Recommended TV Series - ORPHAN BLACK (2014 - onward)

Serial televisi bergenre thriller ini tergolong istimewa. Selain menegangkan, serial ini juga menampilkan akting yang luar biasa dari Tatiana Maslany, pemeran utama serial ini, yang dengan gemilang dan meyakinkan berhasil memerankan beberapa karakter sekaligus. Bahkan dalam beberapa adegan, karakter tersebut muncul berbarengan dalam satu scene. 

Serial ini mengisahkan tentang Susan Manning (Tatiana Maslany), seorang pencuri asal Inggris, yang datang ke New York untuk menengok anaknya. Saat baru tiba di stasiun kereta api, secara mengejutkan Susan menyaksikan dari dekat seorang gadis - berwajah sama dengannya - yang bnuh diri dengan cara meloncat ke rel kereta api. Kaget dengan kejadian tiba-tiba itu, Susan kabur meninggalkan tempat itu, sambil mengambil tas milik sang korban.

Belakangan, Susan mengetahui kalau korban bernama Elizabeth Childs. Setelah menemukan tempat tinggal Childs, Susan kemudian memutuskan untuk mengganti identitasnya menjadi Childs. Di luar dugaan, Childs ternyata seorang detektif yang sedang menjalani sidang karena kasus penembakan yang tidak disengaja. Belum lagi kasus Childs tuntas, Susan berjumpa dengan seorang wanita misterius asal Jerman bernama Katja yang berwajah sama dengannya. Katja meminta bantuan Susan, namun dia tewas dibunuh seseorang yang tidak diketahui.

Sesaat setelah Katja tewas, seseorang menghubungi Susan dan memintanya mencarikan koper milik Katja. Di sanalah terdapat jawaban atas segala misteri ini. Selanjutnya, Susan berjumla lagi dengan beberapa wanita berwajah sama dengannya, yaitu Allison, Cosima, Helena, dan Rachel. Dari sana, Susan baru tahu kalau ada organisasi rahasia bernama Neolution yang bertujuan menciptakan klon manusia. Tindakan Neolution ini ditentang ole sekte keagamaan Prolethean yang berusaha melenyapkan para klon. Karena itulah, Prolethean menugasi seorang pembunuh bayaran untuk menghabisi satu-persatu klon, termasuk semua klon Susan. Akankah Susan dan para klonnya bisa selamat dari kejaran Prolethean?

Dalam seri ini, Tatiana Maslany memerani sedikitnya 6 orang karakter yang berbeda. Selain karakter yang berbeda, Tatiana juga harus mampu berakting dengan menggunakan aksen bahasa British, USA English, Irlandia, dan Jerman. Tentu saja ini adalah tantangan yang cukup menarik dan berhasil dibawakan dengan sangat baik oleh Tatiana. Tidak heran jika untuk kerja kerasnya ini, Tatiana diganjar banyak penghargaan, termasuk Best Actress untuk Critics Choice Awards (2013), Breakthrough Performance - Female di ajang Young Hollywood Awards (2013), Best Actress di ajang Satellite Awards (2013), dan Best Performance in a Television Series - Drama Actress di ajang Golden Globe Award (2013).

Tidak hanya Tatiana, namun serial ini pun mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton serta memenangkan banyak penghargaan di ajang bergengsi dunia, seperti Golden Globe Awards, Critics' Choice Television Award, Hugo Award, Television Critics Association Award, dan lain-lain.

Serial yang mulai tayang sejak 30 Maret 2013 ini telah memasuki season kedua, yang baru tayang 19 April 2014 silam.


DO YOU KNOW?
Meski di Amerika Serikat ditayangkan oleh stasiun televisi BBC-America, namun serial ini bukanlah serial produksi Inggris, melainkan Kanada.

Dan meski pun sebagian pemeran utamanya - terutama Tatiana Maslany dan Jordan Gavanis (pemeran Felix Dawkins, adik angkat Sarah Mannings) - beraksen Inggris, namun mereka semua adalah para aktor dan aktris Kanada.

Jordan Gavanis mendapatkan banyak pujian di serial ini. Selain karena akting gemilangnya sebagai gay, kemampuan berbahasa dengan aksen British yang kentalnya dinilai nyaris tanpa cela, dan berhasil menipu banyak penonton yang mengira dirinya adalah aktor kelahiran Inggris Raya. Berkat aktingnya di serial ini, dia dianugerahi penghargaan Best Supporting Actor di ajang The Canadian Screen Award tahun 2014.

Di Season 1, Tatiana Maslany memerani 6 karakter klon : Sarah Mannings (pencuri dan tokoh utama serial ini), Elizabeth Childs (detektif yang bunuh diri di awal cerita), Allison Hendrix (ibu rumah tangga), Cosima Niehaus (mahasiswi), Helena (pembunuh bayaran), dan Rachel Duncan (adik kembar Sarah Mannings). Kepiawaian akting Tatiana benar-benar teruji, terutama saat dalam 1 scene dia tampil dan harus bermain menjadi 3 karakter yang berbeda sekaligus.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment