Recommended Movie - A Girl At My Door (도희야)

Sebuah film drama baru-baru ini "mengharu-biru" penonton Korea Selatan dan para penonton di Cannes Film Festival 2014. Film berjudul "A Girl At My Door" (도희야 ; Do Hui Ya) ini disutradarai July Jung dan diperani oleh Bae Doona dan Kim Sae Ron.

Kisahnya cukup menyentuh :  Karena melakukan kesalahan yang cukup fatal di kesatuan kepolisian tempatnya bekerja, Kadet Lee Young Nam (diperani Bae Doona) dipindahkan ke sebuah dusun kecil di daerah Yeosu. Di dusun yang sepi dan tenang itu, Young Nam harus bergaul dengan para polisi pria yang rata-rata berusia sudah sangat lanjut.

Frustrasi dengan kondisi pekerjaannya, Young Nam sering menghabiskan waktu untuk mabuk-mabukan. Dia bahkan menyimpan soju (minuman keras khas Korea) ke dalam botol air minumnya, dan sesekali minum ketika dia mengalami susah tidur.

Di kota tersebut tinggal seorang pria bernama Park Yong Ha (Song Sae Byeok) yang mempekerjakan imigran gelap dan menggelapkan gaji mereka, sehingga banyak pekerja digaji rendah atau tidak sama sekali. Yong Ha punya anak tiri bernama Seon Do Hee (Kim Sae Ron) yang sering dipukulinya. Selain mengalami kekerasan dari ayah tirinya, Do Hee juga dipukuli teman sekolahnya. Akibatnya Do Hee - yang berusia 14 tahun - menjadi sangat pendiam dan tertutup. Ibu Do Hee telah pergi meninggalkannya saat anak itu masih kecil, sehingga dia tidak pernah merasakan kasih sayang ibu.

Satu ketika, dusun tersebut digemparkan dengan penemuan mayat ibu Yong Ha yang mengapung di sungai. Ditengarai kematian ibu Yong Ha akibat ditabrak sepeda motor yang dikemudian oleh seorang wanita pemabuk. Marah atas kematian ibunya, Yong Ha melampiaskan amarahnya pada Do Hee kembali.

Melihat Do Hee mengalami kekerasan dari lingkungan, Young Nam kemudian mengajak Do Hee untuk tinggal bersamanya di sebuah rumah berlibur. Di sana, untuk pertama kalinya Do Hee merasakan hidup nyaman dan tenang tanpa pukulan dan makian, seperti yang biasa dia alami saat tinggal dengan ayah tirinya.Dan untuk pertama kalinya, dia bisa merasakan kelembutan kasih sayang seorang ibu yang diterimanya dari Young Nam.

Namun kehidupan nyaman ini terusik ketika ayah tirinya mengetahui kebiasaan buruk Young Nam yang suka mabuk-mabukan, dan berniat menghancurkan karirnya dengan melaporkan Young Nam pada Atasannya. Akankah Young Nam dipecat? Bagaimana nasib Do Hee kemudian?

Film yang sangat mengharukan ini ditayangkan di Korea tanggal 22 Mei 2014 dan langsung menarik simpati banyak orang. Akting Kae Doona dan Kim Sae Ron disanjung banyak penonton dan kritikus sangat sempurna dan mampu mengaduk-aduk emosi para penonton.


DO YOU KNOW?
Beberapa hari sebelumnya, tepatnya tanggal 19 Mei 2014, film ini mendapatkan kesempatan untuk ditayangkan perdana di acara Cannes Film Festival 2014. Usai film itu diputar, para penonton di sana memberikan standing ovation (tepuk tangan berdiri) selama 3 menit sebagai penghormatan dan penghargaan atas film ini.
Artis Bae Doona merupakan artis Korea Selatan yang terkenal karena sering bermain di layar lebar tanpa make-up, satu hal yang tidak pernah dilakukan oleh artis Korea Selatan lain. Doona pertama kali tampil tanpa make-up di film Barking Dog Never Bite (2000) arahan sutradara Bong Joon Ho. Meski memiliki wajah yang tidak secantik artis Korea Selatan lainnya, namun Doona punya kepercayaan diri yang sangat besar dan selalu tampil apa adanya. Terbukti, kepiawaiannya berakting sangat berkualitas dan sangat dihargai penonton di seluruh dunia. Banyak film yang diperaninya sukses dan namanya dikenal. Beberapa di antaranya adalah The Host (2006), As One (2012), dan Cloud Atlas (2012).  Tahun 2015 mendatang, dia akan bermain dalam film produksi Hollywood berjudul Jupiter Ascending arahan Wachowski Bersaudara (sutradara trilogi film The Matrix yang legendaris).







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment