di hotel prodeo selama beberapa saat, akhirnya Yoo Na bebas dan mencoba mengubah gaya hidupnya.

Dia bekerja paruh waktu sebagai barista di kafe salah seorang temannya. Meski berjanji untuk berubah, namun kebiasaan mencopet yang didapatnya sejak kecil tidak dengan mudah dapat dihilangkannya.

Yoo Na dan keluarganya tinggal di sebuah rumah susun yang ditinggali orang-orang "tidak bener" seperti mantan anggota geng, pelacur, dan pengangguran. Meski hidup dalam lingkungan demikian, namun kesemuanya dapat hidup bahagia dan saling berdampingan, karena mereka semua merasa senasib sebagai orang yang disisihkan masyarakat.

Satu ketika, komplek mereka kedatangan penghuni baru bernama Kim Chang Man (Lee Hee Joon), seorang pengangguran yang juga pekerja sosial. Saat berada di komplek tersebut, Chang Man berjuang untuk bisa masuk ke dalam lingkungan pergaulan tetangganya. Tidak mudah, namun sedikit demi sedikit, Chang Man berhasil mendekati para tetangganya dan membantu mereka yang telah kehilangan rasa percaya diri dan sakit hati karena tersisih dari masyarakat.

Chang Man kemudian berkenalan dengan Yoo Na, dan muncullah api cinta di antara mereka. Namun hubungan ini tidak semudah yang dikira orang, karena Yoo Na merasakan kehidupan Chang Man dan masyarakatnya bagai langit dan bumi. Yoo Na yang merasa sebagai penduduk kaum bawah tidak pantas bergaul dengan masyarakat kelas menengah apalagi atas. Selain itu, dia memiliki perasaan sakit hati karena dijauhi masyarakat, sehingga cukup sulit untuk bisa menerima Chang Man.

Serial ini memotivasi orang untuk dapat melihat bahwa tujuan dari hidup ini bukanlah soal menjadi kaya dan hidup dalam strata atau golongan masyarakat tertentu, namun yang paling penting adalah bagaimana hidup menjadi orang yang bisa mengasihi orang lain, menerima kekurangan orang, serta tidak membeda-bedakan hubungan berdasarkan tingkat sosial.

Alurnya cukup enak untuk diikuti karena sangat ringan, namun bermakna dalam sekali. Hingga hari ini, serial tersebut telah memasuki episode 5 dari rencana total 16 episode.

Serial yang skenarionya ditulis Kim Woon Kyung ini disutradarai duo sutradara Im Tae Woo dan Kim Jae Hong. Selain diperani aktor dan aktris di atas, juga didukung oleh pemain lain, seperti Kang Shin Hyo, Lee Moon Sik, Ahn Nae Sang, Shun So Yul, dan lain-lain.


DO YOU KNOW? 
Serial ini merupakan remake dari serial the Moon of Seoul ( 서울의 달 / Seoului Dal) yang pernah populer di tahun 1994 silam. Serial bertotal 82 episode tersebut mengisahkan cerita yang sama dengan diperani Han Suk Kyu, Choi Min Shink, dan Chae Si Ra.

Penayangan Episode 5 serial ini sempat ditunda. Harusnya episode tersebut ditayangkan tanggal 28 Mei 2014. Namun karena ada debat kandidat Presiden di Seoul tangal 2 Juni 2014, maka penayangan serial tersebut digeser menjadi tanggal 3 Juni 2014.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment