Movie Review - CARPOOLING SHOCK (拼車惊情)

Film produksi Tiongkok yang dirilis tanggal 8 November 2013 sebenarnya terbilang film yang "standar" buat saya. Satu-satunya alasan saya memutuskan untuk me-review film ini adalah karena film ini didedikasikan untuk (almarhum) Alfred Hitchcock, sang maestro film horor era 1960an yang melegenda dan menjadi salah satu sutradara favorit saya.

Film ini mengisahkan tentang sebuah mobil travel yang ditumpangi 5 orang (dan 1 sopir) melakukan perjalanan ke sebuah kota. Dalam perjalanan, mobil tersebut mengambil jalan pintas melewati sebuah jalan kecil. Tidak disangka mobil tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Beruntung tidak jauh dari tempat kejadian terdapat sebuah rumah mewah yang ditinggali oleh Bick (diperani  Bao Xiao Bo), seorang komposer tersohor, bersama istrinya Jiau Jiau.

Dari keenam orang tersebut, ternyata ada 1 orang yang pernah bersitegang dengan Bick, sehingga orang tersebut diusir. Sedangkan 5 orang lainnya diajak Bick beistirahat di rumahnya, karena hari telah larut malam.

Tidak disangka, di rumah itu, satu persatu orang yang tinggal di rumah itu menghilang. Saat tersisa tiga orang lagi, mereka baru menyadari kalau ada yang yang tidak beres dengan rumah tersebut, terutama Bick dan istrinya.

Meski alur cerita film ini tampak menjanjikan dan menarik untuk ditonton, tapi bagi saya, film ini sebenarnya sangat "biasa" dan "standar". Sejak dua puluh empat menit film ini bergulir, sebenarnya ceritanya sudah bisa tertebak. Selain alur cerita yang "dangkal", banyak hal lain yang juga sangat mengganggu sepanjang film. Akting para pemain yang kurang meyakinkan. Beberapa adegan yang tidak konsisten dan membingungkan. Selain itu juga banyak sekali adegan tidak relevan yang diselipkan dalam film ini, sehingga seolah-olah film ini mengandung beberapa cerita bercabang yang tidak jelas.Sederhananya : Film ini maunya dibuat sebagai film artistik yang indah. Namun apa daya, justru menjadi film yang "membingungkan" dan penuh gambar yang memusingkan.

Jika mau "dipaksakan untuk dipuji", satu-satunya pujian yang bisa saya berikan untuk film yang disutradarai Zhang Li ini hanyalah pada komposisi lagu latar film yang sangat indah dan mengharukan. Hanya itu. Tidak lebih.

Mungkin untuk pencari hiburan, film ini cukup mampu memberikan "kesegaran" yang menarik. Pemeran wanitanya - Ni Jing Yang dan Gina Jin - terbilang mampu menyihir dan mengusir rasa kebingungan para penonton lewat paras cantik mereka. Selain itu, beberapa bagian film bergenre thriller ini juga cukup tegang, meski pun terbilang sangat "standar" dan sangat terbaca.

Overall... film ini bukanlah sebuah tontonan yang cukup menarik buat saya. Meski demikian, buat beberapa orang, mungkin film ini bisa menghibur dan cukup menarik untuk ditonton. Pada akhirnya semua balik lagi ke selera masing-masing orang.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment