Recommended TV Series - MOZU (2014 - onward)

MOZU adalah mini seri televisi yang sedang "rame" di Jepang. Diangkat dari novel "Mozu no Sakebu Yoru" karya Go Osaka (dipublikasikan Februari 1986 oleh Shueisha Inc.), mini seri ini menawarkan sebuah alur cerita yang menegangkan dan mendebarkan. Saat ini, MOZU telah dibuat dalam 2 Season. Season pertama (berjudul MOZU Season 1 - Mozu no Sakebu Yoru; total 3 episode) ditayangkan tanggal 10 - 24 April 2014 silam. Sedangkan  Season kedua (MOZU Season 2 - Maboroshi no Tsubasa; total 5 episode) baru akan tayang 22 Juni - 20 Juli 2014 mendatang.

Ceritanya berpusat pada 3 orang polisi : Inspektur Kuraki Naotake (diperani Hidetoshi Nishijima), Asisten Inspektur Osugi Ryota (Teruyuki Kagawa), dan Sersan Akeboshi Miki (Yoko Maki). Ketiganya adalah Agen Kepolisian Jepang dari tiga divisi berbeda yang bertarung melawan waktu mengejar seorang psikopat yang berniat menimbulkan keresahan masyarakat Tokyo.

Pada Season pertama, dikisahkan sebuah ledakan bom mengguncangkan pusat perbelanjaan di Hibiya,Tokyo, dan membunuh ratusan orang yang berada di pusat perbelanjaan yang ramai tersebut. Salah satu korban yang tewas adalah Chihiro, yang tidak lain adalah istri dari Inspektur Kuraki Naotake dari Divisi Pelayanan Khusus Pengamanan Publik (Public Security's First Special Service Division). Hal ini membangkitkan amarah sang Inspektur dan membuatnya bertekad menangkap sang pelaku.

Pasca ledakan bom tersebut, masyarakat mendesak Kepolisian Jepang untuk segera menangkap dan mengadili pelaku pengeboman tersebut. Karena itu, Dinas Kepolisian membentuk tim investigasi yang merupakan gabungan dari beberapa departemen dan divisi kepolisian, yaitu First Special Service Division (Kuraki), First Investigative Division (Osugi), dan Dinas Kepolisian (Miki).

Penyelidikan ketiga detektif itu mengungkapkan adanya seorang pembunuh bayaran bernama Mozu yang sengaja memasang bom di beberapa tempat tertentu di Tokyo guna menimbulkan kepanikan. Namun tidak seorang pun tahu wajah asli dari Mozu. Hingga satu ketika, investigasi mereka mengarah pada seorang pemuda misterius bernama Shingai Kazuhiko. Shingai selalu mengalami sakit kepala yang aneh dan datangnya tiba-tiba. Hal ini menimbulkan kecurigaan ketiga detektif itu, apakah Shingai memang pelaku pengeboman bernama Mozu itu? Apakah Shingai ada sosok berkepribadian ganda? Atau justru Shingai adalah tokoh kunci yang tahu siapa Mozu sebenarnya?

Pada Season 2 yang akan tayang dalam waktu dekat, dikisahkan kedok Mozu telah terungkap dan berhasil ditaklukkan. Marah dan dendam dengan ketiga detektif yang telah mengalahkannya, Mozu melarikan diri ke Korea Selatan, lalu menyusup kembali ke Jepang sebagai Agen Negara Ginseng tersebut. Kali ini, dia melakukan rangkaian pembunuhan brutal pada beberapa orang pasien di rumah sakit. Semua korban adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia politik.

Kuraki, Osugi, dan Miki kembali diminta bekerja sama untuk menangkap Mozu dan mengungkap aksi pembunuhan yang dilakukannya. Meski mereka pernah mengalahkan Mozu dan berhasil menyibak jati dirinya, namun Mozu yang sekarang jauh lebih licik. Dengan menggunakan wajah dan identitas baru, sangat sulit bagi ketiga detektif untuk untuk tahu siapa Mozu sekarang. Investigasi yang dilakukan oleh Kuraki, Osugi, dan Miki justru mengarahkan mereka pada gerakan konspirasi politik yang akan mengguncang pemerintahan Jepang.

Serial ini terbilang cukup dasyat dan "kolosal", terutama Season 1 seri 1 di mana adegan pengeboman gedung pusat perbelanjaan digambarkan cukup fenomenal dan mengejutkan. Selain akting memukau setiap pemain serial ini dan efek khusus yang menarik, sinematografi mini seri ini pun sangat baik. Banyak adegan dibuat dengan sangat dramatis, sehingga mampu menguras emosi penonton. Kritikus pun menilai serial yang masing-masing episodenya berdurasi 90 menit ini berhasil membawa suasana mencekam dengan alur cerita yang sangat cepat dan tidak membosankan. 


DO YOU KNOW? 
Produksi dua Season Serial MOZU merupakan hasil kerjasama dua rumah produksi terkemuka di Jepang : TBS dan Wowow.

Novelis Go Osaka - yang menulis novel MOZU - turut pula merancang skenario dua Season mini seri MOZU ini bersama Kosuke Nishi.

Aktris Yoko Maki yang memerani Akeboshi Misa merupakan aktris papan atas Jepang yang baru-baru ini meraih 2 penghargaan sekaligus di ajang Japan Academy 2013, yaitu Best Actress dan Best Supporting Actress. Prestasi dan kemampuan aktingnya dipuji para kritikus setara dengan Kate Winslet yang juga pernah meraih 2 penghargaan secara bersamaan di ajang Academy Award untuk film Titanic (1998).

Banyak kritikus memuji akting Ikematsu Sosuke di mini seri Mozu ini. Pemuda yang baru-baru ini menyelesaikan film layar lebar Adult Drop, Love's Whirlpool, dan Our Family ini berhasil membawakan akting pria berkepribadian ganda yang mampu menyihir penonton untuk terpesona, kagum, sekaligus miris dalam waktu bersamaan.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment