TV Series - YOUNG SHERLOCK (少年神探狄仁傑)

Meski judulnya mengingatkan kita pada sosok detektif terkenal karya Sir Arthur Conan Doyle (Sherlock Holmes), namun serial televisi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan karakter tersebut. Serial Young Sherlock adalah serial produksi Hong Kong, yang mengisahkan tentang petualangan Detektif Di Renjie yang dikenal dengan nama Detective Dee, seorang petugas kepolisian di Masa Dinasti Tang yang terkenal karena kecerdasan dan kelihaiannya dalam mengungkap banyak kasus kriminal di masa tersebut.

Mirip seperti Sherlock Holmes, Detective Dee adalah seorang detektif yang sangat jeli dalam melihat detil kasus. Kasus yang dihadapinya selalu kasus yang pelik dan rumit, dengan penyelesaian yang seringkali mengejutkan dan tidak terpikirkan banyak orang.

Banyak literatur dan film tentang Detective Dee yang dibuat. Dan kini, petualangan Detective Dee akhirnya diangkat ke serial televisi oleh stasiun televisi TVB - Hong Kong.

Diperani Bosco Wong, Ma Tian Yu, Cindy Sun, dan Stephy Qi,  serial yang mulai tayang di Hong Kong tanggal 6 Juni 2014 ini mengisahkan tentang Di Ren Jie (Bosco Wong), seorang pemuda berusia 26 tahun yang mengikuti ujian menjadi petugas kerajaan di Kota Chang'An. Saat mengikuti ujian, seorang pembunuh yang menyamar sebagai salah seorang peserta ujian, berusaha membunuh Ratu Wu Zetian (Ruby Lin), yang kala itu menjadi Pengawas Ujian. Beruntung aksi itu berhasil digagalkan Ren Jie, dan sang pembunuh pun kabur.

Ruby Lin as Queen Wu Zetian
Atas tindakannya menyelamatkan Ratu, Ren Jie kemudian diangkat sebagai petugas kerajaan dan mendapatkan tugas dari Ratu untuk menyidiki siapa pelaku yang nyaris membunuh dirinya tersebut. Saat menjalankan tugas ini, Ren Jie didampingi oleh sahabatnya : Wang Yuan Fang (diperani Ma Tian Yu) - seorang ahli obat-obatan - serta Tong Meng Yao (Cindy Sun), sahabat masa kecil Ren Jie. Dalam petualangannya, Ren Jie berhasil mengungkap kalau rencana pembunuhan Ratu hanyalah awal dari sebuah konspirasi besar untuk menggulingkan Kaisar Gaozong  (Yuan Hong). Siapakah pelakunya?

Selain di Hong Kong, serial dengan total 40 episode yang disutradarai oleh Ling Feng telah juga bisa dinikmati oleh masyarakat Tiongkok melalui saluran Hunan TV. Kapan ya bisa tayang di Indonesia?


ABOUT "DETECTIVE DEE"
Detective Dee atau Di Ren Jie adalah salah satu tokoh sejarah yang cukup terkenal dari Dinasti Tang. Hidup pada tahun 630 - 700 Sesudah Masehi, Petugas Kerajaan bergelar 梁文惠公 (Panglima dari Liang Wen Hui) dan berjuluk 懷英 (Huai Ying) ini adalah orang kepercayaan dari Kaisar Tai Zong (598 - 649) dari Dinasti Tang.

Sejak muda, Ren Jie sudah dikenal sebagai anak yang sangat cerdas. Dia menjadi orang pertama yang lulus dengan nilai terbaik dalam Ujian Penerimaan Petugas Kerajaan dan mendapatkan penghargaan khusus dari Ratu Wu Zhe Tian, istri dari Kaisar Tai Zhong.

Nama Ren Jie mulai dikenal saat dia menjadi Sekretaris di Kantor Pemerintahan Prefektur Bian (daerah Kaifeng, Henan). Di masa itu, dia dituduh melakukan kejahatan. Di hadapan Menteri Pekerjaan Umum, Yan Li Ben, Ren Jie berhasil membuktikan dirinya tidak bersalah. Menteri Yan sangat terkesan dengan cara Ren Jie membela diri, sehingga mengangkatnya menjadi Staf Khusus di Prefektur Bing (daerah Taiyuan, Shanxi).
Bosco Wong as Detective Dee Ren Jie

Tahun 676, di masa Pemerintahan Kaisar Gaozong (anak dari Kaisar Taizong), Ren Jie diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Kehakiman Agung. Di masa itulah, karir Ren Jie melonjak dan namanya sangat terkenal. Dia menjadi Hakim Agung yang menangani lebih dari 17.000 kasus setiap tahun tanpa mendapatkan sedikit pun keluhan. Bahkan banyak orang memuji kehandalan dan kebijaksanaannya dalam menangani setiap kasus. 


Meski banyak menangani kasus pengadilan, namun nama Ren Jie kalah pamor dengan Bao Jing Dien (Judge Bao) yang juga terkenal sebagai Hakim Agung. Meski demikian, Ren Jie lebih dikenal karena pemikirannya yang tajam dalam menangani setiap kasus. Tidak heran, banyak orang lebih menganggap Ren Jie sebagai seorang penyidik daripada seorang hakim.

Nama Di Ren Jie mulai dikenal luas dunia setelah diangkat dalam literatur pada abad ke-18, dengan dirilisnya serangkaian tulisan yang dibuat oleh penulis yang menyebut dirinya " 不题撰人" (Bu Ti Zhuan Ren; Penulis yang Tidak Ingin Namanya Diketahui). Karya literatur petualangan Di Ren Jie dipublikasikan dalam bentuk serangkaian cerpen berjudul "Cases of Judge Dee" ( 狄公案; Di Gong An). Cerpen-cerpen tersebut kemudian dikompilasi dan diterjemahkan oleh Robert van Gulik, seorang sinologis dan diplomat Belanda, yang lalu diterbitkan dengan judul  Celebrated Cases of Judge Dee.

Sepak terjangnya baru dibuat dalam bentuk sinema tahun 2004. CCTV-8, salah satu stasiun televisi terbesar di Tiongkok, adalah stasiun televisi pertama yang mengangkat petualangan Detektif Dee ke layar televisi. Serial Amazing Detective Di Ren Jie (神探狄仁杰) ditayangkan tanggal 6 Agustus 2004 di CCTV-8, dan menjadi serial yang sangat diminati dengan rating yang sangat tinggi kala itu. Sukses serial ini kemudian dilanjutkan dengan sekuel-sekuelnya : Amazing Detective Di Ren Jie 2 (2006), Amazing Detective Di Ren Jie 3 (2008), dan Amazing Detective Di Ren Jie (2010).

Hong Kong baru mengadaptasi petulangan Detektif Dee pada tahun 2009 dengan merilis serial televisi The Greatness of A Hero. Serial dengan total 20 episode yang diperani Kent Cheng dan diproduksi TVB ini ditayangkan tanggal 9 Februari 2009.

Detektif Dee baru diangkat ke layar lebar tahun 2010. Sutradara Hong Kong Tsui Hark merilis film berjudul Detective Dee and The Mystery of The Phantom Flame, yang diperani Andy Lau, Carina Lau, Li Bingbing, Tony Leung Ka Fai, dan Deng Chao. Film berdurasi 122 menit ini dibuat dengan bujet US$ 20 juta dan meraup keuntungan US$ 51,7 juta, menjadikan film ini sebagai salah satu box-office Hong Kong saat itu. Film ini tidak saja sukses secara lokal, namun juga mendunia, terutama di Amerika Serikat.

Sukses film ini kemudian diikuti dengan sekuel / prekuelnya, berjudul Young Detective Dee : Rise of The Sea Dragon, yang dirilis tahun 2013. Film ini tetap disutradarai Tsui Hark, namun pemerannya diganti menjadi Mark Chao yang berperan sebagai Dee Ren Jie muda. Berdurasi lebih panjang (133 menit) dengan bujet pembuatan yang sama, film ini berhasil mengalahkan seri pertamanya dengan meraup pendapatan sebesar US$ 98.4 juta.

Dan petualangan Dee Ren Jie terbaru adalah serial ini yang baru tayang di Hong Kong awal bulan Juni 2014.


DO YOU KNOW? 
Selain berperan sebagai Ratu Wu Ze Tian, dalam serial Young Sherlock ini, Ruby Lin juga bertindak sebagai Art Director dan Produser. Dapat dimaklumi kalau Ruby Lin terlibat cukup banyak dalam serial ini, mengingat perusahaan yang memproduksi serial ini adalah perusahaan miliknya : Ruby Lin Studio. Sebagai informasi, Ruby Lin Studio berdiri sejak tahun 2009 dan bergerak di berbagai aspek di dunia hiburan, seperti film dan studio rekaman. Sejak berdiri, perusahaan ini telah mendapatkan perhatian karena film dan serial televisi yang diproduksinya selalu menjadi "hit" dan disukai banyak penonton. Berbagai penghargaan pun pernah diraih studio ini, antara lain TV Series of The Year di ajang Dragon TV Awards (Shanghai, 2010), dan Best Produser Awards (untuk Ruby Lin) di ajang Youku Awards (China, 2011).

Shooting keseluruhan 40 episode serial Young Sherlock dilakukan di Hengdian World Studios, dan memakan waktu 3 bulan.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment