TV Series Recommended - LUTHER (2010 - 2013)

Jika biasanya saya membahas serial televisi produksi Amerika Serikat dan Korea, maka sekarang saya akan membahas serial televisi dari Inggris. Sebenarnya banyak serial produksi Inggris yang sangat bagus dan menarik. Sayangnya, mungkin karena terbatasnya peredaran DVD serial Inggris, serta tidak pernahnya serial tersebut ditayangkan di televisi, maka gaungnya kurang sekencang serial Amerika.

Kali ini yang akan saya bahas adalah serial televisi yang cukup populer di Inggris : LUTHER. Sebenarnya serial ini sendiri sudah selesai masa tayangnya di Inggris sejak tahun 2013 silam. Meski demikian, serial ini masih terus diminati dan diputar ulang (re-run) di negara asalnya. Bahkan sudah ada rencana untuk mengadaptasi serial ini menjadi film layar lebar dengan pemeran yang sama. Karena itu, rasanya tidak ada salahnya jika saya bahas serial ini sekarang.

Luther adalah drama seri televisi bergenre psychological crime drama. Karakter ini diperani dengan gemilang oleh Idris Elba, sehingga diganjar penghargaan Best Actor in A Miniseries or Television Film di ajang 69th Gloden Globe Awards (2011).

Serial kreasi Neil Cross ini terdiri dari 3 Season, di mana Season 1 ditayangkan tanggal 4 Mei - 8 Juni 2010 (6 episode), Season 2 ditayangkan 14 Juni - 5 Juli 2011 (4 episode), dan Season Terakhir ditayangkan tanggal 2 - 23 Juli 2013 (4 episode).  Setiap season mendapatkan respon yang sangat positif dari penonton. Meski ratingnya sangat tinggi dan kelanjutannya terus dinanti para  penggemarnya, baik Neil Cross dan Idris Elba menegaskan bahwa tidak akan ada lagi kelanjutan dari serial ini. Meski demikian, sebuah versi layar lebar sedang dipersiapkan dan akan menjadi petualangan terakhir Luther.

Secara garis besar, Luther mengisahkan tentang sepak terjang Detective Chief Inspector (DCI) John Luther yang bekerja di Serious Crime Unit. Dia dikenal sebagai seorang polisi berdedikasi yang sangat loyal pada kesatuannya. Namun dalam menjalankan tugas, dia adalah orang yang sangat obsesif, posesif, bahkan menggunakan cara-cara keras untuk menyelesaikan tugas yang diembannya.

Kasus yang ditangani Luther cukup beragam dan kompleks. Mulai dari pedofil, penembak jitu yang mengincar anggota kepolisian London, pembunuh berantai yang juga pemimpin sebuah aliran sesat, hingga psikopat. Kesemuanya dituntaskan Luther dengan caranya yang keras dan tegas.


TRIVIA 
Menurut Neil Cross, kreator serial Luther, karakternya dipengaruhi oleh gaya Sherlock Holmes dan Detektif Columbo (seorang detektif slengeg'an yang pernah populer di awal tahun 1980an). Dalam hal menganalisa masalah, kecerdasan Luther dibuat sejajar dengan Sherlock Holmes. Sedangkan gayanya dalam menangani para pelaku kejahatan mengambil model Columbo yang sangat ugal-ugalan dan seenaknya.

Film Luther yang sedang memasuki pra-produksi saat ini akan melanjutkan cerita yang ditinggalkan seri terakhir Season 3 serial Luther.

Serial Luther merupakan serial Inggris pertama yang disulih-suarakan saat tayang di Slovakia melalui saluran STV-1 (September 2013).

Agar para penonton lebih memahami latar belakang karakter Luther, maka Neil Cross menulis dan merilis novel berjudul Luther : The Calling. Novel yang merupakan prekuel dari seri Luther ini dipublikasikan tanggal 4 Agustus 2011 (penerbit Simon & Schuster). Novel bertotal 368 halaman ini mengisahkan tentang masa lalu John Luther yang pernah mengalami trauma saat menghadapi kasus seorang pembunuh anak. Akhir dari kejadian di novel ini merupakan awal dari petualangan Luther di serial televisi. Novel ini memenangi penghargaan Ngaoi Marsh Award untuk kategori Best Crime Novel (2011).


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment