Recommended Movie - Saint Seiya : Legend of Sanctuary

Saint Seiya adalah serial anime legendaris yang hingga hari ini masih disukai banyak penonton dari berbagai kalangan. Meski usianya telah lebih dari 25 tahun, namun masih tetap memiliki fans setia. Tidak heran jika meski serial televisinya telah berakhir masa tayangnya tahun 1989 silam, kehadirannya masih dinanti. Bahkan film-film layar lebarnya masih tetap ramai ditonton banyak penonton.


Dan tahun ini, Saint Seiya muncul kembali dalam versi layar lebar, berjudul Saint Seiya : Legend of Sanctuary (聖闘士星矢 LEGEND of SANCTUARY ). Film ini bisa jadi sebuah loncatan baru bagi anime Saint Seiya, karena film ini dibuat dalam format CGI, bukan lagi 2D yang biasa dibuat oleh film-film Saint Seiya sebelumnya. Film ini disutradarai oleh Keiici Sato, dengan naskah ditulis oleh Tomohiro Suzuki.

Kisahnya sendiri bisa dikatakan re-boot dari film Saint Seiya sebelumnya, dan tidak ada hubungannya dengan . Film ini mengisahkan tentang Saori Kido (disuarakan oleh Ayaka Sasaki), seorang gadis remaja dengan kemampuan tenaga misterius dalam dirinya. Satu ketika, Kido nyaris dibunuh oleh seorang pembunuh. Beruntung Pegasus Seiya (Kaito Ishikawa) berhasil menyelamatkannya.

Kido kemudian mengetahui bahwa dirinya adalah reinkarnasi dari Dewi Athena yang dulu pernah turun ke bumi. Setelah mengetahui jati dirinya, Kido harus berpacu melawan waktu guna bisa tiba di Sanctuary, istananya di dunia ini. Jika tidak, maka dalam waktu 12 jam, Kido akan tewas. Namun untuk bisa sampai ke Sanctuary, dia harus melewati 12 Zodiak Pengawal Kuil yang akan berusaha mati-matian untuk menghalangi Kido ke istananya.

Seiya, dengan dibantu Bronze Saints- Cygnus Hyoga (Kensho Ono), Dragon Shiryu (Kenji Akabane), Andromeda Shun (Nobuhiko Okamoto), dan Phoenix Ikki (Kenji Nojima) - yang merupakan sahabat Seiya, mereka harus bertarung mati-matian demi menyelamatkan Kido.

Seperti seri-seri Saint Seiya sebelumnya, film ini juga dipenuhi pertarungan berdarah yang kejam dan sadis. Meski merupakan film animasi, namun tidak akan cocok ditonton anak-anak. Bagi penggemar Saint Seiya, film berdurasi 93 menit ini benar-benar memanjakan mata karena dipenuhi gambar-gambar CGI yang indah, sekaligus seram.


ABOUT "SAINT SEIYA"
Saint Seiya - dikenal juga dengan judul Saint Seiya : Knights of The Zodiac atau Knight of The Zodiac - awalnya adalah manga Jepang yang cukup populer di era 80an. Diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump tahun 1986 - 1990 (total 28 volume), manga yang ditulis dan digambar oleh Masami Kurumada ini segera menjadi anime populer yang cukup digemari masyarakat Jepang kala itu. Karena kepopulerannya itu, maka Saint Seiya dibuat dalam versi anime berseri oleh Toei Animation tahun 1986 - 1989.

Manga itu sendiri awalnya mengisahkan tentang anak sebatang kara bernama Seiya yang dipaksa pergi ke Sanctuary yang terletak di Yunani untuk mengambil sebuah jubah perak yang terbentuk dari konstelasi Pegasus. Jubah tersebut digunakan untuk melindungi Dewi Athena dan merupakan jubah perang dari 88 tentara perang Athena yang dikenal dengan sebutan Prajurit (Saints).

Manga tersebut selanjutnya mengisahkan tentang perjuangan Seiya untuk menjadi prajurit pelindung Athena, dengan mengikuti turnamen, bertarung dengan prajurit-prajurit Athena yang lain untuk memperebutkan jubah terbaik, hingga pada akhirnya bertarung melawan para prajurit pemberontak yang menentang Athena (seperti Black Saints, Blue Warriors, Marine Palms, The Underworld Realm, dan The Heavenly Realm) serta para dewa yang bereinkarnasi ke dunia seperti Ares dan The Gigas dan ingin menghancurkan kerajaan Athena.

Manga Saint Seiya terbagi ke dalam tiga bagian : Sanctuary Act (volume 1 - 13), Poseidon Act (14 - 8), dan Hades Act (19 - 28).

Pada tahun 2002, Megumu Okada mendapatkan izin khusus dari Masami Kurumada untuk merilis manga sekuel dari petulangan Saint Seiya, berujudul Saint Seiya Episode G (聖闘士星矢EPISODE.G ). Manga tersebut dipublikasikan pertama kali lewat majalah bulanan Champion Red sejak 19 Desember 2002 - 19 Juni 2013 (total 20 volume). Kisahnya diset 7 tahun setelah even pertarungan di komik Saint Seiya. Tokoh utamanya adalah Prajurit Leo Emas Aiolia. Dikisahkan Aiolia adalah prajurit pelindung Athena yang dijauhi oleh para prajurit Athena karena pernah melakukan kesalahan yang menyebabkan kakaknya meninggal di masa lalu. Aiolia kemudian mendapatkan banyak tugas untuk membuktikan kesetiaannya pada Athena.

Setelah Aiolia berhasil melewati semua tugas tersebu, Sanctuary mendapat ancaman dari Titans dan pengikut setianya, Titanomachy, yang ingin membalaskan dendam pada para dewa Olimpus. Aiolia mendapatkan bantuan dari 5 Ksatria Emas dan melakukan pertarungan habis-habisan dengan kelompok Titan.

Tahun 2006, Masami Kurumada membuat kembali manga sekuel Saint Seiya berjudul Saint Seiya : Next Dimension - The Myth of Hades ( 聖闘士星矢 NEXT DIMENSION 冥王神話). Manga dengan total 9 volume ini menggunakan setting pertempuran di manga pertama Saint Seiya, namun mengambil alur flashback 243 tahun sebelumnya. Di masa itu, dikisahkan ada seorang anak bernama Tenma yang bersahabat dengan Alone. Nantinya Alone akan diperalat dan diperbudak Dewa Hades untuk menghancurkan Sanctuary. Sedangkan Tenma menerima ajakan Athena untuk berlatih di Sanctuary agar dapat menyelamatkan sahabatnya, Alone. Kelak, Tenma akan menjadi reinkarnasi dari Seiya.

Di masa kini, Seiya terkena racun Dewa Hades dan akan mati dalam 3 hari. Guna menyelamatkan Seiya, Athena dan Saint Andromeda Shun pergi ke masa lalu, mencari Chronos yang dipercaya mampu menyelamatkan Seiya. Alih-alih Seiya bisa diselamatkan, Athena malah berubah menjadi bayi dan nyaris dihabisi Hades. Shun kemudian bertemu dengan Tenma. Setelah menyadari siapa Tenma, mereka pun bekerja sama untuk mengalahkan Hades, dan menyelamatkan Athena serta Seiya.

Tahun 2011, sebuah seri manga tentang petualangan Saint Seiya dirilis kembali. Judulnya Saint Seiya : The Lost Canvas (聖闘士星矢 THE LOST CANVAS 冥王神話 ). Ditulis dan digambar oleh Shiori Teshirogi serta diterbitkan oleh Majalah Weekly Shonen Champion, manga ini mengisahkan tentang Tenma dari sudut pandang yang berbeda, di mana dia hidup di abad 18 dan bagaimana perjalanan hidupnya menjadi satu dari 88 Prajurit Athena. Di sini, Tenma dikisahkan bertarung melawan sahabatnya, Alone, yang tidak lain merupakan reinkarnasi dari Dewa Hades.

Tanggal 1 April 2012, Toei Animation merilis serial animasi Saint Seiya terbaru berjudul Saint Seiya Omega (聖闘士星矢Ω ). Dengan total 97 episode, serial yang ceritanya ditulis oleh Masami Kurumada dan disutradarai Morio Hatano ini mengisahkan tentang petualangan Koga yang kelak menjadi salah satu dari 88 Prajurit Athena bernama Pegasus Bronze Saint. Di anime ini, selain mengisahkan perjuangan Koga mencari Jubah Perang serta menjadi Prajurit Athena, juga dikisahkan tentang pertarungan antara Athena dan adiknya, Pallas. Anime ini merupakan sekuel dari manga Saint Seiya : Next Dimension, namun dengan karakter yang sangat berbeda, sehingga sempat membingunkan para penggemar setia Saint Seiya.

Bulan September 2013, manga Saint Seiya - Saintia Sho (聖闘士星矢・セインティア翔 ) dirilis. Ditulis oleh Chimaki Kuori (yang juga menulis cerita Gundam SEED). Meski menggunakan alur cerita yang sama dengan seri-seri Sant Seiya sebelumnya, namun karakternya berbeda. Tokoh utama dalam manga ini adalah Sho, seorang gadis muda yang kelak mendapat tugas untuk melindungi Athena dan Sanctuary, serta menghadapi serangan dari Dewa Perselisihan : Eris. Karena karakternya adalah wanita, mana sebutan "prajurit" buatnya adalah Saintia.


FILM-FILM SAINT SEIYA
Hingga hari ini, Saint Seiya telah dibuat dalam bentuk film layar lebar sebanyak 6 seri. Meski menggunakan konsep cerita yang mirip, masing-masing seri berdiri sendiri dan nyaris tidak berhubungan satu dengan yang lain. Ada pun keenam seri film layar Saint Seiya adalah :

1. SAINT SEIYA : THE MOVIE (a.k.a. EVIL GODDESS ERIS; 1987)
Dirilis tanggal 18 Juli 1987, film ini mengisahkan tentang Seiya yang telah menjadi Ksatria Pelindung Athena. Bersama Hyoga dan Shun, mereka bertiga mengunjungi Rumah Yatim Piatu Star Children Academy. Di sana, mereka berkenalan dengan Eri, pekerja dan penjaga Rumah Yatim tersebut. Satu ketika, Dewa Eris merasuki tubuh Eri, kemudian menculik Athena. Dengan menggunakan Apel Emas, Dewa Eris berniat menyedot energi dalam tubuh Athena, dan membangkitkan 5 Prajurit Hantu (5 Ghost Saints / Ghost Five). Seiya, Hyoga dan Shun kembali ke Sanctuary untuk menyelamatkan Athena dan bertarung melawan kelima hantu tersebut.


2. THE HEATED BATTLE OF THE GODS (1988)
Ditayangkan tanggal 12 Maret 1988, film produksi Toei Animation ini mengisahkan tentang Hyoga yang berada di Siberia dan berhasil menyelamatkan seseorang yang terluka. Orang tersebut menyebutkan kota Asgard. Bersama Saori, Seiya, Shiryu, dan Shun, mereka berlima kemudian berangkat ke Asgard untuk menyidiki misteri kematian orang tersebut. Di kota tersebut, kelima ksatria Athena ini segera menyadari kalau mereka terjebak dalam intrik pertarungan perebutan tahta kerajaan Asgard antara Loki dan Dolbar.

Film ini sukses besar dan sangat populer. Karena kepopulerannya ini, Toei Animation kemudian menambahkan segmen Asgard ini di dalam serial animasi Saint Seiya. Segmen ini hanya muncul di serial anime dan tidak pernah ditampilkan dalam manga Saint Seiya.


3.   LEGEND OF CRIMSON YOUTH (1988)
Di seri ini, dikisahkan tentang kunjungan Phoebus Abel, adik laki-laki Athena yang juga dikenal dengan nama Dewa Corona. Abel memberitahu Athena bahwa dia berniat menghabisi manusia dari muka bumi. Karena Athena menentang niat Abel, maka jiwanya diambil dan disekap di Elysion, tempat di mana jiwa mansia tinggal selamanya. Para Ksatria pelindung Athena, termasuk Saint Seiya, segera bertindak menyelamatkan jiwa Athena dan menhabisi para pengikut Abel.


4.  WARRIOR OF THE FINAL HOLY BATTLE (a.k.a. Saint Seiya : Saishu Seisen no Senshitachi; 1989)
Di film ini, Lucifer yang berusaha menguasai Sanctuary dengan cara melenyapkan pada Ksatria Emas satu-persatu. Athena mengambil jalan damai dengan menemui Lucifer. Namun justru dirinya dijebak dan ditahan oleh Lucifer. Saint Seiya dan para ksatria yang lain turun tangan kembali untuk menyelamatkan Athena sekaligus mengalahkan Lucifer dan para pengikutnya.


5. HEAVEN CHAPTER : OVERTURE (2004)
Film ini melanjutkan cerita dari komik Saint Seiya Bagian Ketiga : Hades Act, di mana dalam film ini dikisahkan Seiya dan para ksatria Athena yang terluka parah dan mengalami koma setelah pertarungan terakhir mereka dengan Hades. Dalam kondisi seperti itu, Dewi Artemis - kakak perempuan Athena - turun ke bumi dan mengambil alih Sanctuary serta menyekap Athena. Meski dalam kondisi terluka parah, para ksatria Athena kembali harus bertarung untuk menyelamatkan Athena.
Film ini sedikit mengecewakan karena terlalu berfokus pada hubungan Seiya dan Athena, serta kurang menampilkan peran ksatria Athena yang lain,. Selain itu,film ini memiliki alur cerita yang bercabang terlalu banyak, sehinga ending film ini cukup membingungkan, bahkan terkesan tidak tuntas.


6. SAINT SEIYA : LEGEND OF SANCTUARY (2014)
Dan film layar lebar teranyar dari Saint Seiya adalah film ini, yang mana detilnya sudah saya ulas dan tulis di atas.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment